Cara Menumbuhkan Tanaman Hias Coleus

Coleus merupakan tumbuhan hias yang terkenal sebab mempunyai corak dan warna daun yang beragam.

Para pecinta tumbuhan mengetahui bahwa coleus bukan hanya disukai sebab bunganya saja, namun juga daunnya. Sempat usang tidak popouler, tumbuhan dari keluarga mint ini kembali diminati oleh banyak orang. Coleus ada yang toleran terhadap matahari (wizard series, versa series, marquee series), ada pula yang manis untuk hidup di daerah teduh (colorblaze series, fairway series, superfine rainbow series, main street series, kong series). Jenis-jenis tanaman hias coleus mempunyai corak, warna, dan serat-serat yang bermacam-macam dan indah. Pilihlah yang berdaun gelap jikalau Anda hendak mempunyai tumbuhan hias coleus yang toleran terhadap matahari.


Berkut beberapa cara untuk menumbuhkan coleus:



  • Jika Anda hendak mendapat warna daun coleus yang indah, pastikan tumbuhan hias coleus Anda mendapat sinar matahari pagi dan mendapat keteduhan di sore hari. Hindari tanah yang sangat berair sebab akan menyebabkan gugur daun. Siramlah secara bersiklus dan tambahkan pupuk cair, apalagi jikalau Anda menanamnya di dalam pot.

  • Menumbuhkan coleus dari biji relatif mudah. Taburkan benih coleus di atas media tanam di dalam ruangan. Jangan menguburnya, hanya taburkan di permukaan media tanam. Biarkan biar terkena cahaya. Perhatikanlah kelembapan airnya biar tidak tergenang atau kekeringan.
    Tanaman coleus yang sudah tumbuh daun. Letakkan pada daerah yang terkena cahaya matahari pagi.

  • Guntinglah bagian-bagian tumbuhan yang sudah mulai tidak teratur selama beberapa ahad sekali. Gunting sekitar beberapa daun atau cabang ranting. Gunting juga bunga kecil biar coleus mempunyai energi komplemen untuk menumbuhkan batang dan daun-daun barunya.
    Ilustrasi memangkas tangkai coleus. Guntinglah tangkai yang tidak teratur untuk mendapat tampilan bunga yang indah.

  • Coleus tumbuh dengan baik di dalam pot selama ia ditanam di tanah yang berdrainase baik. Pupuklah secara bersiklus dan berikan sinar matahari yang cukup. Jauhkan dari daerah yang berangin sebab akan menciptakan coleus hancur. Coleus tidak akan menampakkan warna terbaiknya jikalau kelebihan pupuk, jadi Anda sebaiknya konsisten dalam tunjangan pupuk.

  • Coleus juga sanggup ditanam di pot yang menggantung. Pilihlah yang menjalar atau yang berbentuk semak. Tapi ingatlah pot gantung lebih cepat kering dan coleus membutuhkan air. Maka lebih baik Anda memakai pot yang sanggup menyiram otomatis atau yang mempunyai daerah penampungan air.
    Ilustrasi tumbuhan coleus pada pot gantung, terlihat sangat memukau.


Itulah cara menumbuhkan tumbuhan hias coleus dengan mudah. Bagi Anda yang tertarik menanam yuk buruan, klik disini untuk mendapat produk dari tumbuhan coleus.


Selamat mencoba 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menumbuhkan Tanaman Hias Coleus"

Posting Komentar