Mencari Nilai Perbandingan Trigonometri Pada Sudut Istimewa

Hai sahabat bangkusekolah.com. apa kabar kalian biar masih dibawah lindungan Allah Swt. Sehingga sahabat sanggup beraktivitas menyerupai biasanya. Kami harap sahabat masih ulet untuk berguru alasannya yaitu pada kesempatan kali ini kami akan membahas ihwal mempelajari mencari nilai perbandingan trigonometri pada sudut istimewa. Agar sahabat lebih gampang memahami mempelajari mencari nilai perbandingan trigonometri pada sudut istimewa yang diantaranya (30°, 45° dan 60°), terlebih dahulu harus paham dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku khsusnya dalam definisi sinus, cosinus dan tangen pada suatu sudut. Selain itu sahabat juga harus paham dengan rumus teorema pythagoras. Baiklah pribadi saja pada pembahasannya ya sobat, kini perhatikan gambar berikut ini.


 apa kabar kalian biar masih dibawah lindungan Allah Swt Mencari Nilai Perbandingan Trigonometri pada Sudut IstimewaPada gambar di atas merupakan gambar segitiga sama sisi dengan besar sudutnya  masing-masing yaitu 60°. Pada ΔABC tersebut ditarik sebuah garis tegak lurus dari titik C menuju titik D yang tegak lurus dengan garis AB, sehingga membagi sudut ACB menjadi dua bab yang besarnya sama yaitu 30°. Misalkan panjang AD = BD misalkan x, maka panjang AC = BC misalkan 2x. Dengan memakai rumus teorema pythagoras maka panjang CD sanggup diperoleh sebagai berikut:


AC2 = AD2 + CD2


CD2 = AC2 – AD2


CD2 = (2x)2 – x2


CD2 = 4x2 – x2


CD2 = 3x2


CD = √(3x2)


CD = x√3


Jadi, panjang CD = x√3


Sekarang sahabat mencari nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku ACD pada sudut 30°, diperoleh sebagai berikut:


sin 30° = AD/AC = x/2x = ½


cos 30° = CD/AC = x√3/2x = ½√3


tan 30° = AD/CD = x/x√3 = (1/3)√3


 


Sekarang sahabat mencari nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku ACD pada sudut 60°, diperoleh sebagai berikut:


sin 60° = CD/AC = x√3/2x = ½√3


cos 60° = AD/AC = x/2x = ½


tan 60° = CD/AD = √3x/x = √3


 


nah kini bagaimana dengan perbandingan trigonometri pada sudut 45° sobat? Silahkan perhatikan gambar segitiga siku-siku berikut ini.


 apa kabar kalian biar masih dibawah lindungan Allah Swt Mencari Nilai Perbandingan Trigonometri pada Sudut IstimewaSobat perhatikan segitiga ABC di atas dengan sudut siku-siku berada di titik A. Sudut A = 90°, sudut B =  C = 45°. Jika panjang AB = AC = x maka dengan rumus teorema pythagoras sahabat sanggup mencari panjang BC yaitu:


BC2 = AB2 + AC2


BC2 = x2 + x2


BC2 = 2x2


BC = x√2


 


Sekarang sahabat mencari perbandingan trigonometri pada sudut 45°, diperoleh sebagai beriktu:


sin 45° = AC/BC = x/x√2 = ½√2


cos 30° = AB/BC = x/x√2 = ½√2


tan 30° = AC/AB = x/x = 1


 


jadi, sahabat menurut klarifikasi diatas maka sanggup disimpulkan bahwa besarnya nilai perbadingan trigonometri pada sudut istimewa yang diantaranya (30°, 45°, dan 60°) akan terlihat menyerupai tabel berikut ini.


 apa kabar kalian biar masih dibawah lindungan Allah Swt Mencari Nilai Perbandingan Trigonometri pada Sudut IstimewaDengan keterangan: nilai sudut sin 30° yaitu ½, nilai sudut sin 45° yaitu ½ √2, nilai sudut sin 60° yaitu ½ √3, nilai sudut cos 30° yaitu ½ √3,  nilai sudut cos 45° yaitu ½ √2, nilai sudut cos 60° yaitu ½, nilai sudut tan 30° yaitu 1/3 √3, nilai sudut tan 45° yaitu 1, dan nilai sudut tan 60° yaitu √3.


 


Demikian untuk pembahasan mempelajari mencari nilai perbandingan trigonometri pada sudut istimewa yang diantaranya (30°, 45° dan 60°). Semoga bermanfaat dan sahabat faham dengan klarifikasi yang sudah kami berikan, kalau masih ada yang belum faham silahkan sahabat tanyakan pada bangkusekolah.com. mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan dan perhitungan dan atas kunjungan sahabat sekalian kami ucapkan banyak terima kasih.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mencari Nilai Perbandingan Trigonometri Pada Sudut Istimewa"

Posting Komentar