Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Dengan Benar

Cara Menambal Ban Tubles – Ada dua jenis ban yang beredar di pasaran, yaitu Tubeless dan Tubetype yang membutuhkan ban dalam. Hampir semua motor jaman kini sudah menggunakan ban Tubeless, terutama sepeda motor yang menggunakan velg racing. Namun apabila velg-nya masih jari-jari maka ban yang dipakai yakni ban Tubetype. Pasalnya ban tubeless tidak dapat dipakai pada velg jari-jari.




Sebenarnya kita dapat menggunakan ban tubeless pada velg jari-jari, namun ada trik khusus biar angin tidak bocor. Dari pada repot, lebih baik masbro mengganti velg bawaan motor menjadi velg racing yang nantinya dapat dipasangkan ban tubles. Beda jerita kalau motor yang masbro miliki yakni motor trail. Pasalnya motor trail harus tetap menggunakan velg jari-jari biar lebih optimal ketika melewati medan offroad.


Ban motor tubeless maupun tubetype mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kami sendiri lebih menentukan ban tubeless, sebab tidak pribadi bocor ketika terkena paku ataupun benda tajam lainnya. Angin akan keluar bertahap hingga nantinya habis, sehingga motor tetap kondusif dikendarai dan menunjukkan kita waktu untuk tiba ke tukang tambal ban terdekat. Lalu bagaimana kalau tidak ada tukang tambal ?


Jika masbro mengalami kondisi dimana ban bocor, namun posisinya jauh dari tukang tambal ban. Maka kami sarankan untuk menambalnya sendiri. Namun untuk menambal ban tubles diperlukan alat khusus yang sering disebut sebagai “Tubeless Repair Kit”. Alat tersebut dapat kita beli di toko spare-part motor ataupun membelinya secara online. Lalu berapakah harga alat tambal ban tubles tersebut ?


Harga Alat Tambal Ban Tubles


 Ada dua jenis ban yang beredar di pasaran Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Dengan Benar


Dipasaran, harga alat tambah ban tubles di atas dibanderol sekitar 15 Ribuan hingga 30 Ribuan. Harganya sangat murah, namun keuntungannya sangat besar. Kita dapat menggunakannya untuk menambal ban tubles yang bocor ketika berada dalam kondisi darurat ataupun ketika berada dirumah. Cara menambal ban tubles dengan alat tersebut juga sangat mudah. Kita dapat melakukannya sendiri tanpa perlu tiba ke bengkel terdekat.


Pada paket penjualannya telah disediakan lem, alat jarum tubles, kikir/bor tubles, lebar, dan 3 buah karet tubles yang nantinya dipakai untuk menutupi lubang yang bocor. Ada baiknya masbro membeli alat di atas untuk berjaga-jaga kalau nantinya mengalami kebocoran di ketika yang tidak dinginkan. Masbro juga dapat membawanya ketika touring ataupun ketika berpergian ke daerah yang jauh dari keramaian.


Cara Menambal Ban Tubles


 Ada dua jenis ban yang beredar di pasaran Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Dengan BenarSelain alat di atas, masbro juga membutuhkan pompa angin biar nantinya dapat mengisi angin ban sesudah simpulan ditambal. Saat ini sudah banyak alat pompa angin portable dengan ukuran mini yang dapat dibawa kemana saja. Harganya juga murah, tak hingga 50 Ribu Rupiah. Nah sesudah semua alat sudah siap, kemudian bagaimanakah cara menambal ban tubles motor yang bocor secara instan dan mudah ?



  1. Cara menambal ban tubles yang pertama yakni harus mencari potongan ban yang tertancap paku ataupun benda tajam lainnya.

  2. Jika lokasi kebocoran tidak ditemukan, kami sarankan untuk terlebih dahulu membersihkan ban dengan air. Setelah higienis biasanya akan terlihat adanya benda tajam yang menacap. Selain itu, masbro dapat melumuri seluruh permukan ban dengan air, kemudian lihat apakah ada gelembung sebagai tanda lokasi kebocoran. Cara ini juga dapat dipakai untuk melihat kebocoran pada ban dalam.

  3. Langkah selanjutnya tinggal mencabut paku yang menempel menggunakan tang. Pastikan tidak ada paku atau benda tajam lainnya yang masih menempel pada ban.

  4. Cara menambal ban tubles selanjutnya yakni tinggal melubangi titik kebocoran dengan alat kikir/bor tubeless yang ujungnya berbentuk menyerupai mur. Kemudian masukan alat tersebut sekuat tenaga dan gerakan maju mundur biar lubang semakin longgar, sehingga kita dapat memasukan karet penambal dengan mudah.

  5. Setelah titik kebocaran longgar, kemudian siapkan karet penambal yang berbentuk memanjang, kemudian potong secukupnya.

  6. Kemudian masukan karet tersebut kedalam lubang yang sudah diperbesar menggunakan pengait yang telah dilumuri lem.

  7. Saat memasukan karet harus hati-hati. Jangan hingga karet masuk ke dalam ban. Kami sarankan untuk memasukan karet penambal sekitar setengah inci.

