Cara Mempercepat Koneksi Wifi Dengan Mempertahankan Kualitas Sinyal

Untuk mempercepat koneksi WiFi, pertama-tama, kau butuh mencari tahu apa penyebab melemahnya kualitas sinyalnya. Nah, sebelum kau menentukan cara yang paling cocok untuk kamu, pertama-tama, lakukan langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini, untuk mengetahui penyebab melambatnya kualitas sinyal WiFi.


Mencari Tahu Penyebab Internet Lambat


Sebelum kau memperbaiki problem koneksi WiFi, kau perlu mengetahui aneka macam penyebab jaringan nirkabel yang lambat. Salah satu problem yang paling umum yakni jarak pancaran sinyal WiFi. Jika masalahnya yakni jarak, mungkin kau perlu Router N nirkabel terbaru untuk mempercepat koneksi WiFi dengan menambah kekuatan sinyal hingga jarak puluhan meter. Namun, jangkauan sinyal WiFi sangat bervariasi tergantung susunan dan bentuk bangunan. Contohnya dinding yang dilapisi plester lebih memperlambat sinyal WiFi dibandingkan dengan dinding yang dilapisi drywall biasa.


Setel Ulang Koneksi WiFi


Untuk mengatur ulang koneksi WiFi, mematikan power router dan modem. Tunggu beberapa menit kemudian nyalakan kembali. Terkadang koneksi internet WiFi bisa jadi mengalami kelebihan beban, ibarat mend0wnl0ad file besar atau terlalu banyak perangkat yang mencoba terhubung dalam waktu yang bersamaan.


Atur Ulang Posisi Perangkat


Jika memungkinkan, pindahkan router atau modem atau laptop atau komputer desktop kau semoga lebih bersahabat ke perangkat yang menyiarkan sinyal WiFi. Bisa jadi sinyal Wi-Fi sedang mengalami problem kendala pada ketika melalui tembok tumah/bangunan. Jadi, bila kau mengalami problem koneksi Wi-Fi yang lambat, salah satu kemungkinan masalahnya yakni jarak atau rintangan.


Ubah Saluran (Channel) pada Router


Jika kau tidak tahu cara mengubah saluran pada router atau perangkat keras lainnya, baca buku manualnya atau cari tutorial melalui Google. Secara default, biasanya router akan menentukan frekuensi yang paling tidak ramai. Jika kau ingin mempercepat koneksi WiFi, mengubah saluran pada router kemungkinan sanggup membantu menghindari kemacetan sinyal.


Router atau Booster Nirkabel Tambahan


Jika semua langkah troubelshooting gagal, mungkin butuh router kedua atau booster nirkabel untuk memperluas jangkauan sekaligus memperkuat sinyal Wi-Fi kamu. Tapi sebelumnya ketahui terlebih dahulu router ibarat apa yang sesuai engan kebutuhan kamu.


Wi-Fi lambat memang sangat mengganggu. Namun, dengan melaksanakan langkah-langkah di atas kau bisa mencari tahu cara yang sempurna untuk meningkatkan koneksi WiFi kamu.


Tips Memperkuat Sinyal Wifi


Berikut ini tujuh cara meningkatkan sinyal Wi-Fi. Sebagian diantaranya gratis tanpa pengeluaran dan beberapa tips memerlukan hardware tambahan. Sebelum kau mengalah untuk menggunakan Wi-Fi dan beralih ke koneksi internet kabel teruslah ikuti panduan yang akan diuraikan di bawah. Kemungkinan salah satu panduan yang akan diuraikan di sini sanggup membantu memperluas jangkauan router nirkabel kamu.


Jika kau mengandalkan WiFi dalam bekerja, streaming video atau bermain game online, meningkatkan sinyal WiFi akan sangat membantu semoga kinerjanya lancar dan bebas dari stres. Salah satu cara mempercepat koneksi WiFi di bawah mungkin bisa membantu.


