Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Temulawak dan keuntungannya sebagai flora herbal sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Jika dilihat sekilas, temulawak nampak mirip rimpang herbal lainnya yaitu lengkuas merah, temu putih, temu mangga, temu ireng dan temu-temuan lainnya. Hal ini terjadi alasannya ialah semuanya itu masih termasuk dalam flora herba suku temu-temuan. Dan juga sama-sama diandalkan sebagai tanaman obat untuk pengobatan tradisional. Bahkan secara fisik, pohonnya pun mirip pohon lengkuas. Yaitu berbatang semu dari pelepah-pelapah daunnya yang berwarna hijau, bisa tumbuh tegak mencapai 2 meter. Namun pohon temulawak mempunyai bunga manis yang juga tumbuh tegak. Kelopak berlapis-lapis tapi berjarak, bunganya berwarna putih dengan bulu-bulu halus dan ujungnya berwarna merah muda nyaris ungu.


 dan keuntungannya sebagai flora herbal sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat In Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan
Jika dilihat sekilas, rimpang temulawak mirip jahe da lengkuas. Hanya saja rimpang temulawak berukuran lebih besar.

Temulawak dengan naman latin Curcuma xanthorrhiza ini sanggup berguna alasannya ialah mempunyai banyak kandungan senyawa alami yang diharapkan oleh tubuh. Yaitu:


Daging rimpangnya kaya akan minyak atsiri , karbinol, fuloymetik, kamfer, tumerol atau minyak menguap, germakron dan glukosida. Selain itu, kandungan paling aktifnya ialah kurkumin yang bisa menjadi anti-inflamasi dan anti-hepototoksik pada tubuh. Di samping itu, kandungan nutrisi mirip protein juga karbohidratnya sanggup menjaga badan untuk selalu sehat. Dengan kandungan-kandungan tersebut, maka penyakit-penyakit yang sanggup disembuhkan dengan rimpang temulawak ialah sebagai berikut:





    • Menghentikan peradangan pada tubuh

    • Sebagai obat sakit limfa

    •  Mengatasi penyakit kanker

    • Sebagai obat liver

    • Mengatasi sakit ginjal

    • Menghentikan penyakit asma

    • Meningkatkan stamina tubuh

    • Mengontrol kolesterol

    • Memperbanyak produksi ASI

    • Serta mengatasi penyakit-penyakit umum yang biasa diderita mirip batuk, masuk angin, sakit pinggang, nyeri haid dan maag




 dan keuntungannya sebagai flora herbal sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat In Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan
Karena kaya akan kandungan senyawa alami yang ampuh menyembuhkan banyak penyakit, temulawak dibentuk menjadi kapsul herbal yang siap konsumsi.

Untuk mendapat khasiat temu lawak, maka sanggup dikonsumsi dalam bentuk mentahnya ataupun sesudah diolah. Biasanya lebih sering dibentuk menjadi jamu. Jamu dari materi temulawak sanggup Anda buat sendiri di rumah. Adapun cara menciptakan jamu temulawak ialah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:


Bahan:


Temulawak 100 gram, kencur 50 gram, asem jawa kawak yang bijinya sudah dikeluarkan 40 gram, jintan 20 gram, daun pandan segar 2 lembar, gula aren 200 gram, air masak 200 ml, dan 2 liter air putih.


Langkah-langkahnya:





    • Cuci higienis rimpang temulawak dan kencur memakai air bersih.

    • Setelah itu, irislah tipis-tipis keduanya, kemudian sangrai dalam waktu yang tidak lama. proses sangrai ialah menggoreng tanpa memakai minyak. Jadi, ambil wajan dan masukkan irisan-irisan temulawak dan kencur tadi dan bolak balikkan memakai sendok penyangrai.

    • Setelah di sangrai, masukkan dalam blender bersama bahan-bahan lainnya yaitu asem jawa kawak, jinten, kemudian tambahkan air matang. Blender sampai halus dan diamkan sejenak.

    • Selanjutnya, buat rebusan gres dengan materi gula aren dan daun pandan pada wadah panci. Tunggu sampai mendidih.

    • Kemudian, campurkan hasil blenderan temulawak tadi dengan rebusan gula aren dalam satu wadah. Aduk-aduk sampai tercampur rata semuanya dan saring airnya kedalam gelas.

    • Jamu temulawak buatan sendiri sudah siap untuk diminum. Rasanya yummy dan sangat segar.




 dan keuntungannya sebagai flora herbal sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat In Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan
Jamu lengkuas tidak hanya disenangi alasannya ialah khasiatnya, namun rasa dan kesegarannya juga menjadi daya tarik minuman tradisional ini.

Selain untuk kesehatan, kegunaan temulawak yang lainnya ialah untuk kecantikan. Banyak hebat yang mengemukakan bahwa kandungan minyak atsiri dalam temulawak bisa menghalang penuaan dini, mengencangkan kulit wajah, menghilangkan abuh beserta bekasnya, mengangkat flek-flek hitam dan melembankan kulit. Minyak atsiri ini juga bisa membersihkan darah kotor sehingga kulit terlihat cerah dan merona.


Untuk penggunaannya, temulawak bisa dijadikan masker wajah alami. Cukup tumbuk atau haluskan beberapa rimpang temulawak, lalu balurkan pada wajah secara merata. Tunggu beberapa menit, kemudian bilas wajah dengan air hangat. Sejak dulu, temulawak bahkan sudah menjadi salah satu materi putri-putri keraton untuk mempercantik diri dengan ramuan-ramuan tradisional temulawak. Namun kalau ingin lebih simpel lagi, kini produk-produk hasil olahan ekstrak dan sari temulawak sudah berbagai ditemukan di pasaran. Misalnya cream temu lawak, kapsul temu lawak, atau jamu temu lawak kemasan sachet.


 dan keuntungannya sebagai flora herbal sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat In Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan
Beberapa pola produk kecantikan olahan temulawak yang banyak dijual di pasaran.

Dari klarifikasi di atas, tentunya sudah tidak dipungkiri lagi khasiat temulawak sebagai pengobatan herbal terpercaya. Karena flora ini sanggup tumbuh dengan mudah, maka cobalah tanam di sekitar pekarangan rumah Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapat apotek herbal olahan sendiri kapanpun Anda membutuhkannya. Jika ingin mempunyai produk flora temulawak, silahkan klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar