Pengertian Psikologi Pendidikan

Whiteringtone mendefinisikan psikologi pendidikan sebagai sebuah studi yang sistematis tetang faktor-faktor dan proses kejiwaan yang bekerjasama dengan pendidikan insan (Sugihartono dkk dalam Muhamad Irham & Novan Ardy Wiyani 2013).

Definisi tersebut dengan terang memaparkan adanya aspek-aspek tanda-tanda kejiwaan dan faktor-faktor lainnya yang ada pada individu dalam berguru dan pembelajaran yang tersusun secara sistematis sebagai panduan pelaksanaan praktik pendidikan.

Hampir sama dengan pendapat tersebut, Sumadi Suryabrata dalam Sri Rukmini dkk dalam Muhamad Irham & Novan Ardy Wiyani (2013) menjelaskan bahwa psikologi pendidikan merupakan ilmu pengetahuan wacana psikologi yang membahas dan mempelajari anak didik dalam situasi dan lingkungan pendidikan.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, maka intinya psikologi pendidikan sanggup dipahami sebagai cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari wacana penerapan aneka macam teori-teori psikologi dalam dunia pendidikan terhadap siswa sebagai penerima didikm dan guru sebagai pendidik serta hubungan keduanya dengan lingkungan dalam proses berguru mengajar.

Aplikasi psikologi pendidikan dalam praktik proses berguru mengajar diwujudkan dalam bentuk usaha-usaha yang dilakukan oleh pendidik untuk memunculkan sikap dan sikap yang diperlukan pada siswa selama proses pembelajaran, dan mengurangi bahkan menghilangkan sikap serta sikap siswa yang tidak dibutuhkan.

Dengan demikian sanggup dipahami bahwa hakikat dari psikologi pendidikan ialah membahas wacana proses berguru mengajar, terutama bagaimana seharusnya siswa belajar, guru mengajar, serta bagaimana proses berguru mengajar seharusnya dilaksanakan.

Sumber:
Muhamad Irham & Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarya: Ar-Ruz Media.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Psikologi Pendidikan"

Posting Komentar