Cara Menciptakan Sim C 2019 Tanpa Nembak Dan Biayanya

Cara menciptakan SIM C – Semua pengendara sepeda motor wajib mempunyai SIM C sebagai bukti kelayakan dalam mengendarai sepeda motor. Sayangnya menciptakan SIM tergolong sulit, alasannya harus melewati serangkaian tes teori dan praktik sebelum nantinya dinyatakan lulus oleh pihak ke Polisian. Bagi yang sudah mahir dalam mengendarai sepeda motor niscaya tak akan mengalami kesulitan berarti, namun bagaimana jikalau masih amatir ?


Kebanyakan orang yang masih amatir dan belum terlalu mahir mengendarai sepeda motor mengambil jalan pintas dengan cara menggunakan jasa calo sim atau lebih populer dengan istilah “nembak”. Langkah ini dilakukan biar lebih cepat dan praktis mendapat SIM C tanpa harus melalui tes. Biaya pembuatan SIM C melalui calo jauh lebih mahal, alasannya dapat dua, tiga, atau empat kali lipat dari biaya yang ditentukan.




Kami sendiri tak menyarankan cara menciptakan SIM C melalui calo atau nembak, alasannya hanya mengutungkan pihak calo dan Polisi yang memanfaatkan kesempatan tersebut. Lagi pula cara ini melanggar Pemerintah RI No 2 Tahun 2003 pasal 6 karakter q dan w wacana Peraturan Disiplin Anggota Polisi Republik Indonesia yang menjelaskan bahwa anggota kepolisian tidak boleh menyalahkan wewenang dan tidak boleh melaksanakan pemugutan secara tidak sah.


Untungnya ketika ini sudah banyak Polres atau Polresta yang menindak tegas calo SIM, sehingga menyulitkan cara menciptakan SIM C dengan nembak. Lebih baik masbro mengikuti setiap langkah dan proses dalam mebuat SIM C biar nantinya dapat mendapat SIM C secara sah dan halal. Yah, menciptakan SIM C dengan nembak sama saja dengan melalukan tindak kejahatan korupsi yang notabennya dihentikan semua agama alias dosa.


Prosedur Membuat SIM C Tanpa Nembak Semua pengendara sepeda motor wajib mempunyai SIM C sebagai bukti kelayakan dalam mengenda Cara Membuat Sim C 2019 Tanpa Nembak dan Biayanya


Syarat Membuat Sim C


Nah bagi masbro yang berencana membaut sim C, silahkan terlebih dahulu memenuhi syarat-syarat yang kami sampaikan di bawah ini.



  1. Usia minimum 17 tahun dan sudah mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP)

  2. Sehat jasmani dan rohani biar nantinya dapat mendapat surat keterangan sehat.

  3. Saat tiba ke Polres harus berpenampilan rapi, dan bersepatu (tidak diperkenankan menggunakan sandal).

  4. Mengisi formulir permohonan tertulis

  5. Bisa baca tulis

  6. Membayar syarat Adminstratif

  7. Memiliki pengatuhuan mengenai peraturan kemudian lintas dan dasar mengendarai sepeda motor

  8. Menyiapkan diri untuk tes ujian praktek dan teori sesuai mekanisme yang nantinya ditentukan ketika menciptakan SIM


Syarat menciptakan SIM C di atas dapat menjadi citra mengenai bagaimana cara menciptakan SIM C dengan baik dan benar. Namun dalam membuatnya masih ada beberapa langkah yang harus masbro ikuti sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan pihak kepolisian.


Bagaimana Cara Membuat SIM C ?


 Semua pengendara sepeda motor wajib mempunyai SIM C sebagai bukti kelayakan dalam mengenda Cara Membuat Sim C 2019 Tanpa Nembak dan BiayanyaSemakin berkurangnya praktik pencaloan SIM menimbulkan masyarakat harus mengikuti mekanisme pembuatan SIM yang benar sesuai dengan peraturan yang ditentukan. Nah bagi masbro yang sudah memantapkan hati untuk menciptakan SIM C secara legal, maka silahkan mengikuti langkah-langkah cara menciptakan SIM C yang kami rangkum dibawah ini.



