Manfaat Bawang Dayak Untuk Menjaga Kesehatan Dari Banyak Sekali Penyakit

Bawang Dayak ialah salah satu tanaman umbi yang berasal dari hutan tempat Kalimantan Barat. Di banyak sekali negara, Bawang Dayak lebih dikenal dengan sebutan Eleutherine Bulbosa (nama latin Bawang Dayak). Sedangkan orang Dayak sendiri menyebut tanaman umbi ini dengan sebutan Bawang Hutan. Ironisnya, meskipun manfaat bawang dayak bagi kesehatan sangat berkhasiat, masih belum banyak orang mengenal tanaman umbi ini. Termasuk di kalangan masyarakat Indonesia sendiri.


Tumbuhan jenis umbi ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan badan manusia. Sehingga, banyak orang, khususnya masyarakat Indonesia, yang mulai memasukkan Bawang Dayak sebagai materi obat herbal atau rempah yang dicampur ke kuliner sehari-hari. Ketahui juga manfaat kopi untuk kesehatan.


Bentuk dan warna umbi bawang dayak hampir serupa dengan bawang merah biasa yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Akan tetapi bentuk bawang dayak sedikit lebih oval, lebih besar, dan warnanya juga lebih merah dibandingkan dengan bawang merah biasa.


10 Manfaat Bawang Dayak Bagi Tubuh Manusia


Sebelum kita mengulas banyak sekali manfaat bawang dayak bagi kesehatan, ada baiknya kita mengenal bebagai kandungan kimia penting yang dikandung oleh bawang dayak, yang diharapkan oleh tubuh, antara lain:



  • steroid,

  • alkaloid,

  • glikosida,

  • fenolik,

  • tannin,

  • alisin,

  • flavonoid, dan

  • saponin.


Hasil riset yang diadakan oleh Fakultas Farmasi ITB Bandung, ditemukan bahwa Bawang Dayak mempunyai banyak khasiat, antara lain:


Mengobati Kanker


Seperti yang disebutkan tadi, salah satu zat yang terkandung pada umbi Bawang Dayak ialah senyawa flavonoid. Zat tersebut merupakan salah satu jenis antioksidan yang sangat diharapkan oleh tubuh. Antioksidan ini sanggup mengobati kanker yang terdapat pada badan manusia. Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian yang dilaksanakan oleh beberapa ahli. Mengkonsumsi antioksidan yang bersumber dari materi alami, misalnya bawang dayak, lebih kondusif ketimbang antioksidan yang diperoleh dari obat kimia.


Mengobati Penyakit Jantung


Salah satu manfaat bawang dayak bagi kesehatan ialah mengobati penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit kronis yang menjadi penyebab utama kematian di Indonesia. Siapa saja bisa terkena serangan jantung, tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Oleh lantaran itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi kuliner sehat dan bergizi, khsusnya yang bersifat herbal. Salah satunya yang paling manis ialah dengan menjadikan bawang dayak sebagai asupan herbal sehari-hari.


Menurunkan Tekanan Darah


Seperti yang kita ketahui, tekanan darah tinggi sudah barang tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Karena tekanan darah tinggi sanggup menjadikan atau menimblkan duduk masalah kesehatan lain, menyerupai penyakit jantung. Salah satu cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi ialah dengan mengonsumsi bawang dayak secara rutin. Karena bawang dayak mengandung senyawa alisin yang bisa menurunkan tekanan darah, menyerupai pernyataan yang diutarakan oleh Prof. Dr. Sidik Apt.


Mengatasi Asam Urat


Penyakit asam urat disebabkan oleh kalsifikasi sendi. Oleh lantaran itu, diharapkan pelengkap yang bisa mengatasinya kalsifikasi sendi. Salah satunya ialah obat herbal yang sangat direkomendasikan, tak lain ialah bawang dayak. Manfaat bawang dayak yang manjur terhadap penanganan asam urat. Hal tersebut dikarenakan bahwa tanaman ini mengandung zat-zat alami yang berpengaruh melawan asam urat, menyerupai glikosida, tani, alkanoid dan steroid. Disamping itu, bawang dayak juga mempunyai kegunaan untuk mencairkan penggumpalan zat asam dalam badan dan sekaligus memperlancar pemikiran darah.


Meringankan Asma


Sudah niscaya penderita asma sangat tersiksa atas sesaknya sistem pernafasan yang memasok oksigen ke dalam tubuh. Akan tetapi, ada kabar baik bagi penderita asma. Karena salah satu manfaat baawng dayak yang sangat mujarab ialah bisa dijadikan sebagai herbal alternatif untuk meredakan asma disamping minum obat resep dokter.


