Kelebihan Student Team-Achievement Divisions (Stad)

Dalam Student Team-Achievement Divisions (STAD), siswa dibagi dalam tim berguru yang terdiri atas empat anggota yang merupakan adonan dari banyak sekali level akademis, jenis kelamin, dan etnis (Slavin, 2008: 285). Menurut  Slavin (2008) kelebihan STAD ditinjau dari enam faktor:

Tujuan pendidikan STAD
Tujuan pendidikan STAD ialah meningkatkan pengetahuan umum dan keterampilan dasar siswa. Tujuannya sanggup dideskripsikan sebagai berorientasi produk dan dihitung dengan tes kemampuan standar.

Hakekat belajar
Dalam hal belajar, STAD menitikberatkan pada penguasaan bahan meskipun juga sering melibatkan berguru keterampilan interpersonal.

Sifat kerjasama
Di dalam kelompok, STAD menekankan struktur tutorial teman sebaya. Semua siswa saling membantu. STAD menawarkan suasana netral dalam berhubungan antar kelompok. 

Peran siswa dan proses komunikasinya
Semua metode berguru kooperatif menuntun siswa untuk mendapat pengalaman tugas yang berbeda dibandingkan dengan metode tradisional. Pada kelas tradisional, siswa biasanya berperan sebagai akseptor isu yang pasif, sedangkan pada acara kooperatif siswa mengalami pengembangan peran. Pengembangan ini berdampak pada perkembangan siswa.

Peran guru
Peran guru dalam acara kooperatif juga berubah. Dalam STAD guru sanggup bekerja dengan siswa secara individual atau mungkin kelompok.

 siswa dibagi dalam tim berguru yang terdiri atas empat anggota yang merupakan adonan da Kelebihan Student Team-Achievement Divisions (STAD)

Evaluasi
Sumber penilaian pada STAD ialah guru. Guru menilai performa individu dalam turnamen, kuis atau tes.

Sumber:
Slavin, Robert. E. 2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Terjemahan Lita. Bandung: Nusa Media.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kelebihan Student Team-Achievement Divisions (Stad)"

Posting Komentar