Kerusakan Lingkungan Dan Upaya Mengatasinya

Hai teman bangkusekolah.com, kau sudah tahu bukan bahwa kepadatan penduduk yang tidak terkendali akan membawa pengaruh terhadap kerusakan lingkungan.


 kau sudah tahu bukan bahwa kepadatan penduduk yang tidak terkendali akan membawa pengaruh  Kerusakan Lingkungan dan Upaya Mengatasinya

Lingkungan dianggap rusak kalau keseimbangan ekosistemnya telah tergangu. Banyak acara insan dan perkembangan teknologi telah menciptakan lingkungan rusak dan mengakibatkan banyak sekali macam pencemaran.


Pencemaran merupakan masuknya makhluk hidup, zat, atau energi ke dalam lingkungan yang menjadikan menurunnya kualitas lingkungan hingga pada tingkatan tertentu.

Polutan merupakan zat yang sanggup mengakibatkan pencemaran. Sesuatu sanggup disebut sebagai polutan jikalau sanggup membahayakan kesehatan dan kehidupan makhluk hidup lainnya.


Ada beberapa jenis kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh acara manusia, mari kita bahas satu per satu:


Pencemaran Air

Ada beberapa ciri air keruh yaitu :

a. Berwarna atau keruh

b. Mempunyai bau

c. pH asam atau basa

d. terdapat banyak sekali zat kimia berbahaya


Pencemaran air sanggup saja terjadi baik di perairan darat maupun perairan laut. Contoh perairan darat yaitu sungai, danau dan rawa.


Penyebab kerusakan perairan darat :

a. Adanya limbah industry dan rumah tangga

contohnya, pembuangan materi kimia berbahaya ke sungai tanpa adanya pengolahan limbah. Dengan adanya zat itu, ekosisitem perairan darat sanggup mati serta air ini akan membahayakan insan yang meminumnya.


Kemudian, limbah rumah tangga ibarat detergen dan pupuk juga berbahaya. Pupuk yang terbawa arus perairan darat akan menyuburkan tumbuhan gulma ibarat ganggang dan enceng gondok. Kalau ada banyak ganggang dan enceng gondok yang tumbuh, oksigen akan terserap sehingga ikan-ikan akan kekurangan oksigen.


b. Penggundulan hutan.

Perairan bahari sanggup terkotori lantaran adanya limbah yang berasal dari perairan darat ibarat sungai. Dengan begitu, akan terjadi eutrofikasi di laut. Jenis ganggang yang sanggup hidup subur di bahari ialah Gelidum. Dengan adanya banyak gelidum, bahari akan berubah warna menjadi kemerahan. Hal ini disebut pasang merah.


Cara mengatasi pencemaran air, yaitu:

a. Jangan membuang limbah cari pribadi ke lingkungan. Namun, olahlah terlebih dahulu. Berikut ini cara mengolah limbah yang baik sebelum dibuang:

– Pengolahan primer : limbah disaring kemudian diendapkan.

– Pengolahan sekunder : menambah kuman aerobic ke limbah supaya kadar racunnya berkurang hingga 90%.

– Pengolahan lanjutan : misalnya dengan pertolongan desinfektan sehingga sisa-sisa zat kimia, biro biologis, dan partikel-partikel yang tertinggal sanggup hilang.

b. Diberi penyuluhan dan pengawasan penggunaan pupuk pada lahan pertanian semoga dilakukan efisien.

c. Dilakukan pengawasan terhadap batas minimal kandungan fosfat dalam detergen atau materi pencuci dalam rumah tangga.


Pencemaran Tanah

Hubungan pencemaran tanah sangat bersahabat dengan pencemaran perairan.

Penyebab pencemaran tanah :

a. Adanya limbah rumah tangga

b. Adanya limbah industri

c. Adanya nuklir

d. Sampah perkotaan


Sampah merupakan hal yang paling mengakibatkan adanya pencemaran tanah. Jenis sampah yang sanggup dihancurkan oleh saprofit dan pengurai yaitu sampah organik. Sampah anorganik tidak sanggup dihancurkan ibarat deterjen, oli mesin, karet, kaleng, beling dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut akan tetap berbentuk utuh jikalau di atas tanah. Oleh lantaran itu, benda-benda tersebut sebagai materi pencemar pada tanah.


Cara mencegah dan mengatasi pencemaran tanah :

a. Sampah-sampah yang masih sanggup dipakai sebaiknya didaur ulang semoga sanggup dipakai kembali.

b. Buanglah sampah pada tempatnya.

c. Pisahkan sampah yang gampang terurai dan yang sulit terurai.

d. Gunakan pestisida sesuai aturan, jangan berlebihan.

e. Jangan menebang hutan secara liar


Pencemaran Udara

Beberapa gas yang dianggap berbahaya apabila melebihi ambang batas tertentu yaitu SO2, NO, CO2, CO, dan CFC. Ketika SO2 bertemu dengan oksida nitrogen (NO2) sanggup mengakibatkan terjadinya hujan asam. Hujan asam merupakan hujan yang mempunyai tingkat keasaman air rendah. Hujan ini sanggup membunuh bibit-bibit ikan dan merusak banyak sekali gedung bangunan.


Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yaitu:

a. Jangan mengkremasi bahan-bahan beracun di kawasan terbuka.

b. Kurangi atau hentikan pemakaian zar aerosl dalam penyemprotan ruang.

c. Gunakanlah materi bakar yang mengeluarkan sedikit asap, ibarat materi bakar gas elpiji.

d. Batasi penggunaan Freon (AC)

e. Menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja.


Daur Ulang Limbah

Sebaiknya, limbah janganlah dibuang semua lantaran sanggup merugikan lingkungan. Kamu pastinya tahu kalau ada jenis barang yang sanggup hancur di atas tanah, dan ada juga yang tidak. Sebagian limbah yang masih sanggup digunakan, sebaiknya dimanfaatkan kembali. Jenis limbah ini disebut reuse. Contohnya, botol kaca, botol plastic, ban bekas untuk pot tanaman, dan sampah untuk pupuk.


Kemudian, ada jenis limbah yang sanggup bermanfaat kembali sesudah di daur ulang (recycle). Contohnya yaitu plastic, kertas, logam, dan kaca. Barang-barang tersebut sanggup dicetak ke banyak sekali jenis barang sesudah dilebur. Dengan teknologi yang sudah maju, barang-barang hasil daur ulang tak kalah dengan barang gres lho.


Untuk mencegah kerusakan lingkungan, kau harus mengikuti semboyan 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle.

Reduce yaitu gunakan barang secara efisien sehingga mengurangi jumlah sampah, reuse yaitu penggunaan kembali dan recycle yaitu mendaur ulang sampah.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kerusakan Lingkungan Dan Upaya Mengatasinya"

Posting Komentar