Cara-Cara Menjaga Kesehatan Dalam Islam

Islam merupakan agama samawi terakhir yang diturunkan di bumi. Agama terakhir yang bertujuan menyempurnakan ajaran-ajaran yang sebelumnya. Bahkan kesehatan dalam islam tergolong sangat penting, salah satunya ditunjukan dengan kalimat yang sudah tidak absurd lagi “Kebersihan sebagian dari iman”. Jika kita runut kembali kebersihan merupakan cara yang tepat untuk menghalau aneka macam penyakit.


Jika Anda merupakan umat islam, dan ingin mengikuti cara nabi Muhammad Saw menjaga kesehatan, berikut ini akan Kami sajikan cara cara menjaga kesehatan berdasarkan islam.


Bangunlah Sebelum Subuh


Bangun sebelum subuh dengan maksud melaksanakan solat sunah berjamaah dan melaksanakan solat subuh. Gerakan solat sama bermanfaatnya dengan gerakan olah raga, solat pada dikala subuh sama bermanfaatnya dengan olah raga kecil di pagi hari. Udara subuh juga terbukti lebih seger dan fresh. Dengan melaksanakan hal-hal di atas juga akan memperlihatkan Anda berkah berupa pahala, dan kenikmatan sehat.


Jagalah Kebersihan


Setiap hari Kamis dan jumat nabi Muhammad Saw selalu rutin memotong kuku, mencuci rambut-rambut halus yang berada di pipi, bersikat, serta menggunakan parfum. Setiap hari nabi Muhammad Saw juga selalu menggunakan harum-haruman dan tampil higienis dan rapi. Seperti yang sudah disebutkan di paragraf pembuka sebetulnya bagi umat islam kebersihan merupakan sebagian dari iman.


Tidak Makan dengan Berlebihan


Hal ini mungkin sudah tidak absurd lagi bagi kita kaum muslimin dan muslimat. Dalam makan, islam menganjurkan untuk makan sebelum kita lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Karena berdasarkan kepercayaan islam bahwa perut kita dibagi menjadi tiga bagian, pertama potongan perut untuk makanan, kedua potongan perut untuk udara, ketiga potongan perut untuk air. Dengan menyeimbangkan tiga unsur itu di dalam perut maka kita akan menemukan kesehatan.


Islam merupakan agama samawi terakhir yang diturunkan di bumi Cara-Cara Menjaga Kesehatan Dalam Islam


Biasakan Jalan Kaki


Berjalan kaki bukan hanya proposal menjaga kesehatan dalam islam, banyak para andal kesehatan yang juga menganjurkannya. Nabi Muhammad SAW populer suka berjalan kaki, baik ke masjid, rumah sahabat, maupun pergi berjihad. Dengan berjalan kaki akan menciptakan keringat kita keluar, kemudian pori-pori kita akan terbuka, aliran darah juga lebih lancar, dan pastinya akan menciptakan badan kita lebih sehat.


Tidak Gampang Marah


Nabi Muhammad SAW pernah membarikan pesan yang tersirat “Jangan marah” kata tersebut diulangi selama tiga kali. Hal ini pertanda bahwa pentingnya untuk menjaga emosi dalam islam, dan pertanda bahwa kekuatan dan kesehatan seorang muslim tidak hanya ditentukan oleh tubuhnya tapi juga emosi, dan jiwanya.


Ada cara yang tepat untuk mengatasi rasa marah, adalah dengan mengubah posisi badan kita ketika sedang marah. Ketika Anda sedang murka pada posisi bangun cobalah untuk duduk, kemudian jikalau Anda murka dalam posisi duduk cobalan untuk berbaring. Marah itu berasal dari setan dan setan terbuat dari api jadi Anda dapat mengambil wudhu kemudian solat sunah atau wajib untuk menenangkan diri.


Sebenarnya masih banyak cara-cara menjaga kesehatan dalam islam, sebab islam sendiri merupakan agama yang tepat yang sangat menganjurkan kesehatan dan kebersihan dalam beribadah.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara-Cara Menjaga Kesehatan Dalam Islam"

Posting Komentar