√ Sistem Pemerintahaan Indonesia – Pengertian Dan Bentuk Pemerintahan

Sistem Pemerintahaan Indonesia – Pengertian sistem pemerintahan yaitu sistem yang dipakek pemerintah dalam sebuah negara untuk mengatur Negaranya. Sistem pemerintahan berisi hukum dasar perihal teladan kepemimpinan, teladan pengambilan keputusan, teladan pengambilan kebijakan, dan lain sebagainya. Setiap negara mempunyai hak dalam pemilihan sistem pemerintahan untuk dianutnya. Sistem pemerintahan Indonesia yaitu presidensial sampai ketika ini.


Sistem pemerintahan berasal dari dua kata yaitu sistem yang mempunyai arti keatuan praturan sedangkan pemerintah mempunyai arti pihak yang mempunyai hak memperlihatkan perintah bah kan tetapkan suatu kebijakan. Jika digabungkan sistem pemerintahan yaitu kesatuan pengaturan dipakai oleh pihak yang mempunyai hak tetapkan kebijakan / memperlihatkan perintah.


 Pengertian sistem pemerintahan yaitu sistem yang dipakek pemerintah dalam sebuah negara  √ Sistem Pemerintahaan Indonesia – Pengertian dan Bentuk Pemerintahan


Macam Macam Sistem Pemerintahan Indonesia :



  1. Sistem pemerintahan parlementer


Sistem pemerintahan ini sistem yang mempunyai peranan besar dalam pemerintahan. Sistem ini yang menduduki di pemerintahan mempunyai hak untuk mengangkat perdana negeri atau pun menjatuhkanpemerintahan yang sedang memimpin Negara dengan aneka macam macam cara ibarat mengeluarkan mosi tidak percaya kepada pemerintah yang sedang berkuasa.



  1. Sistem pemerintahan presidensial


Sistem pemerintahan y ang kekuasaan tertingginya di tangan presiden. Sistem pemerintahan ini presiden mempunyai tugas menjadi kepala pemerintahan tertinggi yang mempunyai hak mengambil keputusan atau kebijakan yang ada kaitannya dengan Negara.



  1. Sistem pemerintahan komunis


Sistem pemerintahan yang menganut aas komunisme (tidak mengakui keberadaan tuhan). Dalam sistemini setiap orang harus hidup sama atau setara, tidak ada miskin atau kaya, semua saling dukung dan bantu.



  1. Sistem pemerintahaan demokrasi liberal


Sistem pemerintahan dari penggabungan demokrasi dengan liberal . sistem ini pengendalian kekuasaan dilakukan kepala pemerintahaan yang dipilih pribadi oleh rakyat.



  1. Sistem pemerintahan liberal


Sistem pemerintahan menganut asas kebebasan menjasi landasan penetapan kebijakannya. Sistem ini pemerintahan tidak banyak tetapkan kebijakan dan lebih banyak didominasi acara di dalam Negara dijalankan pihak swasta.



  1. Sistem pemerintahan semi presidensial


Sistem pemerintaan adonan sistem pemerintahaan parlwmwnrer dengan presidensial. Dalam sistem ini kekuasaan tertinggi ada di dua pihak antara lain presiden dan tangan parlemen.


Baca juga : Pengertian Sistem


Jenis Bentuk Pemerintahan :



  1. Monarki


Bentuk Negara yang kekuasaan dipegang oleh ratu. Monarki menjadi bentuk negar tertian di dunia. Setiap raja dan ratu memilik julukan masing – masing



  1. Tirani


Kekuasaan dipegang oleh satu orang, tetapi dijalankan dengan seenaknya secaya otoriter dan absolut.



  1. Aristokasi


Negara dipegang beberapa orang. Orng tersebut memiliki  peranan penting ibarat cendikiawan.



  1. Oligarki


Kekuasaan dipegang oleh beberapa orang. Tetapi mempunyai tugas dalam ologarki dibedakan antara kekayaan, keluarga, atau pun militer



  1. Demokrasi


Merupakan bentuk pemerintahan Indonesia. Demokrasi yaitu bentuk pemerintahan yang hak setiap warga mempunyai hak setaa dalam pengambilan keputusan.



  1. Tenokrasi


Bentuk Negara dimana pakar teknis mempunyai kekuasaan. Pengambil keputusan dipilih berdasar berapa jauh mereka menguasai bidang tertentu ibarat ilmuwan, insinyur, dan professional kesehatan.



  1. Timokrasi


Bentuk pemerintahaan dengan ideal tinggi Negara diatur ole pemimpin yang mempunyai kehormatan dan kelayakan. Bentuk ini yaitu lawa dari kepemimpinan yang menurut kelas, keturunan, kekuasaan dan hak istimewa.



  1. Kleptokrasi


Bentuk pemerintahan yang dipegang kekuasaan memakai kekuasaan untuk mencuri kekayaan Negara atau dapat dibilang korupsi. Mereka mengambil pajak untuk memperkaya diri mereka sendiri.



  1. Oklokrasi


Terjadi ketika Negara lagi berada di keadaan anarki massa yang pemerintahannya illegal. Mereka mempunyai kekuasaan sejata dalam jumlah besar sehingga rakyat menjadi takut.



  1. Plutokrasi


Pemerintahan yang dikuasai oleh orang kaya. Mereka  tidak hanya menguasai sumber ekonomi tetapi juga sumber militer ibarat senjata, dan lain sebagainya. Negara yang mempunyai sumber alam ibarat minyak, logam dan sejenis itu biasanya mengalami bentuk pemerintahan ini.


Sejarah Perkembangan Sistem Pemerintahan di Indonesia :


Sistem pemerintahan di Indonesia pada tahun 1945 – 1949 sistem pemerintahan Indonesia adalalah presidensial , kemudian pada tahun 1949 – 1950 sistem pemerintahan Indonesia diganti menjadi Quasy parlementer tapi sebab tidak seluruhnya diterapkan maka diubah lagi pada than 1950 – 1959 menjadi pemerintahan parlementer. Pada tahun 1959 – 1966 sistem pemerintahan Indonesia diganti presidensial dengan presiden mengeluarkan dekrit presiden 1959 yang isinnya tidak berlakunya Undang-Undang Dasar 1950 dan berlakunya kembali Undang-Undang Dasar 1945, pembubaran tubuh konstitusional, dan membentuk DPR  sementara dan DPA sementara. Pada tahun 1966 – 1998 sistem pemerintahan Indonesia menggunkan sistem presidential.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Sistem Pemerintahaan Indonesia – Pengertian Dan Bentuk Pemerintahan"

Posting Komentar