Cara Menanam Bunga Vinca Dari Batang Beserta Perawatannya

Bunga Vinca, atau yang disebut juga dengan nama bunga Tapak Dara merupakan tumbuhan yang berasal dari genus Cartharanthus.


Tanaman yang berjulukan latin Madagascar Periwzinkle ini sanggup tumbuh dan hidup dengan baik di area dengan cuaca panas, bahkan juga di dataran kering yang berpasir. Tanaman ini mempunyai ukuran mulai dari 8 hingga 18 inci. Cara penanaman bunga vinca gantung dan perawatannya tidak terlalu sulit.


Tanaman bunga vinca yang biasanya dijadikan tumbuhan gantung ini memang perlu sinar matahari untuk sanggup tumbuh dengan baik sehingga lebih tahan terhadap panas. Untuk menanamnya, ikuti cara stek tumbuhan gantung.


Bunganya akan mekar pada awal animo panas hingga dengan awal masa animo dingin. Bunga vinca merupakan bunga tunggal yang mempunyai lima buah kelopak. Tanaman ini sanggup dibudidaya memakai biji ataupun batang indukannya.


Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara menanam bunga vinca dari batang. Metode ini disebut juga dengan metode stek batang:


Cara Menanam Bunga Vinca dari Batang


Berikut ialah cara menanam bunga vinca dari batang atau dengan metode stek batang yang gampang dan sanggup Anda ikuti. Tentu caranya akan beda dengan cara stek pengecap mertua:



  • Pilih tumbuhan yang akan distek atau diambil batangnya. Memang tidak semua tumbuhan sanggup diperbanyak dengan metode stek. Tanaman bunga vinca merupakan salah satu tumbuhan yang sanggup dibiakkan memakai metode stek batang. Sehingga Anda harus menentukan tumbuhan bunga vinca yang berumur cukup bau tanah dan sehat untuk diperbanyak.

  • Gunakan gunting untuk memotong tunas tanaman. Pilih tunas tumbuhan bunga vinca yang relatif baru, namun cukup sampaumur dari induk tanaman. Secara umum, panjang pecahan batang yang dipakai untuk stek yaitu sekitar 8 hingga 10 cm. Saat memotong, potong batang dengan kemiringan sekitar 30 derajat biar diperoleh ujung batang tumbuhan bunga vinca yang lancip

  • Bersihkan daun dari bab bawah dan bab ujung batang yang akan distek. Apabila ada kuncup bunga juga sebaiknya dibuang saja. Hal ini bertujuan biar nutrisi yang diharapkan tumbuhan untuk menumbuhkan akar gres tidak diambil terlalu banyak oleh daun dan kuncup bunga tersebut

  • Letakkan batang stek tumbuhan bunga vinca di dalam larutan air yang sudah dicampur dengan pupuk. Rendam batang ini selama 3 hingga 4 jam lamanya. Jika ada, Anda sanggup gunakan lampu fluoresen dan meletakkan batang tersebut di bawahnya 

  • Langkah berikutnya yaitu membentuk akar pada batang stek. Media yang dipakai sanggup berupa pasir, tanah, atau bahkan air. Pastikan air atau tanah yang dipakai berkualitas baik dan mempunyai kandungan nutrisi yang cukup.

    Jika ditanam di tanah, ujung stek ditanam hingga kedalaman 3 hingga 5 cm dan lindungi dari sinar matahari langsung. Jika ditanam di air, campurkan sejumlah pupuk cair ke dalam air yang digunakan. Hindarkan dari sinar matahari pribadi alasannya sanggup merusak akar tanaman.





     

  • Setelah ditanam, pastikan stek dalam keadaan basah namun tidak tergenang air. Anda juga sanggup membungkus stek bunga vinca memakai kantong plastik dengan lubang sirkulasi udara.

  • Jika akar tumbuhan bunga vinca sudah tumbuh, steknya sanggup dipindahkan ke lokasi penanaman akhir.


Tips Menanam Bunga Vinca dari Batang


Berikut ialah beberapa tips dalam menanam bunga vinca dari batang. Cara ini akan sedikit berbeda dengan cara stek bunga gelombang cinta:



  • Oleskan sedikit madu pada permukaan batang yang dipotong biar merangsang hormon pertumbuhan

  • Hindarkan stek batang dari sinar matahari pribadi dan kekeringan serta angin yang berlebihan

  • Gunakan media tanam yang kaya nutrisi

  • Setiap tumbuhan mempunyai kecepatan tumbuh yang berbeda sehingga sebaiknya Anda menunggu sedikit lebih lama. Simak juga cara stek tumbuhan buah paling mudah



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Bunga Vinca Dari Batang Beserta Perawatannya"

Posting Komentar