Jenis, Fungsi Dan Indikator Motivasi Belajar
Jenis motivasi dalam berguru dibedakan menjadi dua jenis, masing-masing adalah:
1. Motivasi intrinsik dan2. Motivasi ekstrinsik
Motivasi intrinsik merupakan kegiatan berguru dimulai dan diteruskan, berdasarkan penghayatan sesuatu kebutuhan dan dorongan secara mutlak berkaitan dengan acara belajar, contohnya berguru alasannya ialah ingin menguasai suatu konsep atau berguru ingin menjadi dokter.
Motivasi ekstrinsik merupakan kegiatan berguru yang tumbuh dari dorongan dan kebutuhan seseorang tidak secara mutlak berafiliasi dengan kegiatan belajarnya sendiri. Misalnya berguru karena ingin menerima peringkat satu semoga menerima hadiah dari orang tuanya.
Fungsi motivasi berdasarkan Oemar Hamalik dalam Martinis Yamin (2006: 170) mencakup sebagai berikut:
- Mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan. Tanpa motivasi maka tidak akan timbul sesutau perbuatan menyerupai belajar.
- Motivasi berfungsi sebagai pengarah. Artinya mengarah perbuatan kepencapaian tujuan yang diinginkan.
- Motivasi berfungsi sebagai penggerak. Tinggi rendahnya motivasi akan memilih cepat atau lambatnya suatu pekerjaan.
Peran motivasi dalam berguru dan pembelajaran berdasarkan Hamzah B. Uno (2006: 27) ialah
- Peran motivasi dalam memilih penguatan belajar.
- Peran motivasi dalam memperjelas tujuan belajar
- Motivasi memilih ketekunan belajar.
Hakikat motivasi berguru ialah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang berguru untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator yang mendukung.
Schunk and Zimmerman (2009: 1) berpendapat: “Among source of motivation the are: interests, self-efficacy, volition, task values, confidence in learning, outcome expectancy and future time perspective”.
Pendapat di atas menjelaskan motivasi sanggup dilihat dari: minat, kemandirian, kemauan, nilai ulangan, iman diri dalam belajar, orientasi pada hasil, dan pandangan terhadap masa depan.
Hamzah B. Uno (2006: 23) mengklasifikasikan indikator motivasi berguru sebagai berikut:
- Adanya hasrat dan keinginan berhasil.
- Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar.
- Adanya harapan dan impian masa depan.
- Adanya penghargaan dalam belajar.
- Adanya kegiataan yang menarik dalam belajar.
- Adanya lingkungan berguru yang kondusif, sehingga memungkinkan seorang siswa sanggup berguru dengan baik.
0 Response to "Jenis, Fungsi Dan Indikator Motivasi Belajar"
Posting Komentar