Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi – Mendengar kata psikologi, apa sih yang ada di benakmu? Dukun? Peramal? Tempat curhat? Orang yang bisa baca pikiran? Atau yang lainnya? Mungkin sebagian besar orang awam masih berpikiran bahwa psikologi yakni hal-hal yang saya sebutkan sebelumnya. Namun, apa sih bahu-membahu psikologi itu?


 Mungkin sebagian besar orang awam masih berpikiran bahwa psikologi yakni hal Jurusan Psikologi


Apa psikologi dan apa aja yang dipelajari di jurusan psikologi?


Secara bahasa, psikologi berasal dari bahasa Yunani, yakni psyche dan logos. Psyche mempunyai arti “jiwa”, dan logos artinya “ilmu”. Sehingga, secara sederhana sanggup dikatakan bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari wacana jiwa. Lebih lengkapnya, psikologi yakni salah satu cabang ilmu yang mempelajari wacana pemikiran dan tingkah laris manusia. Artinya, hampir segala macam hal yang dilakukan oleh insan dipelajari di dalam ilmu psikologi.


Perilaku-perilaku yang dipelajari biasanya tergambarkan dari mata kuliah yang diambil. Misalnya, di mata kuliah Sistem Syaraf dan Tingkah Laku, kamu akan mempelajari wacana acara sistem syaraf dan otak yang mempengaruhi sikap manusia. Contoh sederhananya, kalau contohnya seseorang lagi jatuh cinta, bab otak mana sih yang aktif? Atau contohnya ketika seseorang merasa sakit, bagaimana cara syaraf memberikan rasa tersebut ke otak? Dan sebagainya.


Ada lagi mata kuliah Psikologi Perkembangan, dimana kita akan berguru wacana perkembangan fisik dan psikis insan semenjak lahir sampai menjelang wafat. Misalnya, bahu-membahu usia remaja itu sudah pas belum sih untuk mulai menjalin kekerabatan romantis (atau yang biasa disebut dengan pacaran) dengan lawan jenis? Atau ketika kamu memasuki tahapan lanjut usia, bagaimana sih perubahan fisik dan psikis yang akan terjadi? Dan sebagainya.


Ada lagi yang mungkin menarik buatmu, yakni mata kuliah Teori Kepribadian, yang mana kamu akan berguru wacana karakteristik dan kepribadian insan secara lengkap. Misalnya, orang dengan kepribadian ekstrovert dan/atau introvert itu menyerupai apa sih? Dan banyak sekali macam teorinya akan kamu pelajari, sehingga pada nantinya, ketika kamu sudah menjadi lulusan psikologi, kamu akan bisa melihat sikap seseorang dan “menduga” kepribadian atau karakteristiknya.


Mata kuliah Metode Intervensi mengajarkan mahasiswanya untuk menjadi seorang pendengar yang baik. Makanya mungkin kamu akan merasa nyaman ketika curhat ke seorang mahasiswa ataupun Psikolog, alasannya yakni kami memang mempelajari hal tersebut.


Satu lagi mata kuliah yang menarik yaitu Hubungan Interpersonal. Buat kamu yang mau berguru wacana cinta, persahabatan, cemburu, selingkuh, dan lain-lain, di mata kuliah ini kamu akan berguru secara lengkap. Misalnya, karakteristik seseorang yang lagi jatuh cinta itu menyerupai apa? Bisa kamu bayangkan, mahasiswanya saja mempelajari cinta untuk memastikan kualitas cinta yang diberikan kepada pasangannya selalu jadi yang terbaik, hehe.


Banyak sekali mata kuliahnya kalau harus digambarkan satu persatu. Intinya, bidang psikologi itu banyak! Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Klinis, Psikologi Eksperimen, Psikologi Perkembangan, Psikologi Olahraga, Psikologi Penerbangan, dan lain-lain. Pokoknya seru!


Prospek Kerja Jurusan Psikologi


Perlu kamu ketahui bahwa untuk menjadi seorang Psikolog (profesi), sesudah menuntaskan masa studi selama kurang lebih 4 tahun di universitas, kamu perlu melanjutkan studi ke jenjang S2 Profesi. Namun, bukan berarti lulusan jenjang S1 (Sarjana Psikologi dengan gelar S.Psi) tetap mempunyai prospek kerja yang sangat banyak! Kamu bisa menekuni bidang kerja yang sesuai dengan minatmu, diantaranya:


1. HRD

Jika kamu berminat untuk bekerja di bidang industri atau organisasi, nantinya kamu bisa mengambil posisi di HRD perusahaan apapun yang ada di dunia. Kenapa? Karena semua perusahaan niscaya mempunyai HRD untuk menjamin kesejahteraan karyawannya dan mengkondusifkan lingkungan kerja.


2. Konsultan

Mahasiswa yang berguru ilmu sikap insan di bidang tertentu pastinya akan mempunyai penguasaan lebih. Jika kamu menekuni ilmu Psikologi Perkembangan, maka kamu dapat menentukan profesi sebagai konsultan perkembangan anak, remaja, ataupun dewasa. Jika kamu menekuni ilmu Psikologi Klinis, kamu tentu sanggup menjadi konsultan permasalahan kesehatan mental ataupun gangguan kejiwaan.


3. Konselor

Jika kamu senang berinteraksi dengan individu ataupun masyarakat, menjadi konselor merupakan pilihan yang tepat. Kamu dapat menangani permasalahan individu ataupun masyarakat dengan metode konseling yang tentunya sudah diajarkan ketika menjalani perkuliahan, sehingga permasalahan yang kamu tangani sanggup terselesaikan dengan efektif.


4. Analis

Keberatan dengan kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh pemerintah? Ingin menciptakan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik? Jika kamu berminat menekuni bidang pendidikan, menjadi seorang analis jadi pilihan yang tepat. Mahasiswa psikologi yang mempelajari proses perkembangan insan sekaligus mempelajari Psikologi Pendidikan tentunya bisa melaksanakan analisis terhadap kebijakan kurikulum yang dibentuk oleh pihak yang berwenang. Misalnya, apakah materi tertentu sudah sesuai kalau harus diberikan kepada siswa tingkatan kelas tertentu, atau bahu-membahu untuk anak seusia SD, materi pelajaran apa yang sesuai untuk mendukung perkembangannya secara maksimal? Kamu juga sanggup melaksanakan analisis di bidang lain yang kau minati.


5. Peneliti

Suka dengan dunia penelitian? Ingin menunjukan dugaan yang kau punya terkait fenomena dalam diri insan yang terjadi? Dengan mendalami ilmu psikologi, kamu dapat menunjukan hal-hal yang mungkin dikala ini kamu percayai benar, namun ternyata sesudah dilakukan penelitian akhirnya salah. Misalnya, apakah benar kalau golongan darah besar lengan berkuasa terhadap kepribadian manusia? Dan fenomena menarik lainnya. Jurusan psikologi mempelajari metode penelitian dan statistika secara mendalam, sehingga para lulusannya pun dibutuhkan bisa untuk menciptakan penelitian-penelitian yang akan mendukung berkembangnya ilmu pengetahuan di Indonesia, bahkan dunia. Semua perusahaan pun sudah mempunya bidang R&D (Research and Development) untuk melaksanakan penelitian yang sanggup mempunyai kegunaan bagi perusahaan, sehingga kamu yang punya minat meneliti mempunyai lapangan kerja yang luas.


6. Dosen

Kamu ingin mengabdi untuk dunia pendidikan? Ingin memberikan kembali ilmu yang sudah diperoleh kepada calon-calon lulusan jurusan psikologi? Maka ini pilihan tepat. Tentunya sesudah proses berguru selama kurang lebih 4 tahun, disertai dengan masa studi S2, kapasitasmu untuk menjadi seorang pengajar mata kuliah yang berkaitan dengan psikologi di universitas tidak perlu diragukan lagi. Kamu hanya perlu untuk berguru menjadi seorang penyampai anutan yang baik untuk mendukung ilmu yang sudah kamu punya. Tentunya dengan semakin berkembangnya ilmu psikologi, institusi-institusi membutuhkan para pengajar yang kompeten. Apakah kau salah satunya?


7. Guru Bimbingan dan Konseling

Pernah masuk ruang guru BK dikala SMA? Ingin menjadi sosok yang teduh dan menyenangkan untuk siswa biar bisa meningkatkan potensi belajarnya? Maka kamu bisa menjadi guru BK sesudah menuntaskan studi di jurusan psikologi. Berkembangnya dunia pendidikan tentu memperlihatkan imbas tertentu terhadap para siswa, sehingga sangat memungkinkan terjadinya masalah-masalah berguru menyerupai kurangnya motivasi, kesalahan metode belajar, dsb. Nah, kiprah guru BK salah satunya yakni membimbing siswa untuk bisa memotivasi dirinya sendiri dan menemukan potensi terbaiknya.


8. Motivator (Public Speaker)

Suka berbicara di depan umum? Mampu mengajak orang lain untuk melaksanakan kebaikan? Senang memotivasi orang lain? Maka pilihan karir sebagai public speaker (motivator) menjadi hal yang sempurna sesudah lulus dari jurusan psikologi. Kamu bisa menyebarkan kebaikan dengan meningkatkan motivasi di dalam diri orang lain, juga punya waktu kerja yang fleksibel sesuai dengan perjanjian dengan pihak yang mengundang.


Dan masih banyak sekali bidang-bidang pekerjaan lainnya yang kamu bisa pilih, selama masih terdapat insan di dalamnya. Kenapa menyerupai itu? Karena psikologi merupakan ilmu yang mempelajari wacana sikap manusia.


Human learns about physic, chemistry, technology, biology, etc. But, we learn about them.


Daftar Kampus yang terdapat Jurusan Psikologi


Nah, kamu dapat mempelajari psikologi di universitas yang kamu inginkan. Umumnya, prodi Psikologi masuk ke dalam rumpun IPS, menyerupai di Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan sebagainya. Namun, beberapa universitas menyerupai Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) membuka prodi Psikologi dalam rumpun IPA. Jalur masuknya pun sama menyerupai universitas lain pada umumnya, SNMPTN, SBMPTN, dan jalur berdikari masing-masing universitas. Terkait info lintas jurusan, beberapa universitas memang memperbolehkan untuk lintas jurusan melalui jalur SNMPTN. Namun memang persentase kelulusannya lebih kecil dibandingkan mereka yang berasal dari jurusan yang selaras. Oleh alasannya yakni itu, kalau ingin mempunyai peta persaingan yang seimbang, silahkan manfaatkan jalur ujian tulis yang memang mengesampingkan jurusan dikala SMA.


(Baca: Lintas Jurusan SNMPTN, Bolehkah Anak IPA Daftar Jurusan IPS?)


Secara keseluruhan, ada 110 perguruan tinggi tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun PTS, yang menyediakan jadwal studi S-1 Psikologi. Dari 110 perguruan tinggi tinggi tersebut, ada 13 perguruan tinggi tinggi yang mempunyai jurusan psikologi dengan legalisasi A, yaitu (urutan sesuai abjad):

























































































Perguruan TinggiJenisProgram StudiAkreditasi
Universitas Airlangga (Unair), SurabayaPTNPsikologiA
Universitas Gadjah Mada (UGM), YogyakartaPTNPsikologiA
Universitas Gunadarma, DepokPTSPsikologiA
Universitas Indonesia (UI), JakartaPTNPsikologiA
Universitas Islam Indonesia (UII), YogyakartaPTSPsikologiA
Universitas Nasrani Indonesia Atma Jaya, JakartaPTSPsikologiA
Universitas Mercu Buana Yogyakarta, BantulPTSPsikologiA
Universitas Muhammadiyah Malang, MalangPTSPsikologiA
Universitas Padjadjaran (Unpad), BandungPTNPsikologiA
Universitas Persada Indonesia YAI, JakartaPTSPsikologiA
Universitas Sanata Dharma, YogyakartaPTSPsikologiA
Universitas Surabaya (Ubaya), SurabayaPTSPsikologiA
Universitas Tarumanagara (Untar), JakartaPTSPsikologiA

 


Okay, sekian info mengenai jurusan psikologi, semoga sanggup membantu adik-adik dalam mempertimbangkan pilihan jurusan yang akan diambil dikala menjalani perkuliahan nanti.


 



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jurusan Psikologi"

Posting Komentar