Cara Jumper Aki Kendaraan Beroda Empat Yang Tekor Dan Soak Dengan Aman

Cara Jumper Aki Mobil – Kami yakin sebagian besar pemiliki kendaraan beroda empat pernah mengalami aki ngedrop, tekor atau soak yang menjadikan mesin kendaraan beroda empat tidak bisa dihidupkan. Yah, aki berperan sangat penting terhadap sistem kelistrikan mobil. Apabila aki dalam kondisi kurang prima, maka tidak bisa bisa mengalirkan arus listrik secara tepat ke penggalan dinamo starter dan beberapa komponen kelistrikan lainnya, menyerupai lampu dan klakson.




Yah, rata-rata kendaraan beroda empat mogok disebabkan oleh aki yang sudah rusak. Aki sendiri berfungsi sebagai sumber arus litrik dan sebagai daerah penyimpanan energi listrik yang akan terus terisi seiring kendaraan beroda empat dijalankan. Umumnya ada 2 jenis aki yang sering dipakai pemilik mobil, yaitu aki lembap dan aki kering. Setiap jenisnya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya juga perlu dirawat supaya bisa mengalirkan arus listrik secara sempurna.


Jenis-Jenis Aki Mobil Kami yakin sebagian besar pemiliki kendaraan beroda empat pernah mengalami aki ngedrop Cara Jumper Aki Mobil Yang Tekor dan Soak Dengan Aman


Kebanyakan orang lebih menentukan aki lembap dibandingkan aki kering. Pasalnya aki lembap bisa diisi ulang dan harganya lebih murah. Namun kami sendiri lebih menentukan aki kering atau sering disebut sebagai aki MF (Maintence Free). Pasalnya aki kering tidak membutuhkan perawatan khusus dan kita tidak perlu mengganti cairan yang ada didalamnya. Aki kering juga bisa diperbaiki ketika terjadi kerusakan, dan untuk mengetahuinya caranya silahkan simak informasi berikut ini “Cara Memperbaiki Aki Kering“.


Dipasaran juga beredar aki berjenis hybrid dan kalsium. Kelebihan aki kendaraan beroda empat kalsium ialah mempunyai kutub baterai yang terbuat dari materi kalsium, sehingga mempunyai kemampuan menyimpan listrik lebih baik dibandingkan aki basah. Sedangkan aki hybrid mempunyai kelebihan lebih awet, lantaran merupakan penggabungan dari aki lembap dan aki kalsium. Walaupun jenisnya berbeda-beda, namun semuanya sama-sama bisa mengalami kerusakan.


Disaat aki sudah rusak, maka kendaraan beroda empat tidak bisa jalan alias mogok. Apabila hal tersebut terjadi, tentu sangat menyebalkan dan merepotkan. Terlebih ketika kita dalam perjalanan jauh dan posisi kita jauh dari bengkel. Perjalanan akan terganggu hanya dikarenakan duduk masalah aki. Namun sebetulnya cara mengatasi kendaraan beroda empat mogok yang disebabkan aki tekor maupun ngedrop sangatlah mudah. Masbro hanya perlu melaksanakan jumper aki.


Pengertian Jumper Aki


 Kami yakin sebagian besar pemiliki kendaraan beroda empat pernah mengalami aki ngedrop Cara Jumper Aki Mobil Yang Tekor dan Soak Dengan AmanJumper aki (Jump Start) ialah sebuah langkah untuk menyambungkan aki kendaraan beroda empat yang sudah soak atau tekor dengan aki kendaraan beroda empat lain yang kondisinya masih sehat secara paralel. Tujuannya ialah untuk mengalirkan arus listrik ke aki yang sudah tekor, sehingga tekanan listrik bisa tersimpan. Cara jumper aki kendaraan beroda empat ini ini harus dilakukan secara hati-hati, lantaran bisa menjadikan konsleting yang otomatis akan merusak sistem kelistrikan mobil.


Cara jumper aki kendaraan beroda empat sebetulnya sangat gampang. Kami yakin semua orang bisa melakukannya tanpa perlu repot-repot tiba ke bengkel atau memanggil montir. Namun untuk melakukannya diperlukan aki yang kondisinya masih anggun dan mempunyai kapasitas yang minimal sama dengan aki yang tekor. Nah untuk mengetahui menyerupai apa cara jumper aki mobil, silahkan simak informasi yang kami rangkum dibawah ini.


Bagaimana Cara Jumper Aki Mobil ?  Kami yakin sebagian besar pemiliki kendaraan beroda empat pernah mengalami aki ngedrop Cara Jumper Aki Mobil Yang Tekor dan Soak Dengan Aman


1. Siapkan Aki Mobil Lain


Yang harus dilakukan pertama kali ialah menyiapakan kendaraan beroda empat yang kondisi akinya masih bagus. Tegangan akinya juga harus sama atau lebih besar dari aki yang tekor. Apabila terlalu kecil, maka bisa dipastikan tidak akan berpengaruh untuk mengalirkan arus listrik ke aki yang tekor. Sebagai referensi ialah menjumper aki kendaraan beroda empat bermesin Diesel dengan kendaraan beroda empat LCGC. Tentunya tegangan aki kendaraan beroda empat diesel lebih besar dibandingkan kendaraan beroda empat LCGC dikarenakan tekanan kompresi mesinnya jauh lebih besar.


Cara jumper aki kendaraan beroda empat juga bisa memakai powerbank. Yah, ketika ini sudah ada power bank yang dibentuk secara khusus untuk menjumper aki kendaraan beroda empat maupun motor. Harga power bank jumper tersebut juga cukup terjangkau, lantaran dibanderol sekitar 300 Ribuan – 500 Ribuan. Selain itu, masbro bisa memakai aki motor asalkan tegangannya sesuai dengan aki kendaraan beroda empat yang tekor


2. Siapkan Alat Jumper


Alat jumper aki kendaraan beroda empat bisa bisa memakai kabel. Namun kami sarankan untuk memakai kabel yang tebal dan kuat, lantaran akan dialiri arus litrik yang cukup besar. Masbro juga bisa membeli kabel jumper yang biasanya sudah dilengkapi pengait untuk menghubungkan kutup nyata dan negatif pada aki yang akan dijumper.


3. Matikan Semua Fitur Kelistrikan


Pastikan tidak ada fitur kelistrikan yang aktif pada kendaraan beroda empat yang akinya soak, menyerupai AC, Audio, lampu, dan lain sebagainya. Hal ini harus dilakukan untuk mengurangi arus listrik ketika menjumper aki. Cara jumper aki kendaraan beroda empat yang kami sampaikan akan sia-siap apabila arus listrik yang masuk kurang besar lantaran harus terbagi ke komponen kelistrikan lainnya.


4. Buka Kap Mesin


Setelah alat jumper sudah siap, selanjutnya masbro tinggal membuka kap mesin. Pasalnya posisi aki berada di dalam kap mesin, jadi mau tak mau kita harus membuka kap mesin. Cara jumper aki kendaraan beroda empat ini memang yang paling praktis dan wajib masbro lakukan.


5. Buka Tutup Terminal Aki


Rata-rata aki kendaraan beroda empat dilengkapi tutup terminal nyata dan negatif. Masbro harus membukanya supaya nantinya bisa menghubungkan kabel jumper. Masbro hanya perlu membuka tutup tersebut tanpa harus melepas kabel aki yang menempel.


6. Lihat Dulu Kondisi Aki


Jika kondisi tegangan aki sudah sangat ngedrop, disarankan untuk tidak menghubungkan kabel negatif ke aki yang soak. Kami sarankan untuk menghubungkan kabel negatif ke body atau rangka yang posisinya jauh dari aki. Pasalnya aki yang kondisinya soak parah bisa mengeluarkan gas yang praktis terbakar, sehingga bisa memicu percikan api kalau kabel negatif terhubung ke aki.


7. Hubungkan Aki Pada Kedua Mobil


Cara jumper aki kendaraan beroda empat yang selanjutnya ialah menghubungkan aki kendaraan beroda empat yang soak ke aki kendaraan beroda empat yang kondisinya mash bagus. Masbro harus hati-hati ketika menghubungkannya. Pastikan terminal nyata dihubungkan dengan terminal nyata dan terminal negatif ke termilan negatif. Nah apabila terbalik, maka bisa menjadikan konsleting.


8. Tunggu Beberapa Saat


Setelah tersambung ada baiknya menunggu beberapa ketika dan lakukan kembali pengecekan untuk memastikan pemasangan kutub nyata dan negatif tidak terbalik. Biasanya kabel kutup nyata berwarna merah dan kutub negatif berwarna hitam.


9. Hidupkan Mesin


Setelah memastikan kabel jumper terpasang dengan benar, kemudian masbro tinggal menyalakan starter mobil. Biasanya diperlukan beberapa percobaan hingga fatwa listrik mengalir ke aki yang soak. Kami sarankan untuk tidak eksklusif melepaskan sambungan aki. Lebih baik menunggu selama 1-2 menit hingga aki kendaraan beroda empat yang soak teraliri arus litrik.


10. Lebas Kabel Jumper


Nah cara jumper aki kendaraan beroda empat yang terakhir tinggal melepas kabel jumper. Masbro bisa eksklusif membawa kendaraan beroda empat jalan lantaran sejatinya system kelistrikan kendaraan beroda empat akan disuplai secara eksklusif oleh altenator, sehingga secara otomatis aki akan eksklusif terisi. Namun apabila aki sudah soak, maka pengisiannya kurang optimal. Alhasil nantinya kendaraan beroda empat kembali mogok disaat mesin kendaraan beroda empat dimatikan.


Bagaimana Jika Proses Jumper Tidak Berhasil ?


Cara jumper aki kendaraan beroda empat di atas sudah terbukti berhasil apabila masbro mengikuti langkah-langkah yang kami sampaikan di atas. Namun ada beberapa masalah yang tak bisa dilakukan jumper aki. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan kondisi aki yang rusak terlalu parah, sehingga mau tak mau kita harus membeli aki gres yang harganya bisa masbro simak pada artikel berikut ini “Daftar Harga Aki Mobil“.












Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
 Kami yakin sebagian besar pemiliki kendaraan beroda empat pernah mengalami aki ngedrop Cara Jumper Aki Mobil Yang Tekor dan Soak Dengan AmanModifikasi Honda C70 Kami yakin sebagian besar pemiliki kendaraan beroda empat pernah mengalami aki ngedrop Cara Jumper Aki Mobil Yang Tekor dan Soak Dengan AmanTekanan Ban Mobil

Yah, membeli aki kendaraan beroda empat yang gres menjadi langkah terakhir untuk bisa menghidupkan kendaraan beroda empat yang mogok. Namun sebelum membelinya aba baiknya masbro tiba dulu kebengkel atau memanggil montir untuk mengusut kondisi kendaraan beroda empat secara menyeluruh. Bisa saja masalahnya bukan pada aki, namun ada komponen mesin atau kelistrikan yang rusak. Nah demikianlah tips otomotif kali ini, semoga informasi di atas bermanfaat bagi masbro yang belum tahu cara jumper aki kendaraan beroda empat yang baik dan benar.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Jumper Aki Kendaraan Beroda Empat Yang Tekor Dan Soak Dengan Aman"

Posting Komentar