Posisikan Router kau di Tepat yang Tepat


Sebelum kau mengeluarkan uang untuk mempercepat koneksi WiFi, kau seharusnya terlebih dahulu menyidik apakah router nirkabel kau ditempatkan di posisi ang tepat. Router mengirim sinyal Wi-Fi ke semua arah dengan jarak yang merata. Oleh sebab itu, menempatkan router sedekat mungkin ke perangkat peserta sinyal ibarat ponsel atau laptop mungkin bisa membantu mempercepat koneksi WiFi.


Modem Internet kau terhubung ke router. Jadi, perlu mempertimbangkan lokasi kabel atau telepon; kabel bila menggunakan koneksi Internet kabel atau telepon bila menggunakan Internet DSL. Jangkauannya mungkin membatasi penempatan router kamu.


Jika memang router kau masih bisa ditempatkan di posisi yang lebih baik, kau mungkin perlu mencobanya. Kemudian ketahui juga apakah cara ini memperbaiki problem koneksi WiFi yang lambat. Jika tidak, kau bisa mencoba cara mempercepat koneksi WiFi yang lain.


Buat Titik Akses Virtual


Jika perangkat kau menggunakan minimal Windows 7, kau bisa memanfaatkan fitur WLAN terbaru untuk menciptakan Wireless Hosted Network. Maksudnya disini yakni menciptakan adaptor nirkabel kau menjadi router nirkabel virtual, bahkan ketika kau terhubung ke jaringan nirkabel lain. Pengguna Wi-Fi lain sanggup terhubung ke router virtual dengan mendapatkan susukan Internet melalui koneksi host.


Ini bisa menjadi solusi sementara atau permanen untuk memperluas atau memperkuat sinyal Wi-Fi ke komputer di luar area cakupan router. Jika kau mempunyai PC Windows atau laptop yang bisa terkoneksi ke router, dan masalahnya yakni jarak komputer yang terlalu jauh, kau bisa memanfaatkan fitur Wireless Hosted Network sebagai “repeater” (pengulang). Cara yang ini bukan merupakan solusi mempercepat koneksi WiFi yang terbaik. Tapi sangat bermanfaat bila kau ingin kinerja yang maksimal pada jarak komputer yang jauh terhadap router.


Pada komputer yang menggunakan OS Windows, sambungkan ke jaringan nirkabel kamu. Kemudian kau sanggup menggunakan utilitas ibarat Connectify (screen shot di bawah) untuk menciptakan router virtual, daripada menggunakan Command Prompt yang agak ribet. Kemudian, pada komputer atau perangkat yang mengalami problem koneksi, hubungkan ke router virtual yang gres saja dibuat, bukan router yang sebenarnya.


 kau butuh mencari tahu apa penyebab melemahnya kualitas sinyalnya Cara Mempercepat Koneksi WiFi dengan Mempertahankan Kualitas Sinyal


Upgrade Router Nirkabel


Perkembangan teknologi WiFi terus meningkat ibarat teknologi hardware lainnya. Seiring waktu, produk Wi-Fi semakin menjangkau tingkat teknologi jaringan yang lebih tinggi. Teknologi WiFi dikembangkan IEEE (konsorsium rekayasa). Standard pertama yakni 802.11b, kemudian disusul dengan 802.11g dan terus meningkatkan kecepatan dan jangkauan sinyal. Hingga ketika ini, teknologi WiFi yang paling standard yakni 802.11n, yang mempunyai kecepatan dan jangkauan sinyal jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.


Seperti yang diinformasikan di aneka macam media, standard WiFi biasanya disebut dengan nirkabel B, nirkabel G dan sebagainya.


