12 Peluang Perjuangan Modal Kecil Dengan Keahlian Tingkat Dasar

Jika kita berbicara mengenai perjuangan modal kecil, bahwasanya nilai nominal modal awalnya relatif, tergantung tingkat kesanggupan masing-masing. Peluang perjuangan merupakan kesempatan yang anggun untuk memulai sebuah bidang bisnis alasannya tentangan belum terlalu banyak atau mungkin belum ada tentangan di tempat tertentu.


Memang memulai perjuangan tidak mengenal usia. Berapapun usia kita, kita sanggup memulai perjuangan asal ada kemauan. Seperti pepatah yang mengatakan; “ada kemauan ada jalan”. Tapi sangat disarankan untuk memulai perjuangan semenjak usia dini, atau memulai perjuangan jauh hari sebelum merit.


Menentukan perjuangan bukan hanya ditentukan oleh seberapa sanggup modalnya, tapi juga harus diubahsuaikan dengan keahlian yang kau miliki. Selain keahlian atau skill, perlu juga mempertimbangkan tingkat kesulitan perjuangan yang ingin kau mulai.  Baiklah, tanpa banyak berbasa-basi lagi, inilah 12 peluang perjuangan modal kecil yang mungkin cocok dengan keahlian standar yang mungkin kau kuasai.


1. Jasa Pemasaran Digital



  • Modal: ≤ Rp. 1.500.000

  • Penghasilan Bulanan: Rp. 5.000.000 – 150.000.000

  • Tingkat kesulitan: Tinggi

  • Keahlian yang dibutuhkan: Marketing, SEO, administrasi media sosial, jejaring sosial, keyword research, dan mengerti struktur HTML website.


Kehadiran sebuah perusahaan (atau perorangan) ke dunia online berarti ingin biar orang-orang biar sanggup menemukan situs perusahaan tersebut. Jasa pemasaran digital menunjukkan solusi kepada pemilik situs yang ingin menjangkau orang-orang lebih banyak lagi dengan tujuan dikonversi menjadi pelanggan yang berpotensi terhadap pendapatan melalui penjualan produk atau jasa.


Sebagai penyedia jasa pemasaran digital, kau sanggup menjual keahlian kau dalam bidang SEO, Social Media Management, Konten Marketing, atau Email Marketing untuk bisnis yang ingin melaksanakan branding secara online. Memang perusahaan tersebut sanggup melaksanakan pemasaran dengan mengandalkan iklan berbayar di mesin pencari atau media umum biar lebih cepat mendapatkan. Dan cara tersebut juga termasuk ke dalam kategori pemasaran digital (digital marketing). Tapi untuk pemasaran untuk jangka panjang, dibutuhkan SEO dan meningkatkan secara optimal medsos.


Untuk tahap awal, kau sanggup menemukan klien dengan gampang melalui situs biro freelancing ibarat Upwork, Fiverr, Freelancer, dan SEOClerks. Seiring berjalannya waktu, kau sanggup merintis situs sendiri untuk mempromosikan perjuangan layanan pemasaran digital kamu. Jika perjuangan ini sudah berkembang, kau sanggup membangun tim, biar tugas-tugas sanggup didelegasikan, sehingga orderan klien sanggup ditangani lebih cepat. Layanan pemasaran digital membutuhkan modal kecil. Akan tetapi, kalau dijalankan dengan serius dan konsisten, perjuangan online ini sanggup menjanjikan. Selain itu, perlu juga meningkatkan reputasi melalui media online.


Baca juga; Cara memperbanyak followers Twitter.


2. Mesin Penjual Otomatis (Vending Machine)



  • Modal: Rp. 3.000.000 – 6.000.000

  • Penghasilan bulanan: Rp. 250.000 – 6.000.000

  • Tingkat kesulitan: Rendah

  • Membutuhkan: Kejelian dalam memilih lokasi strategis dan sanggup merawat mesin dengan baik.


