Berapa Jumlah Gigi Orang Cukup Umur Dan Jumlah Gigi Susu Anak-Anak?

Gigi merupakan organ penting dalam sistem pencernaan. Gigi mempunyai kegunaan untuk menghancurkan masakan yang kita makan sebelum dicerna lebih lanjut di dalam tubuh. Peran gigi dalam menghancurkan masakan sangat sistematis. Lebih dari itu prosedur gerakan gigi menciptakan kita sanggup menikmati citarasa masakan dengan lebih nikmat alasannya ialah bab pengecap yang mengenali citarasa ibarat manis, pahit, asin, dsb terdapat pada permukaan yang  berbeda-beda.

Gigi merupakan organ penting dalam sistem pencernaan Berapa Jumlah Gigi Orang Dewasa dan Jumlah Gigi Susu Anak-Anak?

Bagian-Bagian Gigi
Masing-masing gigi mempunyai tiga bab utama yaitu puncak/mahkota gigi, leher gigi dan akar gigi.
Puncak gigi atau mahkota gigi ialah bab dari gigi yang tampak dari luar. Bagian ini mempunyai lapisan pelindung yang disebut email.
Leher gigi ialah bab dari gigi yang posisinya tertanam di dalam gusi. Bagian ini posisinya berada di bawah mahkota gigi dan di atas akar gigi.
Akar gigi adalah bab ujung gigi yang tertanam di bawah rahang sehingga tidak tampak dari luar. Jumlah akar gigi untuk masing-masing jenis gigi tidak sama.

Jenis-Jenis Gigi dan Fungsinya
Pada dasarnya ketika kita mengunyah masakan kita menggerakkan rahang sehingga semua gigi berperan dalam mengunyah makanan. Gerakan rahang mengunyah masakan tersebut sangat efisien. Hal ini dikarenakan masing-masing gigi kita mempunyai lokasi, bentuk, dan tugas yang beragam. Gigi kita sanggup dikelompokkan menjadi 4 macam.

  • gigi seri (caninus)
  • gigi taring (insisivus)
  • gigi geraham kecil (premolar) atau gigi geraham depan
  • gigi geraham besar.(molar) atau gigi geraham belakang

Masing-masing kelompok gigi tersebut mempunyai bentuk dan fungsi yang berbeda.

Gigi seri (caninus) terdapat pada bab depan. Saat kita bericara atau tertawa maka gigi inilah yang paling terlihat jelas.  Gigi seri ialah gigi yang mempunyai satu akar. Gigi seri berperan dalam memotong masakan ketika kita mengunyah masakan tersebut. Gigi seri berbentuk tegak dengan mahkota yang horizontal. Orang cendekia balig cukup akal mempunyai 8 gigi seri, 2 di rahang atas dan 2 di rahang bawah.

Gigi taring (insisivus) terdapat pada sisi kanan dan kiri dari gigi seri. Gigi taring mempunyai satu akar. Gigi taring berperan dalam mengoyak dan merobek makanan. Gigi taring berbentuk  tegak dan agak runcing. Orang cendekia balig cukup akal mempunyai 4 gigi taring, 1 di rahang atas sebelah kanan gigi seri, 1 di rahang atas di sebelah kiri gigi seri, 1 di rahang bawah di sebelah kanan gigi seri, dan 1 di rahang bawah sebelah kiri gigi seri.

Gigi geraham kecil (premolar) atau gigi geraham depan terdapat pada bab samping kanan dan samping kiri. Gigi geraham kecil mempunyai dua akar. Gigi geraham kecil berperan dalam menggiling dan menguyah makanan. Bentuknya rendah dan mahkotanya lebih lebar dan mempunyai beberapa tonjolan. Orang cendekia balig cukup akal mempunyai 8 gigi geraham kecil, 2 dirahang atas sebelah kanan, 2 di rahang atas sebelah kiri, 2 di rahang bawah sebelah kanan, dan 2 di rahang bawah sebelah kiri.

Gigi Geraham Besar (molar) atau gigi geraham belakang terdapat pada bab paling dalam dari rahang. Gigi geraham besar mempunyai dua atau tiga akar. Gigi geraham belakang berperan dalam menggilas, melumat, dan menghaluskan makanan. Gigi geraham besar mempunyai bentuk yang hampir sama dengan gigi geraham kecil. Orang cendekia balig cukup akal mempunyai 12 gigi geraham besar, 3 dirahang atas sebelah kanan, 3 di rahang atas sebelah kiri, 3 di rahang bawah sebelah kanan, dan 3 di rahang bawah sebelah kiri.

Jumlah Gigi Orang Dewasa ialah 32 Gigi
Banyaknya gigi orang cendekia balig cukup akal ialah 32 gigi dengan perincian sebagai berikut.

  • 8 gigi seri
  • 4 gigi taring
  • 8 gigi geraham kecil (geraham depan)
  • 12 gigi geraham besar (geraham belakang)

Gigi merupakan organ penting dalam sistem pencernaan Berapa Jumlah Gigi Orang Dewasa dan Jumlah Gigi Susu Anak-Anak?

Jumlah Gigi Susu pada Anak-Anak ialah 20 Gigi
Gigi pertama yang tumbuh pada bawah umur disebut gigi susu. Gigi susu mulai tumbuh ketika anak berusia sekitar 6 bulan, dan tumbuh lengkap ketika anak berusia sekitar 2,5 tahun. Gigi susu ini akan tanggal satu persatu ketika anak berusia sekitar 6 tahun lalu digantikan dengan gigi permanen. Pada dasarnya susunan gigi susu pada bawah umur sama dengan susunan gigi permanen pada orang cendekia balig cukup akal akan tetapi tanpa gigi geraham belakang.
Banyaknya gigi susu pada bawah umur ialah 20 gigi dengan perincian sebagai berikut.

  • 8 gigi seri
  • 4 gigi taring
  • 8 gigi geraham kecil (gigi geraham depan)

Gigi merupakan organ penting dalam sistem pencernaan Berapa Jumlah Gigi Orang Dewasa dan Jumlah Gigi Susu Anak-Anak?


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Jumlah Gigi Orang Cukup Umur Dan Jumlah Gigi Susu Anak-Anak?"

Posting Komentar