Intinya, bila kau masih menggunakan nirkabel B atau G, kau mungkin harus mempertimbangkan untuk upgrade ke nirkabel N. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, biasanya router nirkabel N dilengkapi dengan tiga antena. Upgrade ke router nirkabel tipe N mungkinj cukup meningkatkan jangkauan router untuk menjangkau komputer atau perangkat nirkabel ibarat ponsel, printer, dll, yang mengalami problem koneksi ke WiFi.


 kau butuh mencari tahu apa penyebab melemahnya kualitas sinyalnya Cara Mempercepat Koneksi WiFi dengan Mempertahankan Kualitas Sinyal


Jika kau belum yakin standar nirkabel mana yang kau gunakan, lihatlah pada router di atas. Mungkin bisa memberi kau petunjuk jenis router buat kamu. Kalau masih belum yakin juga, coba cari tahu nomor model dan cari d internet untuk menemukan detail produk router yang sedang kau gunakan.


Untuk jangkauan dan kinerja yang optimal, kau bisa mempertimbangkan router dan adaptor nirkabel pada komputer menjadi nirkabel N. Router khusus yang tiba mempunyai fitur antena hi-gain bisa meningkatkan jangkauan.Menampar


Antena Router yang Lebih Bagus


Tidak semua antena router sama. Vendor Wi-Fi biasanya memperlengkapi produknya dengan antena yang lebih murah. Untuk mempercepat koneksi WiFi kamu, coba tertimbangkan memperlengkapinya dengan antena komplemen untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan sinyal. Umumnya, antena yang lebih elok sanggup menambah jangkauan dan kinerja yang lebih baik.


Yang perlu diingat ketika menentukan antena router yakni kapasitas gain-nya (diukur dengan satuan dBi). Artinya, semakin tinggi gain sebuah antena router berarti semakin banyak sinyal yang bisa ditransmisikan atau diterima. Kamu mungkin lebih cocok menggunakan antena non-directional (tidak terarah) yang mengirim dan mendapatkan sinyal ke segala arah, yang disebut juga dengan omni-directional. Untuk adaptor nirkabel, kau bisa mempertimbangkan antena terarah. Karena antena adaptor nirkabel hanya perlu terarah ke router nirkabel.


Sebelum membeli, periksa toko router atau adaptor apakah produknya mendukung antena pengganti. Misalnya D-Link yang memperlihatkan Antena Xtreme N 2.4GHz (ANT24-0230), ibarat gambar di bawah ini. Produk ini bekerja dengan baik bersamaan dengan adapter desktop dan router tipe Xtreme N dan RangeBooster N.


 kau butuh mencari tahu apa penyebab melemahnya kualitas sinyalnya Cara Mempercepat Koneksi WiFi dengan Mempertahankan Kualitas Sinyal


Ada juga banyak perusahaan yang memperlihatkan antena universal. Jika kau menggunakan nirkabel N, pastikan antena yang ingin kau beli cocok. Carilah adaptor nirkabel yang dilengkapi antena gain tinggi, bukan membeli antena yang hanya bisa terhubung ke adaptor. Jika kau mempertimbangkan antena tunggal, pastikan mempunyai konektor yang sama dengan adaptor atau router kamu.


Untuk upgrade antena router tidak memerlukan alat apa pun. Biasanya dilengkapi dengan sekrup yang bisa tiputar pakai tangan dan cukup mudah. Jika tidak, berarti tidak gampang untuk dilepas atau diganti.


Jika kau membeli laptop keluaran terbaru, berarti kau juga membeli adaptor nirkabel gres dengan antena yang jauh lebih baik. Jika demikian, cukup hanya menancapkan ke port USB.


Pada kasus upgrade PC desktop biasanya juga mudah. Jika kau membeli antena router, cabut yang usang dan pasang yang baru. Tapi bila kau membeli adaptor gres juga, kau harus membuka casing komputer untuk  adaptor PCI. Adaptor USB lebih gampang untuk dipasang yang hanya perlu menghubungkannya ke port.