Jika kau mencari peluang perjuangan modal kecil yang tidak terlalu menuntut keahlian, kau sanggup membuka perjuangan vending machine. Vending machine ialah mesin penjual otomatis. Usaha kecil ini hanya butuh perawatan rutin dan penyediaan stok barang jualan. Kalau mesin yang kau punya hanya sedikit, kau masih sanggup menanganinya dengan sendiri tanpa membutuhkan tenaga kerja tambahan. Akan tetapi, pastikan penempatan vending machine kau di lokasi-lokasi yang tstrategis dan aman. Contohnya di bersahabat halte, bersahabat pintu keluar masuk kantor besar atau sekolahan, dan lain sebagainya.


3. Memproduksi atau Menjual Furnitur Rakitan



  • Modal: Rp. 2.500.000 – 100.000.000

  • Tingkat kesulitan: Sedang

  • Membutuhkan: Logistik, manajemen, penjualan, dan pemasaran.


Indonesia merupakan negara hijau yang masih banyak tempat hutan dengan sumber kayu yang melimpah. Hal tersebut menjadi peluang perjuangan yang sangat potensial bagi orang-orang yang mempunyai talenta keterampilan dalam memproduksi produk mebel untuk di pasarkan di lokal maupun ekspor ke luar negri. Jika kau tau jalur yang tepat, kau sanggup mejalankan perjuangan ini dengan memasok materi baku dan memproduksi sendiri atau melalui konsinyasi dengan produsen lokal, sedangkan kau berfokus pada sistem logistik dan pemasaran.


4. Layanan Penyimpanan Barang



  • Modal: Rp. 80.000.000 – 200.000.000

  • Tingkat kesulitan: Tinggi

  • Membutuhkan: Keahlian manajemen, logistik, dan pemasaran.


Di kota-kota besar, ruang hidup menjadi komoditas mahal pada ketika ini. Jika kau punya lapak di wilayah kota, kau sanggup membuka perjuangan khusus menyewakan ruang untuk mengamankan barang-barang penting orang lain ibarat kenang-kenangan, vas bunga, lampu antik, kursi, meja, atau apapun yang terlalu repot untuk di bawa-bawa. Di jasa penyimpanan barang sangat dibutuhkan pada ketika orang sedang dalam kondisi mendadak untuk pindah rumah jauh.


Layanan penyimpanan barang susah biasa di negara-negara barat. Tapi tampaknya di Indonesia masih hal yang gres dan belum terlalu banyak saingan. Kamu sanggup memulai dari kecil dengan menyewa ruangan atau gudang di mana kau sanggup mendesainnya menjadi unit-unit penyimpanan barang dengan banyak sekali ukuran yang sanggup kau sewa per unit.


5. Street Food



  • Modal: Rp. 1.500.000 – 6.000.000

  • Tingkat kesulitan: Rendah

  • Membutuhkan: Stamina dan lokasi strategis.


Usaha street food ialah perjuangan menjual masakan di jalanan ibarat yang biasa kita lihat. Contohnya dagang bakso keliling memakai grobak. Makanan yang dijual tergantung keahlian memasak kamu. Atau kalau kau tidak pintar masak atau tidak ingin repot masak, kau sanggup juga memasok dari orang yang pintar masak. Usaha street food sangat menjanjikan, alasannya banyak orang yang tidak ingin repot memasak sendiri atau repot membeli ke rumah makan alasannya jauh. Memang tentangan banyak, tapi kalau tau lokasi-lokasi strategis tidak perlu takut tidak kebagian pembeli.


Selain itu, yang penting diperhatikan dalam perjuangan street food ialah mengutamakan kebersihan, kesehatan sajian makanan, dan kelezatan masakan yang dijual. Ide-ide masakan yang cocok dijual ialah sate, bakso, nasi goreng, mie ayam, batagor, roti bakar, dan lain sebagainya. Kalau kau kreatif, kau sanggup menciptakan taktik penjualan yang unik biar lebih laris dari tentangan kamu. Sekarang ini bahkan ada beberapa merek masakan cepat saji yang sudah sangat dikenal masyarakat yang menunjukkan waralaba modal kecil dengan bisnis ritel kecil model street food. Usaha modal kecil di bidang ritel ini memang terlihat sepele. Tapi siapa sangka perjuangan street food ternyata berpotensi menghasilkan pendapatan yang tidak mengecewakan besar.


6. Jasa Cetak 3D



  • Modal: Rp. 3.000.000 – 15.000.000

  • Tingkat kesulitan: Sedang

  • Membutuhkan: Ketrampilan desain grafis, teknis, dan pemasaran.


Usaha jasa cetak 3D cocok untuk para penggemar DIY yang serius. Dibutuhkan printer 3D yang layak kalau kau mempunyai wangsit produk yang tepat. Contohnya miniatur patung pribadi, cendramata, pelengkap ibarat gantungan kunci atau tas, dan lain sebagainya.


Produk-produk yang dicetak memakai printer 3D biasanya berupa cendramata, pernak-pernik, suvenir, dan barang-barang eksklusif lainnya. Usaha modal kecil ini sangat menjanjikan dan gampang untuk dijalankan. Jika kau jago pemasaran online, kau sanggup jadikan perjuangan ini menjadi model perjuangan rumahan.


7. Jasa Pemasangan CCTV



  • Modal: Rp. 6.000.000 – 15.000.000

  • Tingkat kesulitan: Sedang

  • Membutuhkan: Ketrampilan teknis, penjualan dan pemasaran.


Ketika harga paket CCTV semakin turun, semakin banyak orang menggunakannya untuk keamanan rumah, toko, atau kantor. Kamu sanggup memanfaatkan momentum teressebut untuk memulai perjuangan di bidang jasa khusus pemasangan CCTV. Jika kau memang tertarik dan mempunyai talenta teknisi, kau sanggup mengambil paket training untuk menjadi penginstal CCTV bersertifikat. Setelah itu, kau sanggup menunjukkan jasa pemasangan CCTV kepada orang-orang yang membutuhkan sistem keamanan. Selain itu, sanggup juga sambil menjual produk keamanan lain, ibarat dasbor mobil, dan sistem keamanan rumah lainnya.


8. Junk Shop



  • Modal: Rp. 3.000.000

  • Tingkat kesulitan: Sedang

  • Membutuhkan: Lokasi bagus, Akuntansi, Manajemen, dan Penjualan.


Junk shop adalam toko barang bekas yang mendapat uang melalui beli dan jual baarang bekas. Pemulung menjual barang-barang bekas kepada junk shop, kemudian toko junk shop sanggup menjualnya ke biro pendaur ulang yang akan mengubah sampah atau barang bekas menjadi barang daur ulang.


9. Jasa Pendirian Perusahaan



  • Modal: Rp. 3.000.000 – 6.000.000

  • Tingkat kesulitan: Sedang

  • Membutuhkan: Teknik, hubungan dan nanajemen.


Membangun sebuah bisnis berbadan aturan bukanlah kiprah yang mudah. Dengan begitu banyaknya dokumen aturan yang diperlukan, sering pengusaha butuh pertolongan tenaga profesional untuk mengurus dan memastikan semua urusan dokumen lengkap dan diselesaikan.


Jasa pendirian berbadan aturan akan lebih gampang prosesnya kalau ditangani oleh tenaga profesional yang mempunyai banyak hubungan dan tau cara mendaftarkan perusahaan di Indonesia.  Jika kau berpengalaman di bidang dokumentasi perusahaan dan aturan perdata, kau berpeluang mendirikan perjuangan yang satu ini.


10. Jasa Videografi



  • Modal: Rp. 12.000.000 – 30.000.000

  • Tingkat kesulitan: Sedang

  • Membutuhkan: Peralatan videografi, software edit video, leadership, keahlian desain grafis, dan pemasaran.


Banyak even penting yang ingin didokumentasikan orang dalam bentuk video. Misalnya ingin mengabadikan momen kesepakatan nikah dengan video, program ulang tahun, reuni, wisuda, kelulusan atau acara-acara resmi lainnya.


