Cara Menambah Ram Android Biar Kinerja Lebih Cepat

RAM ialah komponen hardware penting pada ponsel cerdas dalam acara multitasking. Kamu sanggup menambah RAM Android jikalau ponsel kau terasa lambat. Ponsel Android yang ideal untuk melaksanakan kiprah berat dan multitasking setidaknya mempunyai RAM sekitar 4GB. Smartphone yang hanya mempunyai RAM 1GB sangat lambat dari segi kinerja. Sedangkan ponsel yang dilengkapi dengan RAM 6B tampaknya hanya mengalami peningkatan kinerja yang sedikit dibandingkan ponsel Android dengan RAM 4GB.


Saat ini, belum ada cara menambahkan RAM hp Android menyerupai menambahkan RAM ke perangkat PC atau laptop. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar produk smartphone Android memakai sistem pada chip. Artinya, CPU, GPU dan RAM nya terletak satu paket pada satu chip. Dengan demikina sangat mustahil untuk menambah RAM Android secara fisik atau meng-upgrade chip ponsel Android.


Nah, walaupun kondisinya menyerupai itu untuk ketika ini, kita masih sanggup menambah kapasitas RAM pada Android. Salah satunya ialah dengan memakai kartu SD yang dibantu oleh aplikasi pihak ketiga. Cara menambah RAM Android dengan memakai kartu SD ialah dengan menciptakan ruang file swap. Cara ini bekerjsama tidak sama dengan meningkatkan RAM secara fisik. Melainkan, paling tidak sanggup memakai sejumlah ruang partisi untuk dipakai sebagai memori virtual.


Hal yang penting diketahui dalam menambah RAM Android memakai kartu SD ialah bahwa peningkatan kinerja yang akan didapatkkan tergantung jenis kartu SD yang digunakan. Karena setiap jenis kartu SD mempunyai kecepatan transfer tertentu. Untuk mendapat peningkatan kinerja ponsel sehabis menambah ram Android, paling tidak Kartu SD kau harus kelas 10. Akan tetapi, karenanya akan jauh lebih baik jikalau memakai kartu SD jenis UHS-II atau UHS-III. Kartu SD paling cepat kini ialah Sony SF-G UHS-II U3, Toshiba Exceria Pro UHS-II U3, SanDisk Extreme PRO UHS-II U3 dan Lexar Professional 2000x UHS-II U3.


Cara Menambah RAM HP Android Menggunakan Kartu SD


Beberapa cara yang akan diuraikan pada artikel ini memerlukan root Android. Oleh alasannya itu, terlebih dahulu carilah panduan cara root Android jikalau perangkat kau belum pernah di root. Untuk meningkatkan kinerja ponsel Android, sangat tidak disarankan memakai aplikasi task killer atau RAM booster. Karena banyak aplikasi-aplikasi tersebut yang cuma efek plasebo atau hanya ingin memanfaatkan unit kau sebagai sasaran iklan. Sementara kinerja yang ditingkatkan kecil sekali sedangkat aplikasi tersebut menguras sumber daya ponsel kau untuk kepentingannya. Hal tersebut benar-benar menciptakan beban Android kau malah lebih berat. Cache RAM sangat membantu sekali dalam kinerja Android. Oleh alasannya itu disarankan memakai alat menyerupai Trimmer (Fstrim) yang sanggup mengembalikan kinerja ke chip NAND. Prinsip menyerupai ini kurang lebih sama dengan fungsi TRIM pada SSD komputer. Yang mana SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD.


Cara Pertama: ROEHSOFT RAM Expander (Diperlukan Root)



  1. Harga ROEHSOFT Ram Expander ialah sekitar $5. Aplikasi ini ialah alat yang paling anggun untuk menambah RAM Android. Alat ini dilebgkapi dengan banyak sekali fitur yang kita butuhkan dan dengan GUI yang sangat cocok dengan Android. Satu-satunya kekurangan aplikasi ini adalahRAM Manager nya harus kompatibel dengan perangkat Android kamu.

