√ Mea Yaitu ? Pengertian Masyarakat Ekonomi Asean Dan Dampaknya

Apa itu MEA ? Kepanjangan dari MEA yaitu masyarakat ekonomi ASEAN. Mari kita bahas pengertian MEA semoga lebih jelas. Masyarakat ekonomi ASEAN atau MEA adalah sekelompok masyarakat yang saling terintegrasi satu sama lain dalam lingkup ASEAN adanya perdagangan bebas antara megara angota ASEAN yang telah disepakati bersama antar pemimpin Negara ASEAN untuk mengubah ASEAN menjadi daerah yang stabil, makmur, dan kompetitif dlam pembangunan ekonomi.


Pengertian MEA Menurut Para Ahli :



  1. Menurut Ir. Eddy Kuntadi


Masyarakat ekonomi ASEAN / MEA yaitu bentuk aktivitas yang mempunyai tujuan yaitu membuat ASEAN sebagai pasar tunggal dan kesatuan yang berbasis produksi, yang terjadi free flow atas barang, jasa, faktor produksi, investasi dan modal dan menghapus tariff untuk perdagangan antar Negara ASEAN.



  1. Menurut ASEAN.ORG


Masyarakat ekonomi ASEAN / MEA yaitu tujuan dari integrasi ekonomi regional daerah asia tenggara dan diberlakukan  pada tahun 2015.


 Kepanjangan dari MEA yaitu masyarakat ekonomi ASEAN √ MEA Adalah ? Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Dampaknya


Tujuan MEA Adalah :


Adapun tujuan didirikannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) untuk mengintegrasikan ekonomi di Negara asia tenggara yang sangat beraneka ragam menjadi pasar tunggal dengan total 625 juta orang dengan jumlah kombinasi GDP (gross domestic product) sebanyak US $ 2.5 triliun tahun 2014. MEA mempunyai beberapa visi untuk beberpa tahun kedepan yang tercetak pada AEC Blue print yaitu :



  1. Ekonomi yang terpadu dengan integrasi tinggi.

  2. ASEN kompetitif, inovatif, dan dinamis.

  3. Mengembangkan kerjasama dan korelasi banyak sekali faktor.

  4. Menjadi wilayah yang berorientasi kepada kesejahteraan individu

  5. ASEAN mendunia.


Karakteristik Masyarakat Ekonomi ASEAN :



  1. Pasar tunggal dan basis produksi.

  2. Wilayah yang kompetitif dari segi ekonomi.

  3. Wilayah yang ekonominya berkembang.

  4. Wilayah y ang berintegrasi dengan penuh menuju ekonomi global.


Ada beberapa dampak konkret dan negative MEA (masyarakat ekonomi ASEAN) sebagai berikut :




  1. Dampak konkret MEA




Dapat dilihat dari tujuan niscaya memperlihatkan banyak dampak konkret untuk Negara atu masyarakat. Berikut dampak konkret MEA:



  • Aspek perdagangan


Berkaitan dengan pasar bebas di daerah asia tenggara sehingga memperlihatkan dampak menonjol dan mempengaruhi kegiatan perdagangan. Dengan adanya ME kendala apa pun mengenai perdagangan sangat berkurang bahkan hamper tidak ada. Maka dari itu ini akan memperlihatkan dampak kepada kegiatan perdangan internasional terutama daerah asia tenggara, menyerupai peningkatan ekspor, peningkatan produksi secara kuantitas atau pun kualitas, menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Negara ASEAN, peningkatan devisa negaramelalui bea masuk barang.



  • Aspek investasi


Peningkatan akan masukanya investasi absurd yang memperlihatkan dampak pertumbuhan ekonomi dengan perkembangan teknologi, sumber daya manusia, lapangan kerja, dan susukan pasar duia yang mudah. Untuk investor terutapa pada sector ekonomi dan pengembangan perjuangan maupun perusahaan dalam negeri. Dari dampak ini meningkatkan investrasi menyerupai memperlebar peluang worausaha, peningakatan korelasi bisnis yang terbuka, memperlihatkan kesempatanuntuk unvestor baik investor kecil atu pun besar dan membri peluang untuk pemula ekonomi investasi.



  • Bidang ketenagakerja


Adanya peningkatan  lapangan kerja dan kesempatan kerja bagi masyarakat, mudahnya susukan mencari pekerjaan di luar negeri daerah asia tenggara, untuk pengusaha sanggup mempermudah mencari pekerja yang sesuai kriteria dan kemampuan. Dampak ini sanggup memperlihatkan peningkata kualitas keterampilan masyarakat, mendorong masyarakat semoga berpikir terbuka akan perubahan sosial budaya lantaran adanya pasar terbuka, dan meningkatkan persaingan sehat atar pekerja lapangan antar Negara.




  1. Dampak Negatif MEA





  • Segi kompetisi


Mningkatnya kompetisi terhadap produk dalam negeri dan luar negeri, lantaran berkurangnya kendala dan tidak ada batas wilayah atas barang dan jasa di daerah asia tenggara. Sehingga banya produk impor yang mengalir di suatu negar dan akan berdampak pad aproduk dalam negeri



  • Segi eksploitasi


Kemudahan dalam berinvestasi sehingga banyak perusahaaan absurd yang mengeksploitasi sumber daya alam maupun sumber daya manusia.



  • Bidang ketenagakerjaan


Meningkatnya persaingan dalam mendapat pekerja apalagi di dalam negeri lantaran pencari kerja bukan hanya masyarakat lokal bahkan masyarakt internasional terutama wilayah asia tenggara.


Baca juga : Perusahaan Manufaktur


Demikianlah rangkuman gosip mengenai pengertian masyarakat ekonomi ASEAN beserta tujuan , karakteristik, serta dampak yang disebabkan oleh adanya MEA. Semoga bisa memperlihatkan wawasan aksesori untuk teman- sahabat semuanya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Mea Yaitu ? Pengertian Masyarakat Ekonomi Asean Dan Dampaknya"

Posting Komentar