√ Pengertian Data Dan Jenis Data Penelitian (Primer / Skunder)

Pengertian Data – Seperti yang kita tahu definisi data yakni banyak sekali jenis informasi yang didapat peneliti mengenai subjek yang sedang diteliti. Data sangat penting untuk dijadikan kajian pemecahan problem dan kesimpulan dari penenelitian.selain itu data yakni fakta empiric yang dikumpulkan peneliti guna kepentingan pemecahan problem atau menjawab pertanyaan penelitian yang belum terjawab. Pengertian data berdasarkan beberapa para andal sebagai berikut.


Pengertian Data Menurut Para Ahli :



  1. Menurut The Liang Gie


Data adalah tragedi atu kenyataan yang mengandung pengetahuan yang dijadikan dasar penyusunan keterangan, pembuatan kesimpulan, dan penerapan keputusan. Selain itu data yakni menyerupai sesuatu yang mentah kemudian melalui proses dan menjadi keterangan (informasi.



  1. Menurut Gordon B Davis


Pengertian data merupakan materi mentah untuk informasi kemudian dirmuskan menjadi kelompok lambing – lambing tidak acak menandakan tindakan – tindakan, hal – hal dan lain sebagainya. Data di bentuk dari lambing grafis mirip *, $, dan &. Data disusun untuk menolah data tujuan menjadi susunan, dan susunan kearsipan, dan sentra data atau landasan data.


 Seperti yang kita tahu definisi data yakni banyak sekali jenis informasi yang didapat penelit √ Pengertian Data dan Jenis Data Penelitian (Primer / Skunder)



  1. Menurut Slamet Riyadi


Pengeritian data yakni kumpulan infomasi yang diperolah dari hasil pengamatan dimana data merupakan angka – angka atau lambang – lambang.



  1. Menurut Zulkifli A.M


Pengertian data meriupakan keterangan, bukti, atau fakta perihal kenyataan tetapi masih mentah (original) dan belum diolah.



  1. Menurut Kristanto


Data merupakan fakta dan angka – angka dan sanggup dikurangi derajat ketidak pastian mengenai suatu keadan dan kejadian.


Data mempunyai beberapa jenis data berikut pengertian perihal jenis data penelitian. Penelitian mempunyai 2 jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yakni data penelitian yang didapt secara eksklusif dari sumber aslinya dengan cara wawancara, jajak pendapat dari individu atau kelompok, dan dari hasil observasi suatu objek, kejadian, atau hasil pengujian.


Penellitian mengupulkan data dengan memakai cara memperlihatkan kuisioner atau obervasi eksklusif ke daerah penelitian. Sedangkan data sekunder yakni data penelitian yang di sanggup secara tidak langsung, mirip dari buku, catatan, bukti yang sudah ada, atau arsip baik yang sudah di publikasikan atau yang tidak di publikasikan secara umum.


Peneliti akan mengumpulkan data degan mendatangi perpustakaan, sentra kajian, daerah arsip, atu dengan membaca banyak sekali macam buku yang bekerjasama dengan topic penelitiannya. Berikut pengetian data primer dan skunder berdasarkan beberapa ahli.


Pengertian Data Primer dan Sekunder :



  1. Menurut Uma Sekaran


Data primer data yang diperoleh dari tangan pertama yang bekerjasama dengan variable minat untuk tujuan yang spesifik studi. Sumber data  primer yakni responden, kelompok focus, internet jikalau informasi tersebut disebarkan melalui internet. Sedangkan data sekunder yakni data yang dikumpulkan dari sumber yang sudah ada. Sumber data sekunder yakni dokumentasi perusahaan, publikasi pemerintah, analisis industry oleh media, situs web, dan lain sebagainya



  1. Menurut sugiyono


Data sekunder yakni bukan sumber data yang memperlihatkan informasi secara eksklusif kepada penggumpul penelitian. Dan data sekunder menjadi pendukung untuk keperluan data primer mirip buku. Literature, dan bacaan yang bekerjasama dengan pelaksanaan pengawasan kredit pada suatu bank.



  1. Meurut Umi Marinawati


Baca juga : Pengertian informasi


Data primer yakni berasal dari sumber asli. Data ini tidak tersedia dalam betuk terkompilasi atau bentuk file. Data ini harus dicari eksklusif melalui narasumber atau responden, biasanya obje yang dijadikan penelitian atau orang yang dijadikan sarana mendapat data. Sekian informasi mengenai pengertian data dan jenis jenis data penelitian, biar bermanfaat!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Data Dan Jenis Data Penelitian (Primer / Skunder)"

Posting Komentar