Jurusan Ilmu Keperawatan

Jurusan Ilmu Keperawatan – Ketika lulus Sekolah Menengan Atas atau sederajat, biasanya selalu banyak anak yang berminat untuk menekuni pendidikan tinggi di bidang kesehatan. Namun banyak yang bingung, “sebaiknya ambil jurusan apa nih?”. Gimana ga bingung, di bidang kesehatan sendiri ada cukup banyak kegiatan studi, beberapa diantaranya yang dikenal antara lain Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Farmasi, Ilmu Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Hewan, termasuk pula Ilmu Gizi dll. Nah dalam artikel ini saya akan mencoba mengupas salah satu jurusan dalam bidang kesehatan tersebut dan yang sedang saya tekuni kini ini, yaitu Ilmu Keperawatan.


Sebelumnya perkenalkan, namaku Alex Susanto, mahasiswa gres Pendidikan Ners/Keperawatan (Ilmu Keperawatan) UNAIR 2015. Dalam artikel saya ini ingin membagi pengalamanku saat masuk dan “baru” mengenyam pendidikan mengenai basic keperawatan. Sedikit cerita, awalnya saya diterima sebagai maba Unair melalui jalur SBMPTN. Dulu sih nggak kepikiran mau kuliah di jurusan keperawatan, tapi sehabis menerima ilmunya justru makin menciptakan ingin tau untuk mempelajarinya.


Apa sih perawat itu dan bagaimana pendidikan untuk menjadi perawat?


 biasanya selalu banyak anak yang berminat untuk menekuni pendidikan tinggi di bidang kese Jurusan Ilmu KeperawatanPerawat yakni profesi yang difokuskan pada perawatan individu, keluarga, dan masyarakat sehingga mereka sanggup mencapai, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan yang optimal dan kualitas hidup dari lahir hingga mati.


Pendidikan keperawatan di Indonesia di golongkan menjadi 4 kelompok besar yakni:



  1. Pendidikan vokasi, ditempuh dalam waktu 3 tahun untuk diploma 3 dengan gelar ‘Ahli Madaya Keperawatan (Amd.Kep) dan diploma 4 tahun untuk vokasi khusus dengan gelar Sarjana Sians Terapan (S.ST)

  2. Pendidikan profesional, ditempuh dalam waktu 4 tahun untuk kegiatan Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan embel-embel 1 tahun untuk pendidikan profesi Ners (Ns)

  3. Pendidikan Master dan Spesialis, yakni Master Keperawatan (M.Kep) dan terdapat pesialis keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan maternitas, keperawatan medikal bedah

  4. Pendidikan doktoral, ditempuh untuk melaksanakan riset wacana keperawatan


Nah buat kau para siswa/i lulusan SMA/sederajat, kau sanggup melanjutkan pendidikan tinggi di Pendidikan Vokasi atau Pendidikan Profesional. Bedanya apa nih? Perawat vokasi lebih cenderung ke praktika (praktek langsung), sedangkan jikalau profesi kita diajarkan secara menyeluruh baik teori dan praktek. Pendidikan vokasi perawat biasanya ditempuh di Politeknik Kesehatan atau Akademi (Diploma 3 atau Diploma 4). Sedangkan Pendidikan Sarjana atau Profesi biasanya ditempuh di Universitas, Institut atau Sekolah Tinggi. Buat yang belum tau bedanya Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik atau Akademi sanggup baca disini.


Ilmu Keperawatan UNAIR termasuk jenis perawat profesi, dimana mahasiswa dituntut mencar ilmu selama 4 tahun untuk masa akademik, dan ditambah 1 tahun (2 semester) untuk pendidikan profesi. Pendidikan keperawatan kini sudah lebih maju dan terutama sudah mempunyai legalitas yaitu UU no. 38 tahun 2014 wacana keperawatan.


Apa yang dipelajari di Jurusan Ilmu Keperawatan?


Banyak orang yang bilang jikalau keperawatan itu nanggung, lebih baik jadi dokter. Pendapat tersebut SALAH, alasannya yakni konsep pendidikan dan pelayanan antara dokter dan perawat itu berbeda. Di keperawatan, kita sanggup mencar ilmu mengenai pemenuhan kebutuhan dasar manusia, termasuk bio psiko sosio spiritual dan kultural. Gak hanya sekedar sains, tapi kehidupan sosial juga kita pelajari. Bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan efektif, menunjukkan pelayanan kesehatan yang menunjang untuk kesembuhan, dan sebagainya. Meskipun begitu, beberapa bahan kuliah yang dipelajari antara Pendidikan Dokter dan Ilmu Keperawatan ada yang sama juga.


Beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini antara lain ilmu humaniora, biologi, biokimia, anatomi, fisiologi, fisika dan sikap serta dasar-dasar keperawatan, dll.


Prospek Kerja lulusan Ilmu Keperawatan


Lulusan pendidikan profesi perawat atau yang juga disebut Ners (Ns) intinya sanggup membuka praktik mandiri. Namun apabila kau pengen berkerja di institusi kesehatan, beberapa pilihan yang sanggup diambil diantaranya sebagai berikut:



  1. Pelayanan kesehatan di dalam negeri : Rumah Sakit, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Asuransi Kesehatan (Askes), Tenaga Kesehatan Bandara, Tenaga Kesehatan Pelabuhan, dll.

  2. Pelayanan keperawatan profesional di Luar Negeri.

  3. Pelayanan Keperawatan Mandiri (Home Care, dll)

  4. Perusahaan swasta yang mempunyai kemudahan pelayanan kesehatan.

  5. Pendidikan : Institusi Pendidikan Keperawatan (Dosen)

  6. Perusahaan swasta yang mempunyai kemudahan pelayanan kesehatan.

  7. Perwira karir pada lingkungan TNI/POLRI


Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan S1 Ilmu Keperawatan / Keperawatan


Di Indonesia, ada cukup banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan S1 Ilmu Keperawatan / Keperawatan. Beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang menyediakan jurusan tersebut antara lain:



  1. Universitas Padjadjaran (Unpad), Akreditasi A

  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Akreditasi A

  3. Universitas Indonesia (UI), Akreditasi A

  4. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Akreditasi A

  5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Akreditasi A

  6. Universitas Riau (Unri), Akreditasi A

  7. Universitas Airlangga (Unair), Akreditasi B

  8. Universitas Andalas (Unand), Akreditasi B

  9. Universitas Diponegoro (Undip), Akreditasi B

  10. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Akreditasi B

  11. Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Akreditasi B

  12. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Akreditasi B

  13. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Akreditasi B

  14. Universitas Brawijaya (UB), Akreditasi B

  15. Universitas Hasanuddin (Unhas), Akreditasi B

  16. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta), Akreditasi B

  17. Universitas Jember (Unej), Akreditasi B

  18. Universitas Sumatera Utara (USU), Akreditasi B

  19. dll.


Pesan buat adik-adik maba 2016, jangan galau dan ragu untuk menentukan jurusan ya. Semua prodi itu baik kok, tergantung minat kalian dibidang apa. Pokoknya turuti kata hati kalian, jangan ikut-ikutan temen ^^ Ners jangan dipandang sebelah mata, alasannya yakni dengan mempelajari ilmu keperawatan kita tidak hanya sanggup mengobati, tapi juga sanggup mencegah dari resiko penyakit yang akan menyerang badan kita.


Demikian review singkat mengenai Jurusan Ilmu Keperawatan, biar bermanfaat. Apabila ada komentar atau pertanyaan mengenai jurusan ini, sanggup kau tulis di kolom komentar ya.


 


Referensi:


https://id.wikipedia.org/wiki/Perawat

http://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-keperawatan/(gambar)

http://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-keperawatan/prodiilmu-keperawatan/



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jurusan Ilmu Keperawatan"

Posting Komentar