Berapa Angka Asam Urat Darah Normal?

Apa Itu Asam Urat (Uric Acid)?
Asam urat ialah salah satu senyawa yang dihasilkan dalam proses metabolisma tubuh. Tubuh kita menghasilkan asam urat yang diproduksi di hati dan mukosa usus. Asam urat dalam badan kita juga berasal dari pemecahan purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Asam urat terlarut dalam darah untuk kemudian dimanfaatkan tubuh. Pada dasarnya badan kita mempunyai prosedur untuk menjaga kadar asam urat dalam darah tetap terjaga normal dengan mengeluarkan kelebihan asam urat melalui urin. Kadar asam urat dalam darah sanggup meningkat jikalau pembuangan kelebihan asam urat melalui urin tidak normal atau asupan makanan yang mengandung asam urat terlalu banyak.

Penyakit Asam Urat
Asam urat sebetulnya turut berperan dalam proses metabolisma badan dalam mencerna makanan unuk menghasilkan energi. Namun, jikalau asam urat dalam badan terlalu tinggi maka hal ini sanggup menjadikan radang sendi asam urat (gouty arthritis) atau lebih terkenal dikenal sebagai penyakit asam urat. Kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah sanggup menjadikan asam urat tersebut menumpuk dan mengkristal di persendian terutama pada persendian jari-jari tangan dan kaki. Radang sendi asam urat ditandai dengan rasa nyeri dan kaku pada persendian dimana asam urat tersebut menumpuk dan mengkristal.

Pengertian Angka Asam Urat Darah
Angka asam urat darah ialah besaran yang mengatakan banyaknya asam urat yang terkandung dalam setiap satuan volume darah. Satuan angka asam urat darah ialah milligram/deciliter (mg/dL) atau micromol/Liter (µmol/L). Angka asam urat darah juga sering disebut dengan kadar asam urat darah atau level asam urat darah.

Pentingnya Mengetahui Angka Asam Urat Darah
Hiperurikemia ialah kondisi seseorang yang mempunyai kadar asam urat terlalu tinggi di dalam darahnya. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah meningkatkan resiko penyakit tertentu antara lain radang sendi asam urat dan watu ginjal asam urat. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah juga seringkali merupakan indikasi duduk perkara kesehatan tertentu ibarat penyakit ginjal, penyakit liver (sirrosis), leukemia, diabetes, watu ginjal, atau penyakit lainnya. Oleh alasannya ialah itu mengetahui angka asam urat darah sangat penting untuk menjaga dan memantau kesehatan secara umum.

Angka Normal Asam Urat Darah
Untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah seseorang, maka harus dilakukan dengan pengambilan sampel darah untuk diperiksa di laboratorium. Pria dan perempuan mempunyai batas normal angka asam urat darah yang berbeda. Batas angka normal asam urat darah untuk laki-laki relatif lebih tinggi daripada batas normal pada wanita. Berikut rentang angka asam urat darah normal untuk pria, wanita, dan anak-anak.

 Asam urat ialah salah satu senyawa yang dihasilkan dalam proses metabolisma badan Berapa Angka Asam Urat Darah Normal?

  • Pria: 3,4 – 7,0 mg/dL (202 – 416 µmol/L)
  • Wanita: 2,4 – 6,0 mg/dL (143 – 347 µmol/L)
  • Anak-anak: 2,0 – 5,5 mg/dL 119-327µmol/L)

Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Angka Asam Urat Darah Normal?"

Posting Komentar