Cara Mengubah Cuilan Biasa Ke Bentuk Persen Dan Desimal

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal - Selamat pagi semua, jumpa lagi dengan mengenal ilmu sains online yang tak pernah bosan untuk memperlihatkan bahan kepada kalian semua. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bahan yang bertema Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal. Pada pertemuan kemarin, kita pernah membahas perihal Operasi Hitung pada Bilangan Pecahan bukan? Nah, tentunya kalian sudah mengetahui sedikit bukan perihal pecahan. Gampang kok, asalkan kalian rajin dalam mengerjakan soal – soal saja.

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal
Google Image - Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal

Mengubah cuilan biasa kedalam bentuk persen dan desimal sangatlah praktis kawan. Kalian hanya perlu paham apa itu persen dan decimal. Sudah pernah aku jelaskan bukan pada pertemuan kemarin. Hari ini aku akan membahas tuntas semoga kalian semua sanggup memahaminya. Langsung saja yuk kematri inti kita pada pagi hari ini.

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal


Cara mengubah cuilan biasa ke bentuk persen

Gampang sekali untuk mengubah cuilan biasa ke bentuk persen. Kalian hanya perlu mengubah penyebutnya menjadi 100 dengan cara mengalikan nilainya. Semisal dikalikan dengan 25 semoga penyebutnya menjadi 100,, maka pembilangnya juga harus di kali dengan 25.

Contoh

20/25 = ( kita kalikan dengan 4 semoga penyebutnya 100 ) 
20/25 = 80/100
20/25 = 0,8 %

Praktis sekali bukan? Yang harus kalian ingat yaitu apabila penyebut dikalikan dengan nilai tertentu, maka pembilangnya juga harus dikalikan dengan nilai yang sama dengan yang dikalikan dengan penyebut. Jika kalian semua sudah paham, maka akan praktis mengerjakan soal – soal.

Cara mengubah bentuk persen ke cuilan biasa

Ini sangat praktis tentunya jikalau kalian sudah mengerti yang telah aku jelaskan diatas. Jika kalian sudah tahu bahwa setiap angka yang dikalikan dengan persen berarti angka tersebut yaitu /100 ( per seratus ). Semisal, 25%, jikalau kita ingin mengubah 25% kedalam cuilan biasa, kita bagi dengan 100. Makara 25/100 = ¼. Praktis bukan?

Contoh

75% = 75/100 = 3/4
80% = 80/100 = 4/5

Asal kalian paham salah satu saja, maka kalian akan memahami semuanya. Yang penting jangan pernah tinggalkan kewajiban kalian sebagai seorang pelajar yaaa.

Cara mengubah Pecahan biasa ke bentuk desimal

Kalian harus paham terlebih dahulu apa itu desimal kawan. Bilangan desimal merupakan bilangan yang terdapat tanda (koma). Semisal 3,5, 2,5, 4,5, dan seterusnya. Nah, ingat saja itu. Untuk mengubahnya juga praktis sekali kok. Perhatikan rujukan berikut ini.

Contoh

¾ = 3 : 4 = 0,75.
½ = 1 : 2 = 0,5.

Praktis bukan? Saya yakin kalian semua niscaya bisa. Ingat pesan aku saja ya teman.

Cara mengubah bentuk desimal ke bentuk cuilan biasa

Ini yaitu kebalikan dari yang atas. Apabila kita ingin mengubah bentuk desimal ke bentuk cuilan biasa, maka yang harus kita perhatikan yaitu ada berapa angka yang terdapat dibelakang (koma). Jika dibelakang (koma) terdapat 1 angka, maka bilangan tersebut dibagi dengan 10. Jika ada 2 angka dibelakang (koma), maka dibagi dengan 100, Dan seterusnya.

Contoh

0,5 = 5/10 = ½
0,75 = 75/100 = ¾

Sama bukan dengan yang diatas? Praktis kan? Pahami saja salah satunya, maka kalian akan mendapat kedu-duanya. Yang penting jangan lupa berguru ^_^.


Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Persen dan Desimal - Nah, inilah bahan kita pada pagi hari ini. Saya rasa kalian semua sudah bisa. Karena bahan ini sangatlah mudah. Namun tetap saja sulit apa bila kita tidak rajin belajar. Jangan lupa like dan ikuti blog ini alasannya yaitu aku akan terus memposting bahan – bahan yang kalian butuhkan. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mengubah Cuilan Biasa Ke Bentuk Persen Dan Desimal"

Posting Komentar