Berapa Panjang Jembatan Suramadu?

Jembatan ialah konstruksi jalan yang menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya dengan menyeberangi lokasi tertentu. Pada umumnya jembatan dibangun untuk menghubungkan dua lokasi yang dipisahkan oleh  sungai, susukan air, rel kereta api, jalan, bangunan, dan lan-lain. Salah satu jembatan yang paling terkenal di Indonesia ialah Jembatan Nasional Suramadu (biasanya disebut Jembatan Suramadu).

Jembatan ialah konstruksi jalan yang menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya dengan m Berapa Panjang Jembatan Suramadu?

Lokasi Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu Terdapat di Surabaya (Jawa Timur). Jembatan Suramadu menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura. “Suramadu” sendiri ialah kependekan dari Surabaya-Madura. Pulau Jawa dan Pulau Madura dipisahkan oleh Selat Madura. Tepatnya Jembatan Suramadu menghubungkan kota Surabaya dengan Bangkalan.

Panjang Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu sangat terkenal alasannya ialah merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Panjang jembatan Suramadu ialah 5.438 meter (5,438 kilometer) atau 17.841 kaki. Konstruksi jembatan Suramadu terdiri dari tiga bab yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Berikut spesifikasi teknis jembatan Suramadu.
Nama: Jembatan Nasional Suramadu
Panjang total: 5.438 meter (17.841 kaki)
Lebar: 30 meter (98 kaki)
Tinggi: 146 meter (479 kaki)
Rentang terpanjang: 434 meter (1.424 kaki)

Pembangunan Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu diresmikan awal pembangunannya pada tanggal 20 Agustus 2003 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Jembatan Suramadu diresmikan pembukaannya  pada tanggal 10 Juni 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan Suramadu dibangun untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura. Pembangunan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, yaitu sisi Bangkalan, sisi Surabaya, dan bentang tengah jembatan.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Panjang Jembatan Suramadu?"

Posting Komentar