  8. Selanjutnya kita tinggal mencabut alat pengait secara pelan-pelan dan tunggu hingga karet mengering selama minimal 10 menit

  9. Agar hasil tambalan rapih dan tidak menganggu laju kendaraan, masbro dapat menggunting sisa karet yang menonjol hingga rata.

  10. Setelah itu, tinggal melaksanakan pengisian angin menggunakan pompa atau kompresor

  11. Pastikan tidak ada angin yang keluar dari bekas tambalan ban yang kita tambal. Jika masih ada berarti cara menambal ban tubles yang masbro lakukan salah. Mungkin hal tersebut dikarenakan lem belum terlalu mengering sehingga tetap terjadi kebocoran.

  12. Silahkan ulangi cara menambal ban tubles di atas kalau masih terjadi kebocoran hingga nantinya ban dapat dipakai untuk berkendara.


Nah itulah cara menambal ban tubles yang dapat masbro lakukan sendiri tanpa perlu pergi ke bengkel. Namun ada baiknya masbro kembali melaksanakan pengecekan kondisi ban di bengkel terdekat untuk memastikan hasil tambalan kuat dan tidak merusak ban tubeless yang kita tambal. Apabila terpaksa harus membeli ban baru, maka kami sarankan untuk pribadi menggantinya biar dapat berkendara secara kondusif dan nyaman.


Cara Merawat Ban Tubeless


 Ada dua jenis ban yang beredar di pasaran Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Dengan BenarKesialan dapat tiba dimana saja, jadi kami sarankan untuk selalu membawa peralatan tambal ban tubeless serta pompa angin ketika touring ataupun berpergian jauh menggunakan sepeda motor. Selain itu, masbro harus melaksanakan perawatan secara rutin biar ban tubeless tetap infinit dan tahan lama. Ada beberapa tips yang dapat masbro ikuti, dan diantaranya sebagai berikut.



  • Salah satu penyebab ban bocor yakni sudah aus, sehingga paku gampang menancap. Oleh sebab itulah kami sarankan untuk selalu mengecek kondisi ban secara berkala, mulai dari permukaan ban hingga telapak ban. Jika dirasa sudah waktunya ganti ban, maka jangan tunggu lama-lama.

  • Pastikan tekanan angin ban ideal, sesuai bobot kendaraan dan muatan. Jika membawa beban berat, masbro dapat menambahkan angin sesuai kebutuhan. Namun untuk kebutuhan sehari-hari, paling tidak ban depan mempunyai tekanan 32 psi dan ban belakang sekitar 38 hingga 40 psi.

  • Agar ban tetap awet, usahakan jangan terlalu sering mengangkat beban yang berat.

  • Selalu bersihkan ban motor dari kotoran biar tidak ada debu atau kotoran lainnya yang menempel pada ban.

  • Salah satu kekurangan ban tubeless yakni dapat menciptakan velg cepat rusak kalau melewati permukaan yang tidak rata atau jalan berlubang. Oleh sebab itulah kami sarankan untuk jauhi jalan yang berlubang.

  • Apabila bon tubeless mengalami kebocoran, kami sarankan untuk tidak pribadi mencabut paku yang tertancap biar ban tidak pribadi bocor, sehingga kita dapat tiba ke bengkel terdekat. Masbro juga dapat mengikuti cara menambal ban tubles diatas apabila ingin menambal sendiri tanpa perlu tiba ke bengkel.

  • Kami sarankan untuk menggunakan angin Nitrogen, sebab terbukti menciptakan kendaraan lebih stabil dan menimbulkan ban tidak gampang bocor.


Sama halnya dengan komponen motor lainnya, ban mempunyai usia pakai. Apabila dipakai dalam waktu lama, tentu ban akan semakin aus sehingga kita harus menggantinya dengan yang baru. Jangan biarnya ban gundul, sebab dapat mengakibatkan ban pecah dan gampang bocor.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
 Ada dua jenis ban yang beredar di pasaran Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Dengan BenarCara Setting Karbu Motor Ada dua jenis ban yang beredar di pasaran Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Dengan BenarCara Membuat Sim Online
 Ada dua jenis ban yang beredar di pasaran Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Dengan BenarCara Memperbaiki Aki Kering Ada dua jenis ban yang beredar di pasaran Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Dengan BenarCara Jumper Aki

Ban sangat besar lengan berkuasa terhadap kenyamanan dan keamanan kendaraan bermotor. Oleh sebab itulah masbro jangan asal memilihnya. Pastikan ban yang dibeli mempunyai kualitas yang baik, sehingga nyaman dipakai diberbagai kondisi dan tahan lama. Nah bagi masbro yang gundah mempunyai ban motor tubeless terbaik, silahkan simak gosip “Datar Harga Ban Motor Tubeless” yang kami sampaikan pada artikel otomotifo.com sebelumnya.


Nah demikianlah gosip mengenai cara menambal ban tubles sendiri. Cara menambal ban tubles yang kami sampaikan di atas sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Masbro juga dapat mengikuti tips otomotif dalam merawat ban tubeless yang kami berikan biar nantinya ban tetap infinit untuk pemakaian dalam waktu lama. Sekian gosip kali ini, semoga bemanfaat dan dapat menjadi referensi.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menambal Ban Tubles Sendiri Dengan Benar"

Posting Komentar