Ciri-Ciri Lesson Study

Thobroni (2011: 320) mengemukakan Ciri-ciri Lesson Study adalah sebagai berikut.

Tujuan Bersama Untuk Jangka Panjang
Lesson  Study didahului adanya kesepakatan dari para guru wacana tujuan bersama yang ingin ditingkatkan dalam kurun waktu jangka panjang dengan cakupan tujuan yang lebih luas.

Misalnya wacana pengembangan kemampuan akademik siswa, pengembangan kemampuan individual siswa, pengembangan kemampuan individual siswa, pemenuhan kebutuhan berguru siswa, pengembangan pembelajaran yang menyenangkan. Kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan dalam waktu tak terbatas, selama guru ingin meningkatkan profesionalitas dan kualitas pembelajaran.

Materi Pelajaran yang Penting
Lesson  Study memfokuskan pada materi atau materi pelajaran yang dianggap penting dan menjadi titik lemah dalam pembelajaran siswa serta sangat sulit untuk dipelajari siswa.

Pembelajaran akan lebih gampang dipahami siswa manakala melibatkan banyak observer sehingga akan diketahui mana yang menjadi problem bagi siswa.

Studi Tentang Siswa Secara Cermat
Fokus yang paling utama dari Lesson  Study ialah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa. Misalnya, apakah siswa menawarkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam kelompok kecil, bagaimana siswa melaksanakan tugas-tugas yang diberikan guru, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan aktivitas, partisipasi, serta kondisi dari setiap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

didahului adanya kesepakatan dari para guru wacana tujuan bersama yang ingin ditingkatkan Ciri-ciri Lesson Study

Observasi Pembelajaran Secara Langsung
Observasi eksklusif boleh dikatakan merupakan jantungnya Lesson  Study. Dengan melaksanakan pengamatan eksklusif data yang diperoleh wacana proses pembelajaran akan jauh lebih akurat dan utuh, bahkan hingga hal-hal yang detail sekalipun sanggup digali. Penggunaan videotape atau rekaman bisa saja dipakai hanya sebatas pemanis dan bukan sebagai pengganti.

Kegiatan Lesson Study tidak hanya menekankan pada kognitif siswa saja melainkan proses pembelajaran  sehingga diperlukan jikalau proses sudah berjalan baik maka hasil pembelajaran akan selalu menyertai.

Sumber:
Basuki. 2013. Implementasi Lesson Study Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Menanamkan Kemandirian dan Sikap Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengan Atas di Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Pascasarjana UNS.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ciri-Ciri Lesson Study"

Posting Komentar