Jasa videografi sanggup menjadi perjuangan yang menjanjikan kalau kau mempunyai keterampilan dan sanggup membentuk tim kreatif. Selain menunjukkan jasa memvideokan even-even tertentu, ada juga peluang lain yang sanggup kau pelajari, contohnya cara mendapat uang dari Youtube, dsb.


Bahkan beberapa jenis layanan videografi lain bayarannya tinggi, ibarat meliput konverensi, memproduksi iklan video online, atau merekaman konser dan festival.


11. Jasa Konsultasi dan Pelatihan IT



  • Modal: Rp. 1.500.000 – 5.000.000

  • Tingkat kesulitan: Tinggi

  • Membutuhkan: Peralatan standar, keahlian di bidang teknik IT, dan pemasaran dan komunikasi.


Jasa konsultasi dan training ID ialah bisnis modern yang mengandalkan ketrampilan di bidang sistem komputer. Usaha modal kecil yang satu ini sangat menjanjikan untuk ketika ini maupun di masa mendatang. Karena semakin banyak rumah tangga atau perusahaan yang semakin ketergantungan ke IT. Sistem komputer yang beroperasi untuk keperluan serius membutuhkan perawatan dan administrasi yang rutin dan teratur. Usaha modal kecil ini sangat menjanjikan dan berpotensi meraup keuntungan yang konsisten. Karena selain jumlah potensi klien yang terus bertumbuh, perusahaan-perusahaan besar biasanya membutuhkan jasa konsultasi dan training IT dari pihak luar perusahaan.


Kantor-kantor membutuhkan pengembangan jaringan intranet atau internet serta membutuhkan pembaharuan teknologi komputer mereka biar sesuai dengan standar terkini khusus bidang pekerjaan tertentu. Contohnya mempercepat koneksi WiFi dengan meng-upgrade harware ke teknologi yang lebih baru. Termasuk juga penyetingan dan maintenance komputer kelas server, sistem pengawasan, dan komputer PoS biar lebih akurat dan terkoneksi ke jaringan internal perusahaan. Bahkan kedai kopi modern juga membutuhkan pemasangan dan maintenance WiFi yang dipakai pelanggannya. Sebagai tambahan masukan, kau juga sanggup menunjukkan training kepada perusahaan, freelancer, blogger, gamer, atau juga usaha-usaha lain yang memebutuhkan sistem komputer.


12. Jasa Pemindahan



  • Modal: Rp. 1.500.000 (jika kau sudah punya kendaraan beroda empat box atau kendaraan beroda empat kontainer jenis lainnya)

  • Tingkat kesulitan: Rendah

  • Membutuhkan: Layanan pelanggan, kesecamaan dan pemasaran.


Banyak orang uang pindah dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan jasa pemindah. Karena kalau barang pindahan sangat banyak, besar dan berat, mengangkut sendiri kurang efektif. Jadi, dibuthkan jasa pemindahan yang profesional.


Jenis perjuangan ini akan terus maju di kota-kota besar yang padat penduduknya, kalau dipasarkan dan dijalankan dengan baik dan benar. Banyak keluarga-keluarga muda sering pindah rumah biar bersahabat dengan kantor atau pekerjaan mereka.


Itulah tadi keduabelas perjuangan modal kecil yang gampang untuk dimulai alasannya keahlian yang dibutuhkan gampang dipelajari. Akan tetapi, dibutuhkan kemauan membuka perjuangan dan ketertarikan di bidang tertentu biar perjuangan sanggup berjalan dengan sebagaimana mestinya. Jika sahabat Wongunik ada wangsit perjuangan lain yang butuh modal tidak terlalu besaar, boleh berkomentar di kolom komentar di bawah. Itulah tadi 12 perjuangan modal kecil yang mungkin cocok untuk kamu. Semoga bermanfaat!



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "12 Peluang Perjuangan Modal Kecil Dengan Keahlian Tingkat Dasar"

Posting Komentar