Jurusan Transportasi Laut

Jurusan Transportasi Laut – Indonesia merupakan negara maritim besar dan transportasi bahari mempunyai tugas vital dalam pembangunan nasional dan merupakan infrastruktur dan tulang punggung kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian sanggup dikatakan bahwa sektor transportasi (khususnya transportasi bahari bagi negara kepulauan menyerupai Indonesia) yaitu merupakan fundamen (dasar) dari seluruh kehidupan ekonomi dan kualitas hidup suatu bangsa.


Untuk sanggup mengelola sektor transportasi bahari secara optimum diperlukan adanya sumber daya insan yang mempunyai kompetensi khusus yang tinggi dalam bidang transportasi laut. Salah satu cara peningkatan kualitas sumber daya insan yaitu melalui pendidikan khususnya pendidikan tinggi. Hal ini sejalan dengan agenda pemerintah dalam upaya memberdayakan industri pelayaran nasional.


Apa yang di pelajari di Jurusan Transportasi Laut?


 Indonesia merupakan negara maritim besar dan transportasi bahari mempunyai tugas vital dala Jurusan Transportasi Laut


Jurusan Transportasi Laut mempunyai 3 kompetensi besar:



  1. Pelayaran

  2. Pelabuhan

  3. Logistik


Secara fundamental jurusan ini berbeda dengan Akademi Pelayaran, Teknik Perkapalan, Teknik Sipil maupun Teknik Industri. Jurusan ini lebih menjurus pada desain konseptual di sisi demand. Desain konseptual di sini berarti perhitungan pra desain yang dihasilkan dari seruan akan produk tersebut. Gambaran umum sebagai berikut:


 Indonesia merupakan negara maritim besar dan transportasi bahari mempunyai tugas vital dala Jurusan Transportasi Laut


Prospek Pekerjaan Jurusan Transportasi Laut


Jadi sanggup di bilang ini mirip-mirip Teknik Industri kalo di FTI ( Fakultas Teknologi Industri). Di ITS sendiri jurusan ini termasuk dalam FTK (Fakultas Teknologi Kelautan) bersama 3 jurusan kelautan lainnya; Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan. Dalam rumpun fakultas kita paling erat sama Teknik Perkapalan sebab Transportasi Laut sendiri sejarah nya merupakan prodi dari Teknik Perkapalan. Di semester 1-2 biasa nya kita masih se kelas sama anak Teknik Perkapalan. Jangan kira kalo fakultas teknik kelautan dominan pemuda ya, emang sih dominan pemuda tapi di jurusan transportasi bahari ini jumlah cewek nya udah meningkat kok. kalo mau tau lebih jauh cek : seatrans.its.ac.id



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jurusan Transportasi Laut"

Posting Komentar