Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Stek Beserta Perawatannya

Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Stek, akan menjadi topik yang akan kita bahas dalam kesempatan ini. Rumput gajah merupakan salah satu jenis rumput yang sudah dikenal dan familiar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.


Awalnya hanya dikenal sebagai tumbuhan rumput liar namun sekarang justru menjadi primadona terutama sebagai rumput yang berbagai di tanam di wilayah taman taman terutama taman kota.


Selain bermanfaat sebagai rumput taman, rumput gajah ini juga sanggup digunakan sebagai pakan untuk ternak ibarat kambing, sapi atau juga kelinci.


Meskipun demikian nilai hemat rumput gajah cukup tinggi hal ini dikarenakan tingginya usul akan rumput ini. Jika anda hendak menanam rumput ini sebagai penghias taman anda maka ada beberapa hal perlu diperhatikan sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.


Yuk disimak 3  Cara menanam rumput gajah dengan stek beserta tips pemeliharaannya. Simak selengkapnya.


Menyiapkan Stek Batang Rumput Gajah


 akan menjadi topik yang akan kita bahas dalam kesempatan ini Cara Menanam Rumput Gajah dengan Stek Beserta PerawatannyaTahap awal dalam memulai menanam rumput gajah ini tentu yaitu mempersiapkan materi perbanyakan yakni stek.


Pada tumbuhan rumput gajah bab tumbuhan yang sanggup digunakan sebagai materi stek yaitu bab batang tanaman. Karena bab ini mempunyai tekstur yang keras namun sangat gampang ditumbuhkan. Hal inilah yang menyebabkan mengapa budidaya menggunakan stek paling banyak di lirik dan diminati.


Tentu saja semoga mendapat kualitas tumbuhan rumput gajah yang baik maka kualitas batang sebagai materi perbanyakan juga harus benar benar dipilih. Maka dari itu, batang tumbuhan rumput gajah haruslah memenuhi kriteria antara lain berikut ini ibarat pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag :



  • Tanaman yang digunakan merupakan tumbuhan yang sehat, subur dan tidak terpapar hama atau penyakit.

  • Tanaman yang digunakan merupakan tumbuhan yang sudah pintar balig cukup akal minimal berusia diatas satu tahun.

  • Tanaman mempunyai struktur batang yang kokoh dan tegak lurus serta juga pilih bab batang yang tidak terlampau muda namun juga jangan terlalu tua.

  • Diameter batang tumbuhan minimal 2,5 cm atau juga lebih hingga maksimal 4 cm. dikhawatirkan jikalau berukuran terlalu besar batang sudah termasuk renta sehingga akan sulit untuk menghasilkan tunas baru.

  • Potong batang tumbuhan dari bab pangkal, kemudian potong potong lagi dengan ukuran 20-15 cm panjang untuk setiap materi stek batang.

  • Rendam menggunakan larutan fungisida dan bakterisida supaya jamur dan kuman yang melekat pada stek mati.

  • Dosis fungisida yang sanggup dipergunakan yaitu sebanyak 10-15 g/liter lakukan perendaman selama 10-15 menit.

  • Setelah itu kemudian kering anginkan dan selanjutnya stek batang sanggup anda ikat menjadi satu, kemudian diamkan selama satu ahad dengan dilakukan penyiraman terus menerus supaya nanti mata tunas muncul.

  • Setelah mata tuna Nampak tumbuh atau muncul maka selanjutnya sanggup di pindahtanamkan kelapangan.


Penanaman Bibit Stek Batang ke Lahan Tanam


Pada dasarnya tumbuhan rumput gajah ini sanggup tumbuh dimanapun dana dalam kondisi apapun, alasannya yaitu pada awalnya sendiri tumbuhan ini merupakan tumbuhan gulma.


Baru kemudian dimanfaatkan menjadi pakan ternak dan juga rumput taman. Meskipun demikian maka anda tetap harus melaksanakan pengolahan lahan supaya tumbuhan sanggup tumbuh subur dan tentunya menghasilkan hasil yang baik.


Pengolahan lahan dilakukan dengan sederhana yakni hanya mencangkul tanah, kemudian dibentuk bedengan dengan ketinggian 30 cm dan dibentuk jarak antar bedengan 1 meter.


Untuk panjang dan ukuran bedengan sanggup diadaptasi dengan luas lