√ Pengertian Konflik Sosial Dan Pola Konflik Sosial Di Indonesia

Konflik Sosial –  Apakah pengertian konflik dengan pengertian konfik sosial sama? Mari kita bedah kedua kata tersebut sehingga kita mendatkan titik terang mengenai persamaan dan perbedaan keduanya. Pengertian konflik, konflik ialah kontradiksi dikarenakan ketidak sesuaian pendapat atau perselisihan untuk mendapat sesuatu. Pengertian konflik para andal akan dijelaskan secara mendetail sebagai berikut.


Pengertian Konflik Menurut Para Ahli :



  1. Pengertian konflik berdasarkan Gillin (1948)

    Proses sosial antar individu maupun kelompok dalam mecapai tujuan dengan kontradiksi secara pribadi dengan kekerasan dan ancaman.

  2. Pengertian konflik berdasarkan Max Waber (1968)

    Konflik ialah tindakan yang dilakukan secara sengaja untuk melaksanakan kehendak satu pihak dengan cara perlawanan ke pihak lain.

  3. Pengertian konflik berdasarkan Taquiri (1997)

    Warisan kehidupan sosial yang berlaku untuk banyak sekali keadaan ketidak setujuaan, kontroversi dan kontradiksi antar pihak pihak tertentu.

  4. Pengertian konflik berdasarkan Soerono Soekanto

    Yang terakhir pengertian konflik para andal yaitu proses sosial individu atau kelompok untuk mendapat tujuannya dengan cara menentang pihak lawan dengan ancaman

    dan kekerasan.


  Apakah pengertian konflik dengan pengertian konfik sosial sama √ Pengertian Konflik Sosial dan Contoh Konflik Sosial di Indonesia


Jadi sanggup di simpulakan bahwa pengertian konflik sosial dan pengertian konflik sama alasannya sama – sama terjadinya proses sosial antar individu atau kelompok dengan cara melaksanakan kontradiksi secara pribadi dengan kekerasan fisik maupun ancaman.


Sebelum membahas konflik sosial di indonesia beserta referensi konflik sosial, mari membahas wacana faktor – faktor penyebab terjadinya konflik sosial. Konflik sosial merupakan proses interaksi antar insan untuk mencapai tujuan . maka dari itu konflik sosial mempunya latar belakang perbedaan sosial antar individu.


Penyebab Konflik Sosial di Masyarakat :



  • Perbedaan individu

    Perbedaan yang meyangkut perasaan, pendapat atau ilham masalah harga diri. Perbedaan kebiasaan sanggup mengakibatkan kebencian sebagai faktor utama timbulnya konflik sosial.

  • Perbedaan kebudayaan

    Keperibadian individu di bentuk tergantung dengan kondisi lingkungan keluarga dan masyarakatnya. Setiap individu mempunyai nilai sosial yang berbeda – beda. Apa yang dilakukan suatu kelompok belum tentu dilakukan oleh kelompok lain. Jika pada hal ini setiap individu tidak mempunyai rasa menghargai sesame akan terjadi konflik sosial.

  • Perbedaan kepentingan

    Perbedaan kepentingan mengenai kepentingan politik, ekonomi maupun sosial setiap individu atau kelompok mempunyai tujuan yang brbeda, seringkali dari hal ini timbul konlik antar individu maupun kelompok.

  • Perbedaan sosial

    Perbedaan sosial yang terjadi terlalu cepat sangat mempengaruhi keseimbangan sistem nilai dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Dan konflik ini sanggup terjadi alasannya ketik susaian dengan impian individu atau kelompok dengan kenyataan sosial yang ada.


Setelah anda mengetahui definisi konflik sosial dan juga penyebab terjadinya konflik, tak lengkap rasanya bila anda tidak mengetahui juga referensi contoh konflik sosial besar yang pernah terjadi di negara kita tercinta. Berikut beberapa referensi konflik sosial di Indonesia yang pernah terjadi di lingkungan masyarakat.


Contoh Konflik Sosial di Indonesia :



  • Konflik di Lampung

    Yang terjadi suku lampung dengan suku bali, konflik ini di latar belakang i adanya kesenjangan sosial terutama masalah ekonomi.

  • Konflik di papua

    Yang terjadi alasannya perebutan kekukasan dan eksistensi rasa tau suku di tempat itu. Kurang lebihnya ada 1 masalahkonflik setiap setahun sekali.

  • Konflik di jawa barat

    Terjadi antar organisasi FPI dengan GMBI pada tahun 2017 pada konflik ini benar tidak memakan korban akan tetapi menimbulkan banyak kerugian material.

  • Konflik di Jakarta

    Terjadi pada tahun 1998 yang dikarenakan munculnya penolakan yang mengatasnamankan privumi dengan mengusir, pelecehan secual dan pencurian terhadap etnis cina.

  • Konflik di lampung tengah

    Terjadi antara suku jawa dengan suku lampung terjadi di kampong jawa alasannya masyarakat lampung melajukan pembakaran rumah dan pembunuhan pada warga sekitar.

  • Konflik di jawa tengah

    Terjadi antara petani di tempat rembang dengan perusahaan tambang.


Baca juga : Contoh pelanggaran HAM


Hendaknya kita selaku masyarakat ikut menjaga kerukunan antar masyarakt sehingga tidak terjadi konflik sosial di lingkungan tempat tinggal kita. Semua dimulai dari diri sendiri. Mengingat Tuhan, saling perduli, tau diri dan toleransi terhadap perbedaan merupakan kunci untuk menghindari terjadinya konflik sosial di masyarakat. Sekian dan agar Indonesia senantiasa dalam keaadaan rukun dan hening sejahtera.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Konflik Sosial Dan Pola Konflik Sosial Di Indonesia"

Posting Komentar