Kedudukan Garis Dengan Garis Dan Bidang Dengan Bidang Pada Dimensi Tiga

Hai sahabat bangkusekolah.com, apa kabar sahabat sehat – sehat. Semoga masih semangat untuk belajar, sebab sahabat dalam kesempatan ini akan mempelajari kedudukan garis dengan garis dan bidang dengan bidang pada dimensi tiga. Sebelumnya sahabat bangkusekolah.com sudah mengulas ihwal kedudukan titik terhadap garis dan bidang, serta kedudukan garis terhadap garis dan bidang. Pada pembahasan kali ini kedudukan bidang dengan bidang lainnya pada dimensi tiga. Sekarang perhatikan gambar di bawah ini.


 sebab sahabat dalam kesempatan ini akan mempelajari kedudukan garis dengan garis dan bidan Kedudukan Garis dengan Garis dan Bidang dengan Bidang pada Dimensi TigaPada gambar di atas merupakan gambar sebuah lorong di sekolah. Coba sahabat perhatikan Lorong tersebut diapit oleh dua buah dinding bukan. Bagaimanakah kedudukan kedua dinding tersebut? untuk menjawab pertanyaan tersebut sahabat harus paham dengan konsep kedudukan bidang terhadap bidang lainnya. Kedudukan bidang terhadap bidang lain ada tiga kemungkinan, yaitu berimpit, sejajar, dan berpotongan.


Dua Bidang Berimpit


Sobat dua bidang dikatakan berimpit, kalau setiap titik terletak pada kedua bidang, menyerupai gambar berikut ini.


 sebab sahabat dalam kesempatan ini akan mempelajari kedudukan garis dengan garis dan bidan Kedudukan Garis dengan Garis dan Bidang dengan Bidang pada Dimensi TigaDua Bidang Sejajar


Sobat dua bidang dikatakan sejajar, kalau kedua bidang tersebut tidak memiliki satu pun titik persekutuan, menyerupai gambar berikut ini.


 sebab sahabat dalam kesempatan ini akan mempelajari kedudukan garis dengan garis dan bidan Kedudukan Garis dengan Garis dan Bidang dengan Bidang pada Dimensi Tiga


Dua Bidang Berpotongan


Sobat dua bidang dikatakan berpotongan, kalau kedua bidang tersebut memiliki sebuah garis persekutuan, menyerupai gambar berikut ini.


 sebab sahabat dalam kesempatan ini akan mempelajari kedudukan garis dengan garis dan bidan Kedudukan Garis dengan Garis dan Bidang dengan Bidang pada Dimensi TigaSobat untuk memantapkan pemahaman ihwal kedudukan bidang dengan bidang lainnya, silahkan simak referensi soal berikut ini.



  1. Contoh Soal


Perhatikan kubus ABCD.EFGH pada gambar berikut ini.


 sebab sahabat dalam kesempatan ini akan mempelajari kedudukan garis dengan garis dan bidan Kedudukan Garis dengan Garis dan Bidang dengan Bidang pada Dimensi Tiga



  1. a) Sebutkan tiga pasang bidang yang sejajar.

  2. b) Sebutkan dua pasang bidang yang berpotongan.


Penyelesaian:



  1. a) untuk Bidang EFGH sejajar dengan bidang ABCD, untuk bidang ABFE sejajar dengan bidang CDHG, dan untuk bidang ADHE sejajar dengan bidang BCGF.

  2. b) Bidang ABGH berpotongan dengan bidang CDEF dan bidang BCHE berpotongan dengan bidang ADGF yang disebut perpotongan pada bidang diagonal.



  1. Contoh Soal


Perhatikan kubus di bawah ini.


 sebab sahabat dalam kesempatan ini akan mempelajari kedudukan garis dengan garis dan bidan Kedudukan Garis dengan Garis dan Bidang dengan Bidang pada Dimensi TigaBidang pada sisi CDHG misal sebagai wakil bidang u. Tentukan bidang sisi kubus yang:



  1. berimpit dengan bidang u

  2. sejajar dengan bidang u

  3. berpotongan dengan bidang u


Penyelesaian:


Bidang pada sisi kubus yang:



  1. berimpit dengan bidang u ialah sisi CDHG

  2. sejajar dengan bidang u ialah ABFE

  3. berpotongan dengan bidang u ialah ABCD.


Selanjutnya sahabat akan membahas ihwal kedudukan garis terhadap garis. Sebagai ilustrasi kini perhatikan gambar berikut ini.


Perhatikan gambar di atas sebab sahabat dalam kesempatan ini akan mempelajari kedudukan garis dengan garis dan bidan Kedudukan Garis dengan Garis dan Bidang dengan Bidang pada Dimensi Tiga, kalau kabel listrik tersebut sahabat anggap sebagai garis. Bagaimanakah letak atau kedudukan kabel dengan kabel lainnya?


Kedudukan Garis Terhadap Garis


Konsep ini sudah Sobat pelajari pada ketika Sobat duduk di kursi SMP/MTs sederajat. Akan tetapi sahabat diberikan suatu referensi soal di bawah ini untuk memantapkan pemahaman Sobat ihwal konsep kedudukan garis terhadap garis.


Contoh Soal 1


Perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH berikut ini


 sebab sahabat dalam kesempatan ini akan mempelajari kedudukan garis dengan garis dan bidan Kedudukan Garis dengan Garis dan Bidang dengan Bidang pada Dimensi TigaPada gambar di atas, rusuk AB sebagai wakil dari garis g. Sebutkan rusuk kubus ABCDEFGH yang:


(a). berpotongan dengan garis g;


(b). sejajar dengan garis g;


(c). bersilangan dengan garis g


Penyelesaian:


Rusuk kubus ABCDEFGH yang:


(a). berpotongan dengan garis g ialah AD, AE, BF, dan BC;


(b). sejajar dengan garis g ialah DC, EF, HG;


(c). bersilangan dengan garis g ialah CG, DH, EH dan FG.


Demikian untuk pembahasan kali ini supaya bermanfaat kalau masih belum faham dan mengerti sahabat pribadi bertanya pada bangkusekolah.com. “jangan pernah mengalah untuk berguru sebab hasil dan prosesnya tidak akan dimiliki oleh orang lain melainkan akan dimiliki diri sendiri”. Terimakasih atas kunjungannya dan mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan atau bahasa atau penghitungan.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kedudukan Garis Dengan Garis Dan Bidang Dengan Bidang Pada Dimensi Tiga"

Posting Komentar