Perbedaan Laporan Tahunan Dengan Laporan Keuangan

Perusahaan go public niscaya mempunyai dua macam jenis laporan yang biasanya dilaporkan kepada Bursa Efek dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dua macam laporan tersebut yaitu laporan keuangan dan laporan tahunan (annual report). Nah, kemudian apa perbedaan keduanya? Apakah sama saja? Untuk menjawabnya, mari kita simak di pos ini. 

Laproan Keuangan

Laporan keuangan merupakan ringkasan seluruh kinerja operasional, jumlah aset, ekuitas, arus kas, serta utang yang dimiliki perusahaan. Kinerja operasional disini meliputi seluruh kegiatan operasional penjualan, menyerupai rincian penjualan (lokal dan ekspor), rincian beban, hingga keuntungan bersih. 

Baca juga: Jenis-jenis Laporan Keuangan Perusahaan. 

Jadi, laporan keuangan "hanya berisikan" laporan harta, utang, modal, pendapatan dan beban perusahaan. Tentu saja, dalam laporan keuangan anda akan melihat angka-angka yang disajikan beserta catatan atas laporan keuangan perusahaan. Di dalan laporan keuangan, disajikan sedetail-detailnya seluruh rincian keuangan perusahaan. 

Laporan keuangan perusahaan publik harus dibentuk dan disampaikan setiap tiga kuartal plus laporan keuangan tahunan. Laporan keuangan kuartal I, yaitu perioda 1 Januari - 31 Maret. Laporan kuartal II perioda 1 April - 30 Juni. Laporan kuartal III perioda 1 Juli hingga 30 September. 

Kemudian, laporan keuangan tahunan berarti perusahaan memberikan semua kinerjanya selama satu tahun berjalan, yaitu mulai per 1 Januari - 31 Desmber. Artinya, perusahaan harus menciptakan dan memberikan laporan keuangan sebanyak 4 kali. 

Laporan Tahunan

Laporan tahunan atau biasa disebut annual report merupakan citra kegiatan perusahaan selama perioda 1 tahun (1 Januari - 31 Desember). Dalam laporan tahunan, perusahaan diwajibkan untuk mengungkapkan SELURUH AKTIVITAS perusahaan, bukan hanya kinerja keuangan saja.

Lalu, apa saja informasi2 apa saja yang harus disampaikan dalam laporan tahunan? Dan bagaimana cara menciptakan laporan tahunan perusahaan?

Berbagai info yang paling penting yang harus disajikan dalam laporan tahunan antara lain adalah: Profil perusahaan, profil direksi serta komisaris, remunerasi perusahaan, good corporate goverment, kegiatan2 CSR yang dilakukan perusahaan selama satu tahun, serta pengungkapan2 lainnya. 

Laporan tahunan juga membahas prospek kinerja keuangan perusahaan. Di dalam laporan tahunan, dipaparkan rasio-rasio keuangan yang berafiliasi dengan industri perusahaan. Hal ini ditujukan biar publik mengetahui prospek keuangan perusahaan di masa mendatang. 

Intinya, laporan tahunan meliputi seluruh kegiatan perusahaan selama tahun berjalan. Laporan tahunan ini merupakan bentuk keterbukaan perusahaan kepada publik, investor dan calon investor, biar mereka sanggup mengetahui kondisi perusahaan secara utuh bukan hanya dari laporan keuangannya saja. 

Bursa Efek Indonesia (BEI) maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sama sekali tidak menunjukkan format dan hukum khusus untuk menciptakan laporan tahunan. Ini artinya perusahaan mempunyai kebebasan dalam menciptakan laporan tahunan. Perusahaan benar-benar dituntut untuk mempunyai kreativitas dalam meracik laporan tahunan biar mempunyai nilai tambah di mata publik.  

Hal ini berbeda kalau anda menciptakan laporan keuangan, di mana laporan keuanganyang dibentuk harus memakai standar-standar dan format yang sudah ditetapkan. Perlu anda ketahui, di dalam laporan tahunan niscaya juga terdapat laporan keuangan tahunan perusahaan secara lengkap. 

Berikut yaitu pola cover laporan tahunan salah satu perusahaan Tbk


Berarti laporan tahunan itu tidak mempunyai kegunaan donk kan sudah ada laporan tahunan? Atau sebaliknya, laporan keuangan tidak berguna, kan sudah ada laporan tahunan?

Tentu saja semua berguna. Laporan keuangan tetap harus disajikan bukan hanya satu kali dalam satu tahun, tetapi perusahaan harus menyajikannya sebanyak 4 kali. Sedangkan, pada laporan tahunan, fokusnya lebih kepada meringkas seluruh kegiatan perusahaan selama satu tahun penuh.


Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perbedaan Laporan Tahunan Dengan Laporan Keuangan"

Posting Komentar