√ Pengertian Globalisasi, Imbas Dan Dampak Kasatmata Negatifnya

Pengertian Globalisasi – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami kemajuan yang sangat pesat. Banyak ilmuwan- ilmuwan dalam maupun luar negeri yang terus melaksanakan riset dan menghasilkan inovasi penemuan gres yang memperlihatkan sumbangsi kepada kemajuan zaman. Hal ini tentunya menjadi salah satu faktor pendorong dunia untuk menuju masa globalisasi modern. Apa bahwasanya yang dimaksud dengan masa globalisasi ? Berikut kami kupas secara lengkap informasinya untuk anda.


Globalisasi adalah Hubungan internasional yang lahir alasannya adanya pertukaran nilai ekonomi , produksi , anutan pemikiran, sudut pandang dunia, dan aspek kebudayaan suatu daerah. Hal ini menjadikan kejadian dari negara satu bisa memperlihatkan dampak pada negara yang lainnya. Secara bahasa arti globalisasi ialah suatu proses yang mendunia. Sedangkan secara istilah, globalisasi mempunyai banyak arti. Hal ini diungkapkan oleh beberapa pakar dan tokoh mahir dunia, Berikut pengertian globalisasi berdasarkan beberapa mahir dan pakar.


 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami kemajuan yang sangat pesat √ Pengertian Globalisasi, Pengaruh dan Dampak Positif Negatifnya


Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli :



  1. Menurut Selo Soemardjan

    Pegertian globalisasi ialah proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi antar masyarakat di seluruh dunia. Globalisasi mempunyai tujuan untuk mengikuti kaidah dan sistem tertentu antara lain PBB dan OKI.

  2. Menurut Achamd Supraman

    Pengertian globalisasi ialah proses yang menjadikan benda atau sikap sebagai penanda atau ciri setiap individu dalam dunia tanpa terbatas alasannya wilayah.

  3. Menurut Thomas L Friendman

    Pengertian globalisasi ialah suatu dimensi teknologi danideologi. Dimensi teknologi menyerupai teknologi gosip yang menyatukan dunia, sedangkan dimensi ideology menyerupai pasar bebas dan kapitalisme.

  4. Menurut Malcom Waters

    Pengertian globalisasi ialah proses sosial mempunyai akhir alasannya adanya pembatasan geografisa pada kondisi sosial budaya yang tidak atau kurang penting dan tik menjadi kesadaranorang.

  5. Menurut Dr. Nayef R.F.Al-Rodhan

    Pengertian globalisasi ialah proses yang meliputi kasusu, penyebab dan konsekuensi dari penggabungan transkulturan dan transnasional pada aktivitas yang dilakukan insan dankegiatan yang dilakukan mesin.


Lalu apa saja pengaruh  Globalisasi terhadap perkembangan zaman ? Tentu saja adanya globalisasi membawa efek bagi kehidupan suatu Negara Indonesia tentunya juga. Pengaruh ini meliputi 2 sisi yaitu dampak positif dan negative globalisasi. Secara detailnya bisa anda simak dibawah ini.


Pengaruh dan Dampak Globalisasi :


1. Dampak Positif Globalisasi



  • Dampak globalisasi yang pertama yaitu membawa dampak mudahnya mendapat gosip dan ilmu pengtahuan.

  • Meningkatkan etos kerja tinggi, suka bekerja keras, disiplen, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif.

  • Kemajuan teknologi yang menjadikan kehidupan sosial ekonomi lebih produktif, efektif, dan efisien menciptakan produksi dalam negeri bisa bersaing di pasar internasional.

  • Mudahnya melaksanakan komunikasi.

  • Cepat berpergian atau biasa disebut mobilitas tinggi.

  • Menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran.

  • Meningkatkan kualitas diri .

  • Meningkatkan pembangunan Negara.

  • Berkembangnya turis dan pariwisata.

  • Dampak globalisasi yang terakhir yaitu gampang dalam memenuhi kebutuhan.


2. Dampak Negativ Globalisasi



  • Dampak globalisasi yang pertama yaitu gosip tidak tersaring.

  • Lunturnya semangat lunturnya gotong royong, solidaritas, kepedulian, dan ketidaksetiakawanan sosial yang mengkibatkan dalam keadaan tertentu atau darurat menyerupai kecelakan, sakit, atau petaka lainnya hanya ditangani segelintir orang saja.

  • Perusahaan dalam negeri lebih menentukan bekerja sama dengan perusahaan luar negeri alasannya kondisi industry dalam negeri sulit berkembang.

  • Timbulnya sifat bergaya hidup glamor dan boros alasannya status sosial sesorang di dalam masyarakat diukur dari kekayaan.

  • Membuat masyarakat tidak kreatif alasannya terjadinya prilaku konsumtif.

  • Membuat sikap menutup diri dan berpikit sempit.

  • Menghambat pertumbuhan sector industry.

  • Terjadi kerusahan lingkungan danpolusi lmbah industry.

  • Banyak memalsukan sikap yang buruk.

  • Dan dampak globalisasi yang terakhir yaitu mudahnya terpengaruh dengan hal yang tidak sesuai kebiasaan dan kebudayaan suatu Negara.


Sekarang perkembangan globalisasi sudah menyentuh kehidupan sehari – harinya. Tak hanya para elite bisnis dan politik, namun juga masyarakat biasa. Hampir dipastikan semua lapisan masyarakat mencicipi dampak globalisasi ini. Berikut pola globalisasi dalam kehidupan sehari – hari.


Contoh Globalisasi Dalam Kehidupan Sehari Hari :



  1. Banyak produk abnormal beredar di Indonesia

  2. Banyak pasar swalayan atau supermarket

  3. Pergantian tenaga insan dengan tenaga mesin

  4. Jual beli online terus berkembang

  5. Meningkatnya penggunaan gadget

  6. Teknologi terbaru bisa diakses semua orang

  7. Persebaran gosip yang sangat cepat

  8. Dibentuknya perserikantan bangsa bangsa (PBB)

  9. Pemerintah lebih terbuka dan demokratis

  10. Masuknya ideology asing


Baca juga : Konflik sosial


Demikianlah gosip nyata mengenai apa sih pengertian globalisasi, dampak globalisasi, dan juga pola globalisasi di masyarakat. Semoga bisa memperlihatkan manfaat untuk sahabat sahabat semua yang ingin menambah wawasan ilmu pengetahuan umum . Sekian dan selamat belajar!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Globalisasi, Imbas Dan Dampak Kasatmata Negatifnya"

Posting Komentar