Gunakan Repeater Wi-Fi


Cara lain untuk mempercepat koneksi Wi-Fi yakni dengan menggunakan repeater atau penguat sinyal WiFi terbaik. Caranya hampir sama ibarat menciptakan jalur susukan virtual pada komputer Windows yang sudah dibahas sebelumnya. Kamu boleh membeli repeater nirkabel dan meletakkannya di antara router nirkabel dan komputer yang mengalami problem koneksi ke WiFi. Komputer yang bermasalah sanggup terhubung secara nirkabel ke repeater, dan repeater juga terhubung secara nirkabel ke router.


 kau butuh mencari tahu apa penyebab melemahnya kualitas sinyalnya Cara Mempercepat Koneksi WiFi dengan Mempertahankan Kualitas Sinyal


Perlu diingat bahwa ini bukan cara yang terbaik. Karena kecepatan koneksi antara komputer dan router terpotong hampir setengahnya. Kalau hanya untuk membuka situs mungkin tidak terlalu bermasalah. Tetapi kecepatannya yang lambat akan terasa pada ketika bermain game online, mengunduh file besar, atau mentransfer file antar komputer. Tapi cara yang satu ini mungkin bermanfaat untuk mendapatkan sinyal hingga ke komputer melalui repeater, daripada tidak sanggup sinyal sama sekali.


pada ketika menentukan repeater, kau akan menemukan banyak penjual yang menyebutnya dengan penambah jarak sinyal atau extender. Kalau kau tidak problem untuk melakukannya sendiri, pertimbangkan software DD-WRT gratis yang bisa kau pasang ke router untuk mendapatkan aneka macam fitur keren lainnya secara gratis.


Gunakan Jaringan Powerline


Wi-Fi bukan satu-satunya jenis jaringan tanpa kabel untuk rumah. Ada juga jaringan powerline yang distandarkan oleh HomePlug Powerline Alliance. Teknologi ini memungkinkan transfer data pada seluruh sistem listrik rumah kamu. Sehingga gamu bisa listrik menjadi port jaringan atau titik susukan nirkabel tambahan.


Memperluas jaringan kau dengan adapter powerline bisa mempertahankan kecepatan dan kinerja WiFi ketimbang menggunakan repeater nirkabel ibarat yang kita bahas sebelumnya. Namun, kinerjanya bervariasi tergantung pada kondisi saluran listrik, perangkat listrik lain yang dicolokkan, dan adaptor powerline yang digunakan. Walaupun demikian, cara mempercepat koneksi WiFi yang satu ini mungkin cocok bila kau tidak ingin memasang kabel di sekitar rumah.


Pasang Router atau Titik Akses Lain


Kamu bisa meniru cakupan nirkabel WiFi dengan menginstal router nirkabel atau titik susukan nirkabel (AP) lain di sekitar rumah. Pertimbangkan cara yang ini bila cara yang pertama tidak berhasil mempercepat koneksi WiFi. Cara ini perlu menghubungkan setiap router komplemen atau AP kembali ke router utama. meJadi, kiprah ini sedikit lebih rumit ketimbang opsi lain yang telah didiskusikan. Tapi cara ini yakni pendekatan yang lebih murah untuk memperluas cakupan sinyal WiFi.


Kamu boleh membeli router nirkabel biasa ibarat yang sudah kau miliki, atau AP nirkabel yang masih sama tetapi tidak mempunyai kemampuan routing. Jika kau mempunyai router cadangan atau mungkin sudah upgrade dari nirkabel G ke N, pertimbangkan untuk menggunakan yang lama. Perlu memasang kabel Ethernet (Cat 5 atau 6) yang cukup untuk menjangkau router atau AP tambahan.


Sebelum memasang router atau AP nirkabel tambahan, perlu mengkonfigurasi pengaturan nirkabel dan jaringan. Penjual router atau AP mungkin menyediakan CD atau buku manual untuk pengaturan pemasangan. Perlu diingat untuk mengatur router komplemen atau AP komplemen ke saluran yang berbeda dari router utama. Namun keduanya sanggup diatur dengan nama jaringan yang sama (SSID). Jika menggunakan AP, kau perlu mengaktifkan DHCP sehingga secara otomatis menerima alamat IP.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mempercepat Koneksi Wifi Dengan Mempertahankan Kualitas Sinyal"

Posting Komentar