Mengobati Bronkitis


Bronkitis merupakan suatu penyakit yang menyerang bronkus. Padahal fungsi bronkus pada sistem pernapasan insan sangat penting. Jika terjadi duduk masalah pada bronkus, maka sistem pernapasan akan mengalami duduk masalah yang serius. Masalah serius tersebut sanggup mengakibakan kurangnya suplai oksigen ke dalam tubuh. Apabila penyakit bronkitis dibiarkan berlama-lama, bisa menjadikan duduk masalah kesehatan lain yang lebih serius. Cara penyembuhan bronkitis yang sangat dianjurkan sebagai alternatif obat resep dokter ialah dengan mengonsumsi bawang dayak secara rutin.


Bagus untuk Kesehatan Ginjal


Banyak yang sudah pertanda bahwa manfaat Bawang Dayak bagi kesehatan sangat luar biasa. Salah satu keuntungannya ialah untuk menjaga kesehatan ginjal. Pernyataan tersebu diperkuat dengan fakta bahwa bawang merah mengandung senyawa aktif yang mempunyai kegunaan untuk menjaga kesehatan ginjal.


Mengatasi Epilepsi


Epilepsi atau kejang atu lebih dikenal dengan sebutan ayan juga bisa diobati dengan mengonsumsi bawang dayak secara teratur. Keluarga bersahabat penderita epilepsi juga harus tahu cara mengatasi epilepsi kalau terjadi kambuh. Karena banyak keluarga atau kerabat penderita epilepsi yang salah kaprah dalam menangani penderita epilepsi yang lagi kambuh. Supaya lebih jelas, sangat dianjurkan semoga menanyakannya ke dokter untuk penanganan yang lebih serius.


Mengatasi Insomnia


Insomnia ialah suatu jenis penyakit yang menciptakan penderitanya susah tidur atau insomnia nyenyak. Ada banyak sekali hal yang bisa memicu insomnia pada manusia. Baca juga artikel Wongunik yang memulas cara mengatasi susah tidur lantaran banyak pikiran. Masalah tidur yang tidak alami tersebut sanggup diatasi dengan cara alami, yaitu dengan mengkonsumsi bawang dayak.


Mengobati Kista


Ternyata pengobatan Kista tidak hanya melalui proses operasi saja. Tetapi penyakit ini juga bisa diobati dengan mengkonsumsi bawang dayak secara rutin. Akan tetapi, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu menyerupai apa pengobatan Kista secara herbal memakai Bawang Dayak. Ada juga beberapa jenis kista yang bisa lenyap dengan sendirinya kalau ukurannya tidak terlalu besar. Apabila ukuran kista sudah terlalu besar, maka kista tersebut harus segera dioperasi yang ditangani oleh dokter ahli.


Jangan lewatkan juga khasiat daun kelor bagi kesehatan tubuh.


Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak


Bawang Dayak ialah salah satu tanaman umbi yang berasal dari hutan tempat Kalimantan Bara Manfaat Bawang Dayak untuk Menjaga Kesehatan dari Berbagai Penyakit


Kita bisa mengonsumsi bawang dayak dengan tiga cara, yaitu dimakan kering, dimakan segar atau dijadikan minuman herbal. Ketiga cara tersebut mempunyai manfaat yang sama bagi tubuh. Berikut cara sederhana menciptakan ramuan herbal berbahan Bawang Dayak:



  1. Ambil lima siung bawang dayak yang masih utuh.

  2. Bersihkan bawang tersebut dengan cara dicuci dengan air bersih.

  3. Kemudian, cincang kelima bawang dayak tersebut hingga ukurannya menjadi kecil-kecil.

  4. Sediakan panci dan diisi air, kemudian masukkan bawang dayak yang sudah dicincang ke dalam panci berisi air tersebut.

  5. Setelah itu, rebus hingga airnya mendidih dan volumenya sedikit berkurang.

  6. Angkat ramuan tersebut, saring airnya dan dituangkan ke dalam mangkuk atau gelas.

  7. Ramuan herbal bawang dayak siap diminum.

  8. Untuk menjaga kesehatan, ramuan bisa diminum satu gelas dalam sehari. Sedangkan untuk pengobatan, disarankan diminum secara teratur dua kali sehari.


Manfaat bawang dayak bagi kesehatan badan insan telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Bandung.


Peringatan


Untuk mendapat manfaat bawang dayak secara maksimal dengan dijadikan sebagai obat herbal alami, sangat dianjurkan semoga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Bawang Dayak Untuk Menjaga Kesehatan Dari Banyak Sekali Penyakit"

Posting Komentar