Bagian Fungsi Dan Cara Kerja Elektroskop

Kita ketahui bahwa benda-benda sanggup bermuatan listrik bila benda-benda tersebut kekurangan atau kelebihan elektron. Jika suatu benda netral kehilangan elektron maka benda tersebut akan kekurangan elektron sehingga benda tersebut bermuatan positif, sedangkan bila suatu benda netral mendapatkan elektron maka benda tersebut akan kelebihan elektron sehingga benda bermuatan negatif. Bagaimana cara mengetahui bahwa benda tersebut bermuatan negatif atau positif?

Alat yang sanggup mengetahui benda tersebut bermuatan negatif atau positif yaitu elektroskop. Bagaimana cara kerja elektroskop sehingga kita sanggup tahu bahwa benda tersebut bermuatan negatif atau positif? Sebelum membahas perihal cara kerja elektroskop, kita harus tahu apa itu elektroskop, fungsi dan bagian-bagian elektroskop.

Elektroskop yaitu suatu alat yang sanggup dipakai untuk mendeteksi adanya muatan pada suatu benda. Selain sebagai alat untuk mendeteksi adanya muatan pada suatu benda, elektroskop juga berfungsi sebagai alat untuk memisahkan muatan alasannya yaitu mengguanakan prinsip induksi listrik, mendeteksi jenis muatan (negatif atau positif) suatu benda, dan mengetahui ada atau tidaknya muatan listrik pada suatu benda.

Elektroskop mempunyai tiga bab penting, yakni (1) kepala elektroskop (knop) yang terbuat dari logam, (2) konduktor yang menghubungkan kepala elektroskop dengan daun elektroskpo (foil) yang terbuat dari batang logam, dan (3) daun elektroskop (foil) yang jumlahnya ada dua yang disusun secara terpisah dan biasanya terbuat dari kertas emas atau alumunium tips.

Prinsip kerja elektroskop yaitu memakai prinsip induksi listrik. Induksi listrik merupakan pemisahan muatan listrik pada benda netral bila benda itu didekati dengan benda lain yang bermuatan listrik. Jika kepala elektroskop yang netral didekatkan dengan benda bermuatan listrik, maka daun elektroskop akan mengembang, dan bila kepala elektroskop yang netral didekatkan dengan benda tidak bermuatan listrik (netral) maka daun elektroskop tetap (kuncup).

Jadi kita sanggup mendekteksi bahwa benda tersebut mempunyai muatan (baik itu bermuatan negatif maupun positif) bila daun elektroskop mengembang (mekar). Misalnya kita akan mendeteksi apakah sebuah penggaris mempunyai muatan atau tidak. Pertama-tama ambil sebuah penggaris (jangan diperlakukan apa-apa) lalu dekatkan dengan kepala elektroskop, maka daun elektroskop tersebut akan membisu (tidak mengembang). Itu artinya penggaris tidak bermuatan. Kemudian coba penggaris tersebut digosok-gosokan secara searah pada rambut Anda beberapa menit, lalu dekatkan dengan kepala elektroskop maka daun elektroskop akan mengembang. Itu artinya bahwa penggaris tersebut sudah bermuatan listrik (silahkan baca bagaimana caranya biar benda bermuatan listrik).

benda sanggup bermuatan listrik bila benda Bagian Fungsi dan Cara Kerja Elektroskop


Cara yang dijelaskan di atas merupakan cara mendeteksi apakah suatu benda bermuatan listrik atau tidak. Bagaimana cara mengetahui bahwa benda tersebut bermuatan negatif atau psoitif?

Suatu elektroskop sanggup juga dipakai untuk memilih apakah benda tersebut bermuatan negatif atau positif,  jika pertama-tama pemisahan muatan dilakukan dengan cara konduksi. Cara konduksi merupakan kontak eksklusif antara kepala elektroskop dengan benda yang sudah diketahui jenis muatannya negatif sehingga elektron mengalir dari benda ke eletroskop.

Misalnya kita akan mendekteksi jenis muatan suatu benda dengan elektroskop bermuatan negatif. Jika benda bermuatan negatif didekatkan ke kepala elektroskop (tidak disentuhkan), maka lebih banyak elektron diinduksi untuk bergerak ke bawah menuju daun elektroskop sehingga kedua daun ini terpisah lebih lebar. Di sisi lain, bila muatan positif didekatkan, maka elektron-elektron akan diinduksi untuk bergerak ke atas, sehingga menjadi lebih negatif dan jarak pisah kedua daun ini menjadi berkurang (menguncup).

Elektroskop yang telah bermuatan listrik ini sanggup dipakai unutk mengetahui jenis muatan. Apabila benda yang didekatkan kepala elektroskop menjadikan daun elektroskop lebih mekar, maka muatan listrik pada kepala elektroskop yaitu sejenis dengan benda yang didekatkan. Apabila benda yang di dekatkan menjadikan daun elektroskop lebih kuncup, maka muatan listrik pada kepala elektroskop yaitu tidak sejenis dengan benda yang didekatkan.

Contoh lain lagi, kita akan mendeteksi apa jenis muatan pada penggaris yang sudah digosok-gosokan pada rambut dan beling yang sudah digosokan dengan kain sutra. Misalkan elektroskop yang kita gunakan yaitu elektroskop bermuatan negatif. Jika eletroskop bermuatan negatif kita dekatkan dengan penggaris dan ternyata kedua daun eletroskop tambah mengembang maka penggaris tersebut bermuatan negatif. Jika eletroskop bermuatan negatif kita dekatkan dengan beling dan ternyata kedua daun eletroskop menguncup maka beling tersebut bermuatan positif.

Demikian postingan Mafia Onlien perihal cara kerja elektroskop. Semoga postingan ini bermanfaat dan mohon maaf bila ada kata yang salah. Salam Mafia => Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bagian Fungsi Dan Cara Kerja Elektroskop"

Posting Komentar