Sempat Viral, Soal Matematika Singapura Ini Bikin Heboh Dunia




SEMPAT VIRAL, SOAL MATEMATIKA SINGAPURA INI BIKIN HEBOH DUNIA



Beberapa tahun lalu, tepatnya tahun 2015 soal matematika bagi belum dewasa singapura bikin heboh dunia, pasalnya para pecinta matematika dan netizen dibentuk pusing oleh soal matematika anak di singapura. Para netizen dan pecinta matematika  pun ikut mencoba menjawab soal matematika yang membutuhkan kecerdikan budi untuk memecahkan soal tersebut.


Nah…. Kalian ingin tau kan dengan soal tersebut,
Berikut soal matematika yang menciptakan heboh dunia itu



Albert dan Bernard baru saja berteman dengan Cheryl dan mereka ingin mengetahui ulangtahunnya. Cheryl lalu memberikan 10 pilihan yaitu: 15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus dan 17 Agustus.
Cheryl mengatakan kepada Albert dan Bernard secara terpisah tentang tanggal dan bulan ulang tahunnya secara berurutan.
Albert dan Bernard kemudian membuat pernyataan:


Albert: Aku tak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi aku yakin Bernard tidak tahu juga

Bernard: Awalnya
aku tak tahu ulangt ahun Cheryl, tetapi sekarang aku tahu

Albert: Berarti
aku juga tahu ulang tahun Cheryl
Setelah membaca Soal di atas kalian juga resah kan?
Nah… berikut tanggapan dari pakar matematika


Dari 10 kemungkinan jawaban, rentang tanggalnya antara 14 hingga 19. Jika kau perhatikan, tanggal 18 dan 19 muncul hanya sekali. Jika hari lahirnya Cheryl diprediksi antara 18 atau 19, maka Bernard  akan tahu kapan Cheryl lahir alasannya ialah Cheryl sudah menyampaikan kepadanya kapan beliau ulang tahun. 

Tetapi, mengapa Albert tahu jikalau Bernard tidak tahu tanggal lahirnya Cheryl? 
Jika Cheryl memberi tahu Albert bahwa lahir di bulan Mei atau Juni, maka kemungkinannya beliau lahir pada tanggal 19 Mei atau 18 Juni. Artinya Bernard dapat saja tahu kapan ulang tahunnya Cheryl. Kenyataannya ialah Albert tahu bahwa Bernard tidak tahu jikalau Cheryl menyampaikan kepadanya bahwa beliau dapat saja lahir di bulan Juli atau Agustus. 
Awalnya, Bernard tidak tahu kapan Cheryl lahir tapi bagaimana beliau tahu sehabis perkataan Albert muncul di awal dalam obrolan di soal?
5 Tanggal yang tersisa pada bulan Juli dan Agustus berkisar antara 15 hingga 17, dan tanggal 14 disebutkan dua kali dari pilihan tanggapan pada soal. 
Bila Cheryl menyampaikan kepada Bernard hari ulang tahunnya jatuh pada tanggal 14, maka Bernard tidak akan tahu hal tersebut. Kenyataannya ialah Bernard tahu bahwa tanggal lahirnya tidak jatuh pada tanggal tersebut. Jadi, masih ada 3 sisa kemungkinan jawaban: 16 Juli, 15 Agustus, dan 17 Agustus. 
Setelah Bernard muncul dalam obrolan di soal, Albert tahu kapan Cheryl lahir. Seandainya Cheryl memberi tahu Albert bahwa beliau lahir di bulan Agustus, maka Albert mustahil tahu alasannya ialah ada dua kemungkinan tanggal dalam bulan tersebut. 
Kesimpulannya, Cheryl lahir pada 16 Juli.

selamat berfikir.....




Sumber http://farijan-math.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sempat Viral, Soal Matematika Singapura Ini Bikin Heboh Dunia"

Posting Komentar