  1. Cara Membuat Sim C yang pertama yakni tiba ke Polres atau Kapolresta terdekat.

  2. Pastikan berpenampilan rapi dengan menggunakan kaos berkerah atau kemeja.

  3. Jangan lupa menggunakan sepatu biar tidak disuruh pulang

  4. Sebelum itu masbro harus menyiapkan Pas Foto 3×4, dan Foto Copy KTP 2 Lembar.

  5. Setelah hingga di Polres atau Kopolresta, masbro tinggal menciptakan Surat Kesehatan di daerah yang sudah ditentukan masing-masing Polres.

  6. Biaya pembuatan surat kesehatan bervariasi. Biasanya dipungut biaya 30 Ribu hingga 60 Ribu Rupiah, dan nantinya kita akan mendapat kartu asuransi dari Polres.

  7. Selanjutnya masbro membeli map di koperasi Polres sesuai dengan sim yang mau diurus. Biasanya map untuk SIM C berwarna biru. Jangan lupa menuliskan nama sesuai KTP, kemudian kumpulkan semua berkas tersebut di meja pendaftaran.

  8. Setelah semua berkas dikumpulkan, kemudian petugas akan mengecek semua berkas tersebut. Jika memenuhi syarat, maka akan diberikan formulir permohonan pembuatan SIM.

  9. Selanjutnya kita harus membayar uang Adminstrasi di loket pembayaran

  10. Setelah membayar biaya Adminstrasi, selanjutnya masbro tinggal mengisi formulir permohonan dengan lengkap dan benar sesuai dengan identitas yang tertera di KTP. Lalu serahkan formulir tersebut ke petugas di loket yang telah disediakan dan tunggu hingga nama kita dipanggil

  11. Setelah dipanggil maka selanjutnya kita masuk ke ruang tunggu sebelum masuk ke ruang tes teori. Biasanya sudah disediakan buku untuk berguru selama kurang lebih lima menit.

  12. Setelah mendapat giliran tes teori, masbro tinggal masuk ke ruang teori dan mengikuti intruksi yang diberikan. Jangan lupa jawablah semua pertanyaan dengan benar biar nantinya dapat mengikuti langkah menciptakan SIM C selanjutnya.

  13. Apabila ujian teori tidak lulus, maka masbro akan diberi kesempatan untuk mengulang ujian teori setelah batas waktu tenggang 7 hari, 14 hari, dan 30 hari.

  14. Nah apabila tes teori dinyatakan lulus, maka petugas akan memperlihatkan surat kecil dan disuruh untuk pribadi menjalani tes praktik.

  15. Banyak orang yang gagal dalam tes praktik. Apabila masbro mengalami hal serupa tak perlu khawatir, alasannya kita akan diberi kesempatan untuk kembali mengikuti tes praktik seminggu sesudahnya.

  16. Saat kembali mengikuti tes praktik atau tes teori kita tidak perlu lagi membayar uang pendaftaran. Bahkan uang dibayarkan dapat ditarik kembali dengan cara tiba ke Kantor BRI dengan melampirkan tanda bukti tidak lulus dan tanda bukti setoran PNBP SIM.

  17. Yah, cara menciptakan sim C yang paling sulit yakni tes praktik. Padahal hanya ada tiga tes saja, yaitu tes berkendara lurus, zigzag, dan angka delapan. Agar dapat lolos kami sarankan untuk terlebih dahulu berlatih di sekolah mengemudi atau berlajar secara belajar sendiri dengan membaca buku-buku mengenai hukum kemudian lintas.

  18. Jika semua tes sudah dijalani dan dinyatakan lulus, maka selanjutnya kita akan diminta untuk menunggu panggilan ke loket. Setelah dipanggil, maka kita akan disuruh mengisi tanda tangan, sidik jari, dan foto yang semuanya dilakukan secara elektronik atau digital.

  19. Cara menciptakan SIM C yang terakhir yakni tinggi menunggu hingga SIM jadi kemudian mengambilnya di loket pengampilan SIM.

  20. Sering kali blangko SIM habis, maka sebagai gantinya akan diberi surat keterangan sebagai SIM sementara.


SIM sementara bersifat resmi, jadi masbro tidak akan kena tilang ketika terjadi razia. Nah apabila blangko sudah siap, maka sim sementara tersebut dapat pribadi ditukarkan dengan SIM C asli. Owh yah, masa berlaku SIM C yakni 5 tahun dan sesuai dengan tanggal lahir. Apabila masa berlaku sim sudah habis, maka masbro wajib melaksanakan perpanjangan. Untuk mengetahui apa saja syaratnya silahkan simak informasi berikut “Syarat Perpanjangan SIM C


Berapa Biaya Pembuatan SIM C ?


 Semua pengendara sepeda motor wajib mempunyai SIM C sebagai bukti kelayakan dalam mengenda Cara Membuat Sim C 2019 Tanpa Nembak dan BiayanyaYah, cara menciptakan SIM C memang gampang-gampang susah. Oleh alasannya itulah sebagian orang rela mengeluarkan banyak uang untuk membayar calo SIM biar dapat mendapat SIM C tanpa perlu mengikuti tes teori dan tes praktik. Padahal biaya pembuatan SIM C sangat murah sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2010 wacana PNBP pada Polisi Republik Indonesia yang memutuskan biaya pembuatan SIM C gres hanya 100 Ribu Rupiah. Lalu bagaimana dengan biaya pembuatan SIM lainnya ? Silahkan simak dibawah ini.



  • SIM A: Rp. 120.000

  • SIM B1: Rp. 120.000

  • SIM B2: Rp. 120.000

  • SIM C: Rp. 100.000

  • SIM C1: Rp. 100.000

  • SIM C2: Rp. 100.000

  • SIM D: Rp. 50.000

  • SIM D1: Rp. 50.000

  • SIM Internasional: Rp. 250.000


Biaya di atas belum termasuk biaya tambahan, menyerupai Asuransi sebesar 30 Ribu Rupiah yang sifatnya tidak wajib serta biaya pembuatan surat kesehatan sekitar 30 Ribu hingga 60 Ribuah. Jadi apabila kita total maka biaya pembuatan SIM C kurang dari 200 Ribu Rupiah. Sekarang kita bandingkan dengan biaya menciptakan SIM melalui calo atau nembak yang biasanya mematok harga 400 Ribu hingga 700 Ribu. Hayoo, pilih mana diantara cara menciptakan SIM C secara legal atau nembak ?












Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
 Semua pengendara sepeda motor wajib mempunyai SIM C sebagai bukti kelayakan dalam mengenda Cara Membuat Sim C 2019 Tanpa Nembak dan BiayanyaHelm Full Face Murah Semua pengendara sepeda motor wajib mempunyai SIM C sebagai bukti kelayakan dalam mengenda Cara Membuat Sim C 2019 Tanpa Nembak dan BiayanyaHarga Helm Cross

Semua pengendara sepeda motor wajib mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM). Untungnya ketika ini cara menciptakan SIM C bekerjsama semakin gampang, alasannya sudah ada sistem online yang akan memudahkan kita menciptakan SIM. Kami akan membahas cara menciptakan SIM C Online pada artikel selanjutnya, jadi terus kunjungi otomotifo.com untuk mendapat berita otomotif terbaru serta tips-tips seputar motor dan kendaraan beroda empat di Indonesia.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Sim C 2019 Tanpa Nembak Dan Biayanya"

Posting Komentar