Resep Dan Cara Menciptakan Bubur Sumsum Dari Tepung Beras

Sebelum mengikuti cara menciptakan bubur sumsum, mari kita ketahui terlebih dahulu makanan ibarat apa bubur sumsum itu sebenarnya. Makanan ini sudah tidak abnormal lagi bagi masyarakat Indonesia. Sudah menjadi hidangan santai dan sangat disukai anak-anak. Jadi, bila kau ingin menciptakan bubur sumsum, artikel ini akan mengulas secara singkat apa bahwasanya resep bubur sumsum yang rasanya enak dan anggun di lidah.


Apa itu Bubur Sumsum?


Bubur sumsum terbuat dari tepung beras sebagai materi dasarnya. Merupakan jenis makanan kuah anggun sederhana, baik dari cara membuatnya maupun materi yang digunakan. Diberi nama bubur sumsum alasannya yakni warnanya putih ibarat sumsum tulang. Bubur sumsum akan lebih nikmat bila dimakan panas-panas, terutama dihidangkan lengkap dengan adonan kuah gula merah dan kuah santan kelapa kental dengan aroma daun pandan. Aroma bubur sumsum yang lengkap dengan kedua kuah tersebut semakin menambah nafsu makan.


Semangkuk bubur sumsum sangat cocok untuk dijadikan hidangan sarapan di pagi hari. Terlebih lagi bila kau tinggal di kawasan dengan cuaca dingin. Sangat cocok untuk dijadikan makanan yang dapat menghangatkan perut dan tubuh. Jika kau ingin tau apa resep bubur sumsum, mari simak terus artikel ini.


Baca juga cara menciptakan makanan kuah sehari-hari lainnya:



Resep Bubur Sumsum



  • 1500 ml (1,5 liter) santan kelapa,

  • 100 ml (0,1 liter) air yang dicampur dengan daun suji dan daun pandan (25 daun suji dan 5 lembar daun pandan),

  • 150 gram (0.15 kg) tepung beras,

  • ½ sendok teh garam halus,

  • 50 gram gula, dan

  • 100 gram kacang merah yang sudah di rebus.


Bahan Kuah Gula Merah



  • 250 gram gula merah, diiris tipis-tipis,

  • 125 ml air, dan

  • 1 lembar daun pandan, diikat.


Bahan Santan Kelapa



  • 500 ml santan,

  • ¼ sendok teh garam halus, dan

  • 1 lembar daun pandan, diikat.


Cara Membuat Bubur Sumsum


Tips memasak bubur sumsum sangat mudah. Akan tetapi perlu memperhatikan kekentalan kuah santan semoga bubur sumsum yang akan kau buat terasa lezat. Setelah resep bubur sumsum sudah kau persiapkan, eksklusif saja ikuti panduan cara menciptakan bubur sumsum di bawah ini.



  1. Campurkan santan, air daun suji, tepung beras, garam dan gula dan masukkan ke dalam panci. Masak dengan mengaduk-aduknya terus- menerus semoga santan menyatu dengan air. Teruskan hingga mendidih dan matang.

  2. Kemudian tambahkan kacang merah yang sudah direbus tadi dan aduk hingga merata.

  3. Secara terpisah, buat juga kuah gula merah. Gula merah yang diiris tadi direbus dengan air dan masukkan daun pandan hingga gula merah tersebut larut dan mengental. Angkat dan sisihkan di mangkuk atau botol terpisah.

  4. Membuat kuah santannya juga  terpisah. Yaitu dengan merebus santan kelapa. Langsung Masukkan garam dan daun pandan ke dalam santan kelapa yang sedang direbus tersebut, dan aduk hingga merata.

  5. Saat memasak santan kelapa jangan lupa diaduk terus-menerus dari awal hingga santannya benar-benar matang dan menyatu dengan air. Hal tersebut dilakukan guna menghindari santannya pecah. Karena santan yang pecah akan terasa kurang gurih dan tidak kental. Sementara kuah sumsum lebih nikmat kental.

  6. Angkat dan sisihkan di wadah terpisah, mangkuk atau botol.

  7. Nah, sajikan bubur sumsum dengan dituangi kuah gula merah dan kuah santan tersebut. Bubur sumsum buatan kau siap untuk dimakan.


Itulah tadi resep dan cara menciptakan bubur sumsum dengan metode sederhana. Walaupun resep bubur sumsum sederhana, makanan kuah yang anggun ini sangat yummy dan sangat disukai anak-anak.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Resep Dan Cara Menciptakan Bubur Sumsum Dari Tepung Beras"

Posting Komentar