Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal Dengan Rumus Broca

Pentingnya Memiliki Berat Badan Ideal
Setiap orang niscaya ingin mempunyai berat tubuh ideal. Memiliki berat tubuh ideal sanggup meningkatkan penampilan seseorang. Memiliki berat tubuh ideal sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan orang yang terlalu kurus atau terlalu gemuk mempunyai resiko mengalami gangguan kesehatan tertentu. Orang yang kurus seringkali merupakan indikasi kurang gizi atau mengalami gangguan metabolisma tertentu. Orang yang gemuk mempunyai resiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.

 Setiap orang niscaya ingin mempunyai berat tubuh ideal Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Rumus Menghitunga Berat Badan Ideal Menurut Broca
Paul Broca yaitu dokter tentara Perancis yang mengusulkan rumus menghitung berat tubuh ideal. Paul Broca menguji kemampuan militer para cowok di masanya dan memilih kriteria berat tubuh normal sebagai batas minimal bagi cowok yang layak dilatih militer. Pada masa itu kelebihan berat tubuh bukan suatu gosip penting. Broca menyimpulkan bahwa pemuda-pemuda yang berat badannya di bawah batas minimal tersebut kesulitan untuk mengikuti latihan militer yang berat. Paul Broca mengusulkan memakai rumus berikut untuk memilih kriteria berat tubuh ideal.

Berat tubuh normal = Tinggi tubuh (cm) – 100

Berat tubuh ideal = Berat tubuh normal – 10% x Berat tubuh normal

Contoh Cara Menghitung Berat Badan Ideal memakai Rumus Broca
Budi mempunyai berat tinggi tubuh 165 cm, maka
Berat tubuh normal = 165 – 100 = 65
Berat tubuh ideal = 65 – 10% x 65 = 65 – 6,5 = 58,5
Kaprikornus berat tubuh ideal untuk Budi berdasarkan rumus Broca yaitu 58,5 kg

Keterbatasan Rumus Broca
Rumus Broca tidak bisa dijadikan sebagai alat untuk diagnosis penyakit atau gangguan kesehatan pada seseorang. Rumus Broca hanya merupakan salah satu cara sederhana dan gampang untuk memperkirakan berat tubuh ideal seseorang berdasarkan tinggi badannya. Ada sejumlah proposal yang memperbaiki rumus Broca untuk mengakomodasi perbedaan konsep berat tubuh ideal dan perubahan antropometri pada masyarakat modern dibandingkan dengan antropometri masyarakat di masa Broca mengusulkan rumus tersebut. Rumus Broca untuk menghitung berat tubuh ideal sudah jarang dipakai. Cara menghitung berat tubuh ideal yang banyak digunakan ketika ini yaitu dengan rumus indeks berat tubuh (body mass index, BMI).


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal Dengan Rumus Broca"

Posting Komentar