Berapa Jumlah Mata Dadu?

Dadu yaitu alat bantu permainan yang sangat populer. Dadu biasanya terbuat dari materi plastik atau kayu, tetapi ada juga dadu yang terbuat dari materi yang lebih lembut contohnya kertas atau karet. Dadu biasa dipakai sebagai alat pengundi dalam permainan. Dadu contohnya dipakai dalam permainan ular tangga, ludo, monopoli, simulasi, dan lain sebagainya. Saat sebuah dadu di lempar, maka kita tidak tahu mata dadu yang akan berada pada bidang permukaan atas. Dalam permainan tertentu, dadu yang dilempar tidak hanya satu tetapi dua sekaligus. Dengan memakai mata dadu maka pengundian dianggap adil sebab peluang setiap mata dadu untuk menang yaitu sama.

Dadu yaitu alat bantu permainan yang sangat terkenal Berapa Jumlah Mata Dadu?

Bentuk Dadu
Bentuk dadu yang paling terkenal dan paling banyak dipakai yaitu bentuk kubus (kubik). Namun bahu-membahu bentuk dadu tidak harus bentuk kubus. Pada kenyataannya dadu yang bukan kubus sangat jarang kita temukan dipakai untuk permainan. Selain dari dadu berbentuk kubus ada juga dadu berbentuk tetrahedron, octahedron, pentagonal trapezohedron,dodecahedron, dan icosahedron. Jika bentuk dadu tidak disebutkan, maka yang dimaksud adaah dadu kubus.

Gambar pada Bidang Permukaan Dadu
Dadu yaitu benda pejal berbentuk kubus yang semua permukaannya diberikan bintik (pip) dengan jumlah yang berbeda-beda. Jumlah bintik pada permukaan dadu menyatakan nilai pada permukaan tersebut. Setiap permukaan dadu biasanya disebut mata dadu.

 Jumlah Mata Dadu yaitu 6
Banyaknya mata dadu yaitu 6. Sebuah kubus mempunyai 6 bidang permukaan sehingga dadu berbentuk kubus mempunyai 6 muka. Masing masing muka dadu berisi gambar bintik sebanyak 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Dalam sekali pelemparan dadu maka kemungkinan munculnya salah satu mata dadu yaitu 1/6.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Jumlah Mata Dadu?"

Posting Komentar