Cara Membaca Jarum Jam

Jam analog standar mempunyai tiga jarum jam yaitu jarum pendek, jarum panjang dan jarum halus. Jarum pendek sebagai penunjuk jam, jarum panjang sebagai penunjuk menit, dan jarum halus sebagai penunjuk detik. Jarum pendek umumnya berukuran lebih tebal dari jarum panjang, dan jarum halus berukuran lebih ramping daripada jarum panjang. Pada beberapa jenis jam, khususnya jam dinding dan jam meja hanya mempunyai dua jarum jam yaitu jarum pendek dan jarum panjang.

Ketiga jarum jam berputar pada titik sentra yang sama dengan kecepatan putar yang berbeda.

  • Jarum pendek berputar penuh tiap 12 jam
  • Jarum panjang berputar penuh setiap 1 jam
  • Jarum halus berputar penuh setiap 1 menit.

Jam analog standar mempunyai tiga jarum jam yaitu jarum pendek Cara Membaca Jarum Jam

Pada umumnya pembacaan jam hanya menyebutkan angka jam dan angka menit. Oleh alasannya itu pembahasan dalam artikel ini hanya membahas cara membaca jarum jam dan menit saja.

Pada piringan angka jam, terdapat 12 garis skala jam. Jarum pendek sempurna menujuk angka hanya pada dikala jarum panjang menunjuk angka 12. Jika jarum panjang sudah melewati angka 12 maka gotong royong jarum pendek juga sudah mulai bergeser melewati angka jam (walaupun pergeseran ini seringkali hanya sedikit dan tidak terlihat nyata). Selama jarum jam belum menunjuk sempurna pada angka berikutnya, maka status jam belum berubah. Misalnya jikalau jarum pendek sudah bergeser banyak melewati angka 1 tetapi belum sempurna menunjuk angka 2, maka yang berlaku ialah jam 1.

Jam analog standar mempunyai tiga jarum jam yaitu jarum pendek Cara Membaca Jarum Jam

Jarum panjang (penunjuk menit) gotong royong memakai skala yang berbeda dengan skala angka jam. 1 jam terdiri dari 60 menit, maka seharusnya ada 60 skala menit. Oleh alasannya itu satu skala jam sama dengan 60/12 skala menit yaitu 5 skala menit. Artinya dari angka 1 hingga angka 2 terdapat 5 tanda skala menit. Patokan menghitung menit ialah menit nol pada posisi angka 12. Jika jarum panjang menunjuk angka 1 maka dikatakan lewat 5 menit. Sebenarnya pada dikala jarum panjang bergerak, jarum pendek juga bergerak tetapi pergeserannya lebih sedikit. Setiap jarum panjang bergeser 12 skala, jarum pendek bergeser 1 skala.

Jam analog standar mempunyai tiga jarum jam yaitu jarum pendek Cara Membaca Jarum Jam

 

Langkah-Langkah Membaca Jarum Jam

  1. Perhatikan posisi jarum pendek. Jarum pendek mengatakan jam. Arah perputaran jarum jam ialah ke kanan dari posisi angka 12. Jam yang berlaku ialah angka yang ditunjuk atau gres saja dilewati oleh jarum pendek. Jika jarum pendek menujuk angka 4 atau gres saja melewati angka 4 (belum menunjuk angka 5) maka waktu yang berlaku ialah jam 4.
  2. Posisi jarum panjang mengatakan kelebihan menit dari angka jam yang ditunjukkan oleh jarum pendek. Skala menit dihitung dari menit nol pada posisi jam 12. Setiap skala pada garis skala di pinggir piringan jam ialah satu menit. Jarak antara angka-angka yang bersebelahan ialah 5 menit.

Jam analog standar mempunyai tiga jarum jam yaitu jarum pendek Cara Membaca Jarum Jam

 

Pembacaan Jarum Jam secara Tidak Formal
Selain dari cara pembacaan jarum jam secara formal dengan menyebutkan jam dan menit, ada pula cara pembacaan jarum jam yang tidak formal. Meskipun tidak formal, pembacaan jarum jam berikut ini sangat terkenal dipakai dalam percakapan sehari-hari.

Jam analog standar mempunyai tiga jarum jam yaitu jarum pendek Cara Membaca Jarum Jam

1. Jam sanggup dinyatakan dalam “kekurangan menit” menuju jam tertentu
Format: jam n kurang x menit
Jika jam dinyatakan dalam kekurangan menit maka kekurangan menit dihitung dari jumlah skala yang harus ditempuh oleh jarum panjang hingga ke angka 12. Misalnya jam 10.40 sanggup dinyatakan sebagai “jam 11 kurang 20 menit”.

2. Jam sanggup dinyatakan dalam “setengah jam” menuju ke jam yang akan datang.
Format: jam setengah n
1 jam = 30 menit, maka ½ jam = 30 menit. Jam sanggup dinyatakan dalam setengah n, maksudnya setengah jam lagi (= 30 menit lagi) menuju jam yang dimaksud. Jam setengah 11 sama dengan jam 10.30 ( jam 10 lewat 30 menit)

3. Kelebihan atau kekurangan jam sanggup dinyatakan dalam “seperempat jam”
Format: jam n lewat seperempat atau jam n kurang seperempat
Jam seringkali dinyatakan dalam waktu “seperempat jam”. Diketahui bahwa 1 jam = 60 menit, maka:¼ jam = (1/4) x 60 menit = 15 menit.
Jam 10 kurang seperempat = jam 10 kurang 15 menit = jam 09.45
Jam 10 lewat seperempat = jam 10 lebih 15 menit = jam 10.15


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Membaca Jarum Jam"

Posting Komentar