Saatnya Berinvestasi Saham Di Pasar Modal

Pasar modal merupakan alternatif investasi bagi kalangan masyarakat Indonesia. Dengan melaksanakan jual beli saham, masyarakat kita dapat memperoleh laba yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Apalagi kalau anda menyebabkan saham sebagai pertumbunan aset di masa mendatang. 

Namun, sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang awam perihal pasar modal. Padahal pasar modal mempunyai bantuan yang besar dalam hal distribusi profit bagi masyarakat. Tahun 2016 lalu, total bantuan pasar modal di masyarakat mencapai 215,62 triliun. Ini artinya, pada tahun 2016 profit masyarakat dari pasar modal ialah sebesar 215,62 triliun. Sebuah angka yang sangat fantastis. 

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa kontributor pasar modal berasal dari laba berupa capital gain. Capital gain di pasar modal diperoleh dari investasi berupa saham, obligasi dan surat berharga lainnya. Di mana, nilai jual instrumen2 investasi tersebut berada diatas harga pembelian. Pada tahun 2016, mencapai Rp147,99 triliun atau meningkat 15% dibandingkan tahun 2015.

Sedangkan, kontributor kedua berasal dari laba berupa dividen. Lalu disusul dengan laba kupon / bunga dari obligasi. Menurut Direktur Utama BEI Tito Sulistio, laba dari dividen dan kupon obligasi terus meningkat sepanjang tahun. 

Di satu sisi, tenaga kerja di dunia pasar modal juga terus bertambah. Total Anggota Bursa (AB) per 2016 meningkat menjadi 114 perusahaan. Hal ini menawarkan bahwa dunia pasar modal di  Indonesia beserta intrumen investasi saham semakin menarik. 

Melihat adanya pertumbuhan pasar modal Indonesia yang begitu cemerlang, tentu saja anda harus mulai mencoba mempelajari instrumen investasi saham. Investasi saham merupakan salah satu cara untuk mencapai return yang efektif, selain dari aset riil.

Saat ini ada berbagai media-media pembelajaran pasar modal yang dapat anda gunakan untuk mendalami ilmu saham. Website2, dan edukasi saham dapat anda gunakan sebagai sarana pembelajaran saham. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Saatnya Berinvestasi Saham Di Pasar Modal"

Posting Komentar