Bingung Cara Menciptakan Tanda Baca Atau Simbol Khusus Di Postingan Blogspot? Ternyata Caranya Mudah


Saya yakin diantara rekan-rekan blogger niscaya ada yang pernah mengalami kesulitan dalam penulisan beberapa tanda baca atau simbol dikala menulis sebuah artikel untuk blognya. Sebenarnya kesulitan tersebut dapat juga diakali dengan memakai cara copy-paste dari aplikasi Word atau sejenisnya.

Namun kalau tidak memungkinkan untuk memakai cara diatas, semisal anda sedang memakai Smartphone, anda dapat memakai dua cara khusus untuk menulis tanda baca atau simbol yang anda inginkan itu.

Cara Membuat Tanda Baca Atau Simbol Khusus di Postingan Blogspot Bingung Cara Membuat Tanda Baca Atau Simbol Khusus di Postingan Blogspot? Ternyata Caranya Mudah

Bagaimana caranya menulis simbol / tanda baca di artikel blog blogger?

Ada 2 cara untuk menulis simbol / tanda baca khusus untuk artikel blog, yaitu :
  1. Menggunakan fitur Special Characters yang sudah disediakan Blogger.
  2. Menggunakan HTML Code.

1. Menggunakan Fitur Special Character.

A. Ketika anda memakai Blogger Post Editor, silahkan tekan tombol Insert Special Characters yang berbentuk icon smiley.
Cara Membuat Tanda Baca Atau Simbol Khusus di Postingan Blogspot Bingung Cara Membuat Tanda Baca Atau Simbol Khusus di Postingan Blogspot? Ternyata Caranya Mudah

B. Setelah muncul jendela Insert Special Character, ada dapat mencari simbol / tanda baca yang anda butuhkan dengan 3 metode, antara lain:
  1. Memilih diantara 3 sajian dropdown (No.1). Mungkin ini ialah cara yang tersulit, dikarenakan anda harus mencari satu persatu dari sekian banyak simbol diantara 2 sajian kategori yang disediakan.
  2. Menuliskan langsung nama simbol / tanda baca di kotak Search (No.2). Cara ini dapat dipakai kalau anda sudah mengetahui nama simbol yang anda cari.
  3. Menggambar simbol / tanda baca pada kotak yang sudah disediakan (No.3). Jika anda ingat bentuk simbol yang anda inginkan, anda dapat langsung menggambarnya. Cara ini ialah cara yang paling mudah.

Cara Membuat Tanda Baca Atau Simbol Khusus di Postingan Blogspot Bingung Cara Membuat Tanda Baca Atau Simbol Khusus di Postingan Blogspot? Ternyata Caranya Mudah

2. Menggunakan HTML Code.

Agar isyarat untuk tanda baca atau simbol dapat berfungsi, anda harus menulisnya di mode HTML, jadi bukan pada mode Compose. Tetap tulislah artikel anda pada mode Compose, dan dikala anda hendak menulis isyarat simbol maka pindahlah sejenak pada mode HTML dan sehabis itu pindah lagi ke mode Compose untuk melanjutkan proses pengetikan artikel.

Dibawah ini ialah beberapa rujukan Kode HTML yang biasa digunakan. Untuk mendapat kode-kode yang lebih lengkap lagi, anda dapat mengunjungi website W3.org.


1. Copyright = ©
Copyright (Hak Cipta) ialah hak pribadi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu yang memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan.
Kode :
©
Contoh : Sinichinet©

2. Registered TradeMark = ®
Registered Trademark (Merek Dagang Terdaftar) ialah berarti bahwa simbol tersebut dipakai untuk memberitahukan bahwa produk yang punya simbol tersebut ialah sebuah merek dagang yang telah terdaftar di kantor merek dagang nasional.
Kode :
®
Contoh : Sinichinet®

3. Trademark = ™
Trademark (Merek Dagang) ialah tanda pembeda yang dipakai suatu tubuh perjuangan sebagai penanda identitasnya dan produk barang atau jasa yang dihasilkannya kepada konsumen, dan untuk membedakan perjuangan tersebut maupun barang atau jasa yang dihasilkannya dari tubuh perjuangan lain.
Kode :
™
Contoh : Sinichinet™

4. Double Right Pointing = »
Simbol (arah kanan) yang dipakai sebagai penanda suatu sub dari hal tertentu.
Kode =
»
Contoh : Start All » Aplications » Adobe

5. Double Left Pointing = «
Simbol (arah kiri) yang dipakai sebagai penanda suatu sub dari hal tertentu.
Kode :
«

6. Degree / Derajat = °
Kode :
°
Contoh : Antara garis 6° LU dan 11° LS.

7. Simbol pembagian (per) ½ dan ⅛
Kode untuk ½ ialah :
½
Kode untuk ⅛ ialah :
⅛
Contoh : 1½ + 1½ = 3

8. Inverted Exclamation mark (IEM) =  ¡
IEM ialah sebuah tanda seru yang terbalik.
Kode :
¡

9. Em-Dash = —
Simbol / tanda untuk memisahkan keterangan.
Kode :
—
10. plus-minus =  ±
Kode :
±

Demikian tutorial Cara Membuat Tanda Baca Atau Simbol Khusus di Postingan Blog. Semoga bermanfaat.
Sumber http://sinichinet.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bingung Cara Menciptakan Tanda Baca Atau Simbol Khusus Di Postingan Blogspot? Ternyata Caranya Mudah"

Posting Komentar