10 Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense: Ampuh!

Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense: Ampuh! – Mayoritas blogger mungkin akan menjawab Google Adsense jikalau ditanya wacana apa sumber penghasilan yang diandalkan untuk blognya.


Google Adsense sudah menjadi salah satu andalan setiap blogger untuk memonetisasi blognya, dan menjadi salah satu yang paling populer.


Selain alasannya yaitu laba yang diberikan Google Adsense sangat menggiurkan, platform yang satu ini memang sangat terpercaya dan bebas dari scam alasannya yaitu merupakan salah satu properti digital raksasa teknologi Google.


Mendaftar Google Adsense juga relatif praktis untuk blogger Indonesia dikala ini. Karena itulah Google Adsense menjadi salah satu kiblat favorit untuk memonetisasi sebuah blog.


Namun, tidak semua blogger bisa mendapat penghasilan yang cukup dari Google Adsense, apalagi sebagai sumber pendapatan utama.


Baca Juga: 6 Ide Topik Untuk Memulai Blog Bagi Wanita


Menarik untuk ditelisik lebih jauh, jikalau Anda memang belum tahu apa itu Google Adsense, apa saja persiapan sebelum mendaftar Google Adsense, hingga bagaimana cara meningkatkan penghasilan Google Adsense, baca artikel ini hingga selesai.




Apa Itu Google Adsense?


Sebelum berangkat lebih jauh, ada baiknya jikalau kita membahas wacana fundamentalnya terlebih dahulu.


Google Adsense yaitu sebuah platform periklanan yang menghubungkan penerbit (dalam hal pemilik situs/blogger) dengan pengiklan yang diselenggarakan dan dioperasikan oleh Google secara digital di mana iklan akan ditayangkan di website penerbit secara kontekstual.


Baca Juga: Cara Sederhana Mendapatkan Uang Dari Blog


Cara kerja Google Adsense gotong royong sangat sederhana. Iklan akan secara otomatis didistribusikan lewat algoritma Google di situs yang berkaitan secara kontekstual. Pemilik situs yang menayangkan iklan akan dibayar dengan nominal yang variatif.


Jadi sederhananya, Google Adsense akan membayar penerbit berdasarkan performa blog milik penerbit tersebut dalam menayangkan iklan.


Minimal penghasilan Google Adsense yang diharapkan semoga bisa ditarik oleh penerbit yaitu $100.


Meski tidak terlalu besar, nyatanya, mendapat $100 dari Google Adsense tidaklah gampang. Untuk itulah Anda membutuhkan beberapa cara meningkatkan penghasilan Google Adsense menyerupai yang dijelaskan di bawah ini:




10 Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense: Ampuh!


Gunakan Ukuran Iklan yang Relatif Besar


Setelah blog Anda diterima Google Adsense, Anda bisa pribadi menentukan variasi banner iklan untuk ditampilkan di blog Anda.


Hal pertama yang wajib Anda lakukan yaitu mengutamakan banner iklan yang mempunyai ukuran relatif besar. Tidak harus semua iklan yang ditayangkan berukuran besar, tapi pastikan bahwa secara umum dikuasai banner iklan yang ditampilkan berukuran besar.


Baca Juga: 10 Ukuran Banner Google Adsense dengan Rate PPC Tertinggi


Pengiklan memperlihatkan bid yang relatif tinggi untuk banner berukuran besar, sehingga Anda juga berpotensi untuk mendapat penghasilan yang lebih besar.


Lakukan eksperimen Anda sendiri dan coba bandingkan hasilnya.


Tampilkan Minimal 3 Iklan di Dalam Artikel


Dulu, Google membatasi tampilan iklan sebanyak 3 iklan banner dan 3 iklan teks dalam satu halaman.


Sekarang tidak dibatasi, tetapi Google mewajibkan semoga iklan tidak terlalu banyak dan mengganggu pembaca.


Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense 10 Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense: Ampuh!


Kebijakan gres tersebut bisa kita manfaatkan. Selain di header, sidebar, dan footer, Anda sebaiknya menampilkan minimal 3 iklan di dalam setiap artikel.


Tempatkan 1 iklan sempurna di bawah judul atau sehabis paragraf pertama, 1 iklan di bab tengah, dan 1 iklan lagi sehabis paragraf terakhir.


Alasannya:



  • Iklan di bawah judul yaitu daerah yang sempurna alasannya yaitu secara umum dikuasai pembaca paling tidak akan membaca paragraf pertama di artikel Anda.

  • Perilaku pembaca blog cenderung melihat poin-poin sebuah artikel terlebih dahulu sebelum membaca isinya. Saat scrolling artikel Anda, besar kemungkinan bahwa iklan yang ditempatkan di tengah artikel terlihat dan berpotensi untuk diklik jikalau memang relevan dengannya.

  • Iklan di bab akhir, jikalau artikel Anda sangat menarik dan dibaca hingga habis, akan sangat membantu meningkatkan penghasilan Google Adsense Anda, bukan? Paling tidak untuk menambah total akumulasi penghasilan Anda setiap harinya.


Bila Anda pengguna WordPress, Anda bisa memakai plugin gratis menyerupai WP Advanced Ads, WP QUADS, Ad Insertion, dan sebagainya untuk menempatkan iklan di dalam artikel dengan mudah.


Baca Juga: Cara Install Plugin WordPress: Panduan Lengkap


Fokus Meningkatkan Trafik Blog


Penghasilan Anda dari Google Adsense tidak akan meningkat jikalau trafik blog Anda juga tidak ikut meningkat.


Salah satu faktor pendukung semoga Anda berhasil meningkatkan penghasilan Google Adsense yaitu trafik. Dengan kata lain, trafik tinggi yang konsisten.


Blog berbahasa Indonesia dengan trafik 1.000 per hari rata-rata hanya bisa menghasilkan Rp4.000-Rp10.000 (estimasi kotor).


Baca Juga:



Untuk mendapat minimal Rp 100.000 per hari, Anda tentu perlu trafik 10 kali lipatnya, yakni 10.000 pengunjung per hari.


Tapi mendapat pengunjung 10.000 per hari tentu saja bukan perkara mudah. Meski tidak mudah, yang terperinci bukan tidak mungkin.


Ini langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan trafik blog:



  1. Pelajari dan terapkan SEO, paling tidak dasar-dasar SEO. Bila Anda pengguna WordPress, optimalkan juga SEO blog WordPress Anda memakai plugin SEO terbaik menyerupai Yoast SEO maupun All in One SEO Pack.

  2. Rajin mempromosikan blog di media sosial, lembaga online, dan sebagainya.

  3. Bila Anda punya anggaran, investasikan ke blog Anda lewat agenda periklanan menyerupai iklan Facebook, Instagram, atau bahkan Google Adwords.

    Hal ini berperan untuk meningkatkan awareness semoga lebih banyak orang yang mengenal blog Anda.

    Kemudian juga berpotensi untuk meningkatkan direct traffic dalam jangka panjang jikalau memang artikel di blog Anda relevan dengan apa yang mereka cari.

  4. Aktif bergaul dengan sesama blogger dengan mengunjungi blog mereka dan meninggalkan jejak berupa komentar (baca: pentingnya blogwalking). Besar kemungkinan bahwa mereka juga akan mengunjungi blog Anda dan bahkan menjadikannya tumpuan dalam hal blogging.

  5. Dan tips lainnya yang mungkin Anda temukan di luar sana.


Atau, jikalau trafik blog di Indonesia berdasarkan Anda masih kurang maksimal, buat blog berbahasa Inggris semoga cakupannya lebih luas meski memang saingannya teramat ketat.


Blog berbahasa Inggris umumnya bisa menghasilkan pendapatan yang jauh lebih besar dari blog berbahasa lain.


Baca Juga: MediaVenus: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Iklan Native


Alasan utamanya alasannya yaitu sifatnya internasional dan nyaris tanpa batas, sehingga pengiklan yang persaingannya juga ketat akan melaksanakan bidding yang semakin tinggi dan tentunya berdampak pada pendapatan rata-rata blog penerbit.


Gunakan Iklan Teks dan Gambar Sekaligus


Adsense mengizinkan Anda untuk menentukan jenis iklan, baik teks, gambar, maupun keduanya. Agar performanya lebih maksimal, pastikan Anda memakai iklan teks dan gambar sekaligus.


Menggunakan dua jenis iklan ini akan memudahkan pengiklan dalam melaksanakan bid sehingga potensi penghasilan Anda jadi lebih tinggi.


Manfaatkan Google Adsense Matched Content


Dalam setiap blog, sangat lajim jikalau terdapat kumpulan artikel terkait di bawah setiap artikel. Nah, Matched Content pun punya tampilan yang persis menyerupai itu.


Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense 10 Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense: Ampuh!
Tampilan Matched Content Google Adsense

Ini merupakan salah satu unit iklan gres di Google Adsense yang berdasarkan saya pribadi harus segera dimanfaatkan dan dimaksimalkan penggunaannya.


Tidak semua blog bisa mendapatkannya memang. Tetapi jikalau Anda berhasil mendapatkannya, segera manfaatkan!


Ikuti tutorial berikut untuk menggunakannya:


Cara Menggunakan Matched Content Google Adsense


Wajib digunakan!


Manfaatkan Unit Iklan In-Feed Article Ads


In-Feed Article Ads memang salah satu unit iklan yang harus dipasang di blog Anda. Hal ini akan sangat bermanfaat jikalau Anda mempunyai pembaca setia.


