Berapa Kecepatan Suara?

Suara yang kita dengar dari suatu sumber bunyi merambat melalui medium contohnya udara. Semakin jauh jarak kita dari sumber suara, maka akan semakin usang bunyi itu hingga ke indera pendengaran kita. Contoh terkenal dari kasus ini yaitu dikala kta melihat halilintar. Jika kita melihat halilintar di langit, pada awalnya kita hanya melihat cahaya (kilat), kemudian beberapa dikala kemudian gres kita mendengar bunyi halilintar. Hal ini terjadi alasannya yaitu kecepatan cahaya jauh lebih tinggi dari kecepatan suara.

Suara yang kita dengar dari suatu sumber bunyi merambat melalui medium contohnya udara Berapa Kecepatan Suara?

Pengertian Kecepatan Suara
Definisi kecepatan bunyi yaitu jarak tempuh gelombang bunyi dikala berpropagasi melalui medium lentur persatuan waktu.

Kecepatan Suara di Udara
Pada udara kering suhu 20 °C (68 °F), kecepatan bunyi yaitu 343,2 meter per detik. Kecepatan ini sama dengan 1.126 kaki/detik atau 1.236 km/jam atau768 mil/jam atau 667 knot. Dengan kecepepatan ini, bunyi sanggup menempuh jarak 1 kilometer dalam waktu 2,915 detik atau menempuh jarak 1 mil dalam waktu 4,689 detik.

Suara yang kita dengar dari suatu sumber bunyi merambat melalui medium contohnya udara Berapa Kecepatan Suara?

Kecepatan bunyi dalam medium gas ideal hanya bergantung pada temperatur dan komposisi medium tersebut. Kecepatan bunyi sedikit dipengaruhi frekuensi dan tekanan pada udara biasa, sedikit berbeda dari sifat ideal.

Kecepatan Suara Bergantung pada Medium
Dalam pembicaraan sehari-hari, kecepatan bunyi merujuk pada kecepatan gelombang bunyi di udara. Sebenarnya kecepatan bunyi berbeda-beda bergantung pada mediumnya. Gelombang bunyi bergerak lebih lambat pada medium gas, lebih cepat pada medium cair, dan lebih cepat lagi pada medium padat. Contohnya bunyi bergerak dengan kecepatan 343,3 meter/detik dalam udara, 1.484 meter perdetik dalam air, dan 5.120 meter dalam besi. Dalam materi yang luar biasa keras menyerupai intan, bunyi bergerak pada kecepatan 12.000 meter/detik yaitu kisaran kecepatan maksimum bunyi pada kondisi normal.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Kecepatan Suara?"

Posting Komentar