Cara Menghitung Kecepatan Rata-Rata Menurut Jarak Dan Waktu Tempuh

Pengertian Kecepatan Rata-Rata
Kecepatan rata-rata ialah jarak perjalanan rata-rata yang ditempuh setiap satuan waktu. Sebuah kendaraan beroda empat yang menumpuh jarak contohnya 100 kilometer niscaya pernah berjalan pelan contohnya ketika melewati jalan rusak, tikungan, jalan sempit, dan lain lain. Mobil itu juga mungkin sempat berhenti beberapa kali alasannya menjumpai lampu merah menyala di persimpangan jalan, mengisi materi bakar, macet, dan lain sebagainya. Kecepatan kendaraan beroda empat tersebut pada waktu tertentu disebut kecepatan sesaat yang ditunjukkan oleh panel speedometer di dashboard mobil.

 Sebuah kendaraan beroda empat yang menumpuh jarak contohnya  Cara Menghitung Kecepatan Rata-Rata Berdasarkan Jarak dan Waktu Tempuh

Satuan Kecepatan dalam Sistem Metrik 
Satuan kecepatan dalam sistem metrik (sistem internasional, SI) yang paling umum ialah meter/detik (m/detik) dan kilometer/jam (km/jam).

Rumus Menghitung Kecepatan Rata-Rata
Untuk menghitung kecepatan rata-rata perjalanan atau pergerakan suatu benda, maka harus diketahui jarak tempuh dan waktu tempuh. Kecepatan rata-rata pergerakan sebuah benda merupakan hasil pembagian besaran jarak dengan besaran waktu tempuh. Rumus menghitung jarak rata-rata menurut jarak tempuh dan waktu tempuh ialah sebagai berikut.

 Sebuah kendaraan beroda empat yang menumpuh jarak contohnya  Cara Menghitung Kecepatan Rata-Rata Berdasarkan Jarak dan Waktu Tempuh

 

Contoh Cara Menghitung Kecepatan Rata-Rata
Contoh 1
Soal: Seorang pelari atletik sanggup menempuh jarak 200 meter dalam waktu 25 detik. Berapa kecepatan rata-rata pelari atletik tersebut? (Petunjuk: kecepatan rata-rata = jarak tempuh/waktu tempuh).
Jawab:
Jarak tempuh = 200 m
Waktu tempuh =25 detik
Kecepatan rata-rata = 200/25 = 8 m/detik.

Contoh 2
Soal: Sebuah kendaraan beroda empat menempuh jarak 110 kilometer dalam waktu 2 jam. Hitunglah kecepatan rata-rata kendaraan beroda empat tersebut. (Petunjuk: kecepatan rata-rata = jarak tempuh/waktu tempuh).
Jawab:
Jarak tempuh = 110 km
Waktu tempuh =2 jam
Kecepatan rata-rata = 110/2 = 55 km/jam.

Contoh 3
Soal: Sebuah kendaraan beroda empat berjalan dari kota A ke kota B yang jaraknya 50 km dalam waktu 1 jam. Mobil itu melanjutkan perjalanan ke kota C yang berjarak 90 km dari kota B dalam waktu 2 jam. Dari kota C kendaraan beroda empat itu melanjutkan perjalanan ke kota D yang jaraknya 40 km dalam waktu 1 jam.Hitung kecepatan rata-rata kendaraan beroda empat tersebut dari kota A ke kota D. (Petunjuk: kecepatan rata-rata = jarak tempuh/waktu tempuh).
Jawab:
Jarak tempuh = 50 + 90 + 40 = 180 km
Waktu tempuh = 1 +  2 + 1 =  4 jam
Kecepatan rata-rata = 180/4 = 45 km/jam.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghitung Kecepatan Rata-Rata Menurut Jarak Dan Waktu Tempuh"

Posting Komentar