Setiap pembaca yang mengeksplor blog Anda kemungkinan besar akan melihat (bahkan mungkin klik) iklan ini sehingga bisa meningkatkan penghasilan Google Adsense Anda.


Baca Juga: 10 Aplikasi iPhone Untuk Blogger yang Wajib Digunakan


Iklan ini sewajarnya ditampilkan di antara artikel di halaman kategori arsip artikel. Agar lebih praktis memahaminya, misalnya menyerupai gambar berikut:


Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense 10 Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense: Ampuh!


Iklan akan tayang di antara kumpulan artikel blog Anda.


Untuk menayangkannya di blog WordPress, Anda bisa memanfaatkan kombinasi plugin WP Advanced Ads dan AdSense In-feed Placement for WordPress.


Agar Penghasilan Google Adsense Semakin Meningkat, Manfaatkan Juga Fitur Adsense Auto Ads


Fitur yang satu ini memungkinkan penempatan iklan secara otomatis yang dikontrol oleh algoritma Google Adsense.


Google akan menganalisa struktur dan tampilan blog Anda. Secara otomatis, algoritma Google akan menempatkan iklan di bagian-bagian yang menurutnya berpotensi menghasilkan performa tertinggi.


Meski banyak yang mengeluh alasannya yaitu penempatan iklan secara otomatis ini bisa merusak estetika tampilan pada sebuah blog, tetapi potensi pendapatan yang dihasilkannya memang tinggi.


Masuk ke dasbor akun Adsense Anda dan pilih Auto Ads. Tempatkan instruksi skrip yang dibagikan di bab <head>…</head> blog Anda.


Lakukan eksperimen selama beberapa bulan dan bandingkan hasilnya.


Manfaatkan Trafik Dari Pengguna Smartphone


Sekitar 60% pengguna internet berasal dari pengguna smartphone. Bayangkan betapa besar trafik yang dihasilkannya.


Baca Juga: Cara Mempercepat Loading Video Youtube di Blog


Salah satu cara meningkatkan penghasilan Google Adsense yang paling efektif yaitu dengan mengkombinasikan trafik dari pengguna PC dan smartphone.


Untuk itu, gunakan theme atau template yang responsif. Selain itu, utamakan pula iklan Google Adsense yang responsif.


Bila Anda pengguna WordPress, berikut beberapa rekomendasi theme WordPress untuk Anda gunakan:


10 Theme WordPress Terbaik Untuk Personal Blogger


Atau, Anda juga bisa mencarinya di Themeforest. Anda juga bisa memakai theme Newspaper yang secara khusus saya gunakan di blog Seni berpikir ini, blog pribadi saya, dan GEN20.


Manfaatkan Iklan di Sidebar dengan Sistem Sticky Sidebar


Coba kanal blog ini lewat PC. Di sebelah kanan, Anda akan melihat tampilan iklan yang sticky, dalam artian mengikut dan tetap pada posisinya dikala Anda scrolling ke bab atas maupun bawah.


Baca Juga: Cara Memasang Facebook Messenger di Blog


Iklan di sidebar dengan sistem sticky sidebar mempunyai kemungkinan klik yang lebih tinggi alasannya yaitu visibilitasnya.


Anda bisa memanfaatkan skrip tertentu untuk mengimplementasikannya pada blog Anda. Bagi pengguna WordPress, Anda bisa memanfaatkan plugin gratis menyerupai Q2W3 Fixed Widget for WordPress atau pun WP Sticky Sidebar.


Atau, Anda juga bisa memanfaatkan theme Newspaper menyerupai yang saya gunakan dikala ini, bisa Anda beli di Themeforest.


Manfaatkan Spot Lain di Blog Anda untuk Menampilkan Iklan


Cara meningkatkan penghasilan Google Adsense terakhir dalam daftar ini yaitu dengan memanfaatkan seluruh spot yang tersedia.


Spot menyerupai header dengan banner iklan berukuran 728 x 90px sangat efektif dalam meningkatkan penghasilan Google Adsense.


Contoh iklan di header yang saya maksud bisa Anda temukan di blog ini, sempurna di sebelah kanan logo.


Bila Anda punya spot lain di sidebar atau footer, manfaatkan juga spot tersebut demi menambah eksposur iklan yang ada.




Penutup


Nah, itulah 10 cara meningkatkan penghasilan Google Adsense yang efektif dan terbukti ampuh. Saya sudah melaksanakan aneka macam eksperimen semenjak pertama kali memulai Adsense hingga kini sehingga saya berani mengatakannya sebagai metode ampuh.


Selanjutnya, Anda mungkin tertarik membaca artikel ini:



Semoga artikel wacana cara meningkatkan penghasilan Google Adsense ini bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa dibagikan dengan rekan blogger lainnya. 😀



Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense: Ampuh!"

Posting Komentar