  2. Untuk menyelidiki apakah perangkat kau kompatibel dengan RAM Manager alat ini, kau sanggup memakai aplikasi pengujian Memoryinfo and Swapfile. Kedua aplikasi tersebut akan memberi tahu apakah perangkat Android kau mendukung partisi file swap dari kartu SD.RAM ialah komponen hardware penting pada ponsel cerdas dalam acara multitasking Cara Menambah Ram Android semoga Kinerja Lebih Cepat

  3. Jadi, cukup menginstal aplikasi pengujian yang berjulukan Memoryinfo and Swapfile. Setelah aplikasi tersebut berjalan, tekan tombol “Start RAMEXPANDER Test Here”. Kemudian, gunakan ponsel kau sekitar 5 atau 10 menit semoga aplikasi tersebut busa menganalisa bagaimana kinerja Android kau yang terkait dengan memori RAM.

  4. Setelah penggunaan normal sekitar 5 menit, aplikasi pengujian Memoryinfo and Swapfile akan menampilkan hasil kinerja memori ponsel kamu. Jika semua prosesnya berjalan lancar, informasinya tidak akan menampilkan error apa pun. Tapi jikalau menampilkan info error pada hasil pengujian memori, kau harus mencoba cara menambah RAM Android yang lain yang akan diuraikan pada artikel ini.

  5. Katakanlah hasil tes tadi baik-baik saja. Nah, kau kini sanggup mengunduh aplikasi ROEHSOFT Ram Expander yang disebutkan tadi. Pada ketika aplikasi ini dijalankan akan meminta terusan root.RAM ialah komponen hardware penting pada ponsel cerdas dalam acara multitasking Cara Menambah Ram Android semoga Kinerja Lebih Cepat

  6. Pada layar akan ada ditampilkan banyak sekali gosip mengenai RAM dan kartu SD hp Android kau dan beberapa ceklist pada bab atas layar.

  7. Kemudian pertimbangkanlah opsi Autorun, alasannya opsi memungkinkan aplikasi berjalan secara otomatis pada ketika ponsel Android kau sedang boot (baru dihidupkan).

  8. Selanjutnya, tekan tombol “Optimal Value” pada sudut kiri bawah. Maka alat ini akan mengatur file paging ke kapasitas optimalnya secara otomatis. Jika kau mau, kau juga sanggup meningkatkan slider secara manual untuk penyimpanan kartu SD yang ingin kau alokasikan sebagai memori swap tambahan.

  9. Selanjutnya, tekan tombol “Swap active”. Opsi tersebut akan memulai proses peningkatan memori swap pada hp Android kamu. Kamu tidak akan melihat peningkatan jumlah kapasitas RAM di Settings ponsel kau alasannya bekerjsama cara ini tidak menambahkan RAM secara fisik ke ponsel. Tapi, perangkat Android kau akan terasa lebih cepat dan lebih lancar.

  10. Kamu sanggup menguji apakah aplikasi ini berfungsi meningkatkan kinerja dengan memainkan game yang biasanya lelet pada ponsel kamu. Cara ini juga sangat berkhasiat jikalau kau sering main PUBG Mobile yang terbilang game berat. Baca juga; cara memainkan PUBG Mobile di PC. Tidak ada cara lain untuk menyelidiki apakah aplikasi ini berfungsi sesuai dengan yang kita harapkan. Tapi jikalau penggunakan kau kinerjanya terasa lebih baik dari sebelumnya, berarti aplikasi ini berfungsi atau cocok buat jenis hape Android kamu.


Cara kedua: Manambah RAM Android Menggunakan RAM Manager Pro (Butuh Root)


RAM Manager Pro ialah aplikasi yang menyerupai dengan ROEHSOFT Ram Expander. Tapi harganya lebih murah dan ada versi “basic” dengan fitur RAM unlocked. Jadi, kau mungkin butuh yang versi pro semoga hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkan.


Aplikasi penambah RAM ini dikembangkan berkat meningkatkan secara optimal RAM yang sukses pada forum-forum XDA. Aplikasi ini memberi kau banyak sekali profil RAM yang sanggup kau gunakan dan kau sanggup dengan gampang beralih dari profil RAM yang satu ke yang lain.



  1. Langkah pertama ialah mengunduh dan menginstal aplikasi RAM Manager Pro pada ponsel Android kamu. Kemudian menjalankan aplikasi tersebut dan tekan tombol “VM Heap Size”.RAM ialah komponen hardware penting pada ponsel cerdas dalam acara multitasking Cara Menambah Ram Android semoga Kinerja Lebih Cepat

  2. VM Heap Size ialah memori maksimum yang sanggup dipakai oleh satu aplikasi pada Android kamu. Jadi, jikalau ada aplikasi tertentu terlalu memakan jumlah RAM, misalnya Facebook, kau sanggup membatasi penggunaan RAM-nya.

  3. Terlebih dari itu, yang benar-benar kita perlukan untuk menambah RAM hp Android ialah fitur Swap File. Cara ini akan memungkinkan penggunaan kartu SD sebagai partisi file swap. Sehingga kau sanggup memakai banyak memori untuk melaksanakan acara multitasking atau bermain game berat.

  4. RAM Manager Pro juga dilengkapi dengan banyak sekali profil menyerupai yang disebutkan sebelumnya. Kamu sanggup memakai profil “Hard Gaming” jikalau kau inngin memainkan game yang membutuhkan RAM maksimal, atau profil “Hard Multitasking” jikalau Android kau terdapat aplikasi Facebook, Youtube, Twitter, Whatsapp dan apps berat lainnya yang secara bersamaan ingin kau buka sekaligus. Kamu juga sanggup menyeting profil khusus semoga file swap dan penggunaan RAM sesuai dengan selera kamu.


Cara Ketiga: Cara Manual Menggunakan SD Card Partitioning Untuk Menambah RAM (Butuh Root)



  1. Pada cara menambah RAM Android yang satu ini, kau membutuhkan pembaca kartu SD eksternal, dan alat menyerupai Mini Tool Partition Wizard.

  2. Hubungkan pembaca kartu SD eksternal kau ke PC atau laptop dan masukkan kartu SD kau te alat tersebut.

  3. Luncurkan Mini Tool Partition Wizard (atau alat partisi lain yang sama) dan format kartu SD kamu.

  4. Kemudian, buatlah partisi pada kartu SD tersebut dengan menimbulkan partisi tersebut menjadi partisi Primer FAT32, tetapi sisakan ruang kosong sekitar 1GB.RAM ialah komponen hardware penting pada ponsel cerdas dalam acara multitasking Cara Menambah Ram Android semoga Kinerja Lebih Cepat

  5. Lalu, buatlah partisi lain, tapi jenis partisinya sebagai EXT2, EXT3 atau EXT4.  Setelah perubahan sudah dilakukan, masukkanlah kartu SD tersebut ke ponsel Android kamu.

  6. Setelah itu, d0wnl0ad aplikasi yang berjulukan Link2SD dari Google Play ke perangkat Android kamu.

  7. Luncurkan aplikasi Link2SD tersebut dan izinkan terusan root. Lalu pilih partisi EXT yang kau buat tadi dan tautkan.

  8. Setelah selesai, unduh aplikasi Swapper For Root, buka, dan pilih jumlah RAM yang ingin kau tingkatkan.

  9. Swapper For Root akan menciptakan file .SWP dan menambah RAM Android kamu. Cara yang ini bahkan akan menunjukkan peningkatan jumlah kapasitas RAM di Settings → About Phone atau di mana pun yang sanggup menunjukkan gosip RAM hp Android kamu. Tapi walaupun demikian, menyerupai yang sudah disebutkan tai, cara menambah RAM Android ini hanya menukar partisi memori kartu SD menjadi RAM virtual, bukan RAM fisik yang sebenarnya, alasannya rata-rata teknologi RAM, CPU dan GPU smartphone kini masih satu paket dalam satu chip.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menambah Ram Android Biar Kinerja Lebih Cepat"

Posting Komentar