Cara Export Data Aplikasi Gps Android Ke Google Earth Di Laptop Atau Komputer

Inilah kombinasi artikel dan video Cara Export Data Aplikasi GPS Android Ke Google Earth di Laptop Atau Komputer (PC). Data yang diexport dapat titik koordinat (waypoints) atau garis (tracks).


Tutorial ini ialah lanjutan dari tutorial Cara Memanfaatkan Aplikasi GPS Android Untuk Mencari & Menentukan Titik Koordinat. Kaprikornus untuk cara pengambilan datanya, silahkan anda merujuk ke artikel tersebut.


Setelah anda punya data di smartphone yang ingin diexport ke Google Earth, maka silahkan ikuti panduannya dibawah ini.


Export Data Aplikasi GPS Android Ke Google Earth



  1. Pada layar awal GPS Essentials, pilih Waypoints. Karena pada tutorial ini data yang akan aku export ialah titik koordinat. Jika data yang akan diexport ialah data track maka pilih Tracks.



  1. Pilih sajian paling kanan atas.



  1. Pilih Export. Kemudian pilih tipe file yang akan digunakan. Pilihan tipe file banyak, tetapi pada tutorial ini aku akan pilih KML (Google Earth) biar jadinya dapat dibuka dengan Google Earth.



  1. Pilih cara yang akan dipakai untuk transfer file ke laptop atau komputer. Pada tutorial ini aku menentukan menyimpan ke memori internal smartphone. Caranya pilih atau sentuh gambar kartu dibagian paling atas.



  1. Ketikkan nama file dan jikalau mau anda Anda juga dapat menentukan folder daerah penyimpanan file atau dapat juga dibiarkan disimpan di luar folder. Kemudian pilih tombol kirim dan pilih lagi tombol kirim.



  1. Hubungkan smartphone dengan laptop memakai kabel data.



  1. Buka software Google Earth. Kemudian klik sajian File > Buka.



  1. Cari file pada drive smartphone anda. Caranya klik drive sesuai nama smartphone anda, kemudian klik Penyimpanan Internal. Setelah ketemu, tinggal diklik nama file-nya kemudian klik Open. Agar lebih jelas, silahkan lihat gambar di bawah ini.


Inilah kombinasi artikel dan video Cara Export Data Aplikasi GPS Android Ke Google Earth d Cara Export Data Aplikasi GPS Android Ke Google Earth Di Laptop Atau Komputer



  1. Kalau berhasil, data akan ditampilkan oleh Google Earth.


Untuk menambah tumpuan penggunaan Google Earth, silahkan anda baca juga tutorial Cara Export Google Earth Ke AutoCAD (Tanpa plugin dan software tambahan) dan Cara Export Google Earth Ke AutoCAD Dengan Bantuan QGIS.


Demikian tutorial mengenai Export Data Aplikasi GPS Android Ke Google Earth yang dapat aku bagikan kali ini. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan, eksklusif saja melalui bab komentar di bawah. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Export Data Aplikasi Gps Android Ke Google Earth Di Laptop Atau Komputer"

Posting Komentar