Contoh Soal Dan Pembahasan Jarak, Waktu Dan Kecepatan

Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan - Selamat malam teman, jumpa lagi dengan mengenal ilmu sains online. Pada kesempatan kali ini, kita akan berguru bersama mengenai mata pelajaran yang cukup ringan. Masih berkaitan dengan matematika tentunya. Apakah kalian tahu apa itu kecepatan? Dan apa rumus untuk kecepatan? Jika belum mengetahuinya, ikuti saja blog ini, siapa tahu dengan cara itu sahabat – sahabat semua sanggup mengerti. Materi yang akan kita bahas pada malam hari ini yaitu Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan.

 jumpa lagi dengan mengenal ilmu sains online Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan
Google Image - Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan

Kecepatan merupakan besaran yang diperoleh dari jarak tempuh yang dilalui terhadap waktu. Untuk melacak atau mengetahui kecepatan suatu benda itu bergerak kita sanggup gunakan alat yang dinamakan speedometer. Speedometer ini yang biasanya kita temui pada motor, kendaraan beroda empat dan lain – lain. Satuan yang biasanya dipakai ialah m/s, km/jam. Agar kalian lebih mengerti bagaimana bentuk soal – soal yang berkaitan dengan Kecepatan, eksklusif saja simak tumpuan soalnya berikut ini.

Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan


Contoh 1

Roni berangkat kerumah toni mengendarai sepeda motor. Jarak yang ditempuh roni yaitu 4,5 km. bila waktu yang ditempuh toni yaitu 900 sekon, maka berapakah kecepatan roni untuk menempuh jarak sekian?

Jawab

Jarak = 4,5 km = 4500 m.
Waktu = 900 s.
Kecepatan = jarak / waktu
Kecepatan = s/t
Kecepatan = 4500/900 
Kecepatan = 5 m/s.

Contoh 2 

Riyan menaiki sepedahnya dengan kecepatan kencang. Ia berusaha semoga hingga kerumah nenek pukul 01.00, jarak yang beliau tempuh yaitu 6 km, dan waktu tempuh yaitu 1200 s. berapakah kecepatan sepedah riyan?

Jawab

1 km = 1000 m, 5 km = 5 x 1000 = 5000 m.
Kecepatan = s/t
Kecepatan = 6000/1200 = 5 m/s.

Contoh 3

Reza mengendarai sepedamotor dengan kecepatan sedang. iya keluar dari rumah pukul 03.00. ia ingin pergi ketempat neneknya yang jarak tempuhnya yaitu 24 km. kecepatan motor yang dikendarai oleh reza yaitu 80 km/jam. Pukul berapakah reza akan hingga kerumah neneknya?

Jawab

Jika ditanyakan pukul berapa, itu sama saja menanyakan waktu tempuh (t).
T = s/v
T = 24 km / 80 km/jam x 60 menit = 18 menit.
Kaprikornus reza akan hingga ke kawasan nenek pukul 03.18.

Contoh 4

Sella berangkat kesekolah mengendarai sepeda dengan waktu tempuh 15 menit. Kecepatan sepeda sella yaitu 10 km/jam. Berapakah jarak yang ditempuh sella?

Jawab

V = s/t
1 km/jam = s/15 menit.
10 km / jam x 1.000 m/60menit = s/15 menit.
166 m/menit = s/15menit.
s = 166 m/menit x 15 menit
s = 2.490 m = 2,49 km.

Contoh 5

Anggun pergi kekantor yang jaraknya sekitar 30 km memakai mobil. Jika waktu yang dibutuhkan untuk hingga kekantor yaitu 40 menit, maka berapakah kecepatan elok pada ketika mengendarai mobil?

Jawab

V = s/t
V = 30 km / 40 menit
V = 30.000 m / 2.400s
V = 12,5 m/s.


Contoh Soal dan Pembahasan Jarak, Waktu dan Kecepatan - Inilah yang sanggup aku sampaikan aku berharap semoga kalian semua sanggup mengambil inti sari dari bahan yang telah aku berikan pada malam hari ini. Jangan lupa klik ikuti blog ini ya kawan. Saya tidak akan pernah bosen untuk memperlihatkan bahan yang berkaitan dengan matematika, kimia, fisika, dan biologi kepada kalian semua. Terimakasih,

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Soal Dan Pembahasan Jarak, Waktu Dan Kecepatan"

Posting Komentar