Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik Supaya Selalu Segar

Bunga lipstik ialah jenis tumbuhan yang bunganya sangat ibarat dengan lipstik. Asalnya dari kawasan tropis dan lembab sekitar Semenanjung Melayu hingga selatan Jawa.


Kararteristik Bunga Lipstik 


Bunga lipstik bisa tumbuh hingga satu setengah meter. Bunga lipstik berdaun hijau garang yang panjangnya minimal empat centimeter hingga delapan centimeter.


Bentuknya lingkaran telur. Bunganya bisa tumbuh minimal lima centimeter hingga tujuh setengah centimeter. Biasanya berwarna merah dan pecahan bawahnya berwarna kuning.


Tapi selain merah, ditemukan warna lain ibarat koral, orange dan kuning. Beberapa jenisnya berjulukan red lipstick planat, black pagoda lipstick plant, curly lipstick plant, mona lisa lipstick plant dan rasta lipstick plant.


Nama umumnya dikenal bunga lipstik yang berasal dari Aeschynantuhus. Tanaman bunga lipstik ini populer alasannya baunya yang menyengat bahkan bisa menciptakan burung madu dan burung kolibri. Sifatnya yaitu epifit yang berarti melekat ke tumbuhan lain jikalau hidup di lingkungan alami.


Tumbuhan ini relatif gampang tumbuh dan rimbun. Tumbuhan ibarat bunga lipstik ini perlu media tanam yang diharapkan dalam budidaya tumbuhan hias semoga subur. Selain itu juga perlu memperhatikan jenis penyakit pada tumbuhan hias dan cara mengatasinya.


Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Pencahayaan Terhadap Tanaman


Selain air dan karbon dioksida, semua tumbuhan tentulah membutuhkan sinar matahari untuk melaksanakan fotosintesis. Tapi beberapa jenis tumbuhan ada yang perlu mendapat sinar matahari sebanyak-banyaknya, ada yang cukup dan ada pula yang hanya sedikit.


Bunga lipstik ini tergolong tumbuhan yang membutuhkan sinar matahari berukuran sedang. Kaprikornus letakkan bunga ini di tempat yang mendapat sinar matahari yang sedang pula. Jika daun atau ujungnya mulai berubah kecoklatan, biasanya terjadi alasannya kekeringan.


Kekeringan terjadi alasannya dua hal. Kelebihan sinar matahari atau kekurangan air. Solusinya ialah memindahkan ke tempat yang lebih teduh atau memberi pasokan air tambahan.


Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Serangan Jamur


Selain dari faktor cahaya, kita harus memperhatikan faktor lain yaitu serangan jamur.


Tanda-tanda tumbuhan bunga lipstik kita diserang jamuar ialah adanya contoh yang ibarat dengan jaring laba-laba di daunnya. Solusinya ialah membeli fungisida untuk membasmi jamurnya. Untuk pemilihan fungisida, anda memerlukan pengetahuan dari ahlinya.


Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Tidak Bisa Mekar


Seharusnya bunga mempunyai waktu mekarnya masing-masing. Tapi akan repot akhirnya jikalau beberapa bunga yang sudah dinantikan usang tapi entah kenapa tidak segera mekar.


Ini terjadi alasannya tumbuhan kekurangan cahaya matahari. Solusinya ialah letakkan bunga di tempat yang sekiranya bisa mendapat cahaya matahari yang cukup.


Solusi ini juga berlaku jikalau kondisi daunnya berwarna kekuningan atau mulai rontok. Berikan pula air secukupnya asalkan tempatnya tetap lembab.







Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Bunga yang Tumbuh Sedikit


Anda merasa bunga lipstik yang tumbuh sedikit. Solusinya sesungguhnya anda perlu melaksanakan teknik pemangkasan yang baik semoga tumbuhan bisa menghasilkan lebih banyak bunga. Teknik mencakup waktu dan cara pemotongan.


Pangkas bunga lipstik secepat mungkin sehabis tumbuhan berhenti berbunga. Biasanya, bunga lipstik mulai mekar di ujung batang yang baru. Pemangkasan tumbuhan bunga lipstik yang terlalu usang bisa menimbulkan pertumbuhan bunga yang terlalu usang pula.


Karena ibarat yang dijelaskan sebelumnya, pemangkasan yang terbaik dilakukan secepat mungkin alasannya bisa menstimulasi tumbuhan semoga bisa menghasilkan lebih banyak bunga.


Caranya yaitu keluarkan hingga sepertiga di tiap jalarannya jikalau anda menilai tumbuhan cukup panjang. Jika tumbuhan bunga lipstik terlalu rimbun, anda bisa memulai potong di batang terpanjang hingga beberapa inci di atas media tanam. Tapi tetap sisakan pecahan yang paling padat di pecahan tengah tanaman.


Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Menanam Bunga Lipstik yang Baru


Jika anda sudah sangat menyukai atau berniat membudidayakan bunga lipstik, anda bisa menanam bunga lipstik yang baru. Tapi tetap saja perlu perawatan dan tata cara yang benar.


Anda bisa menanamnya dari cabang yang gres dan tempatkan di lokasi yang bisa mendapat cukup sinar matahari. Jangan hingga terekspos langsung. Suhu optimal semoga bunga lipstik bisa tumbuh dengan baik ialah 21 derajat Celsius.







Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Serangan Hama


Cukup sering terjadi tumbuhan yang kita rawat dengan penuh perhatian tapi malah jadi target empuk hama. Seperti serangga, siput dan sebagainya. Jika memang tumbuhan anda diserang hama, maka anda perlu membeli pestisida yang cocok.


Banyak orang menanam bunga ini alasannya keunggulannya sebagai tumbuhan hias dan cocok untuk ditempatkan di pot gantung. Tumbuhan ini juga tidak beracun. Sehingga kondusif untuk anak-anak, anjing, kucing dan binatang peliharaan lainnya.


Bunga lipstik butuh banyak cahaya, tetapi tidak harus bersentuhan eksklusif dengan sinar matahari. Selain cahaya, Kelembaban juga harus dipikirkan.


Atur juga tata letak tumbuhan dengan baik. Dengan perawatan yang tepat, bunga bisa sering mekar bergantian. Potensinya besar jikalau dimanfaatkan menjadi tumbuhan hias gantung dalam vertikal gantung. Berikut ialah cara merawat bunga gantung lipstik.


Demikian cara merawat bunga gantung lipstik. Cara merawat bunga gantung lipstik ini perlu anda ketahui semoga bisa mempertahankan hidup bunga lipstik sehingga keindahan teras rumah anda tetap terjaga.


Selain cara merawat bunga gantung lipstick, masih dibahas lagi beberapa jenis tumbuhan hias. Contohnya ibarat cara budidaya tumbuhan hias philodendron dan cara perawatannya, cara menanam tumbuhan hias brokoli kuning dan perawatannya dan cara menanam tumbuhan hias sri rejeki.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik Supaya Selalu Segar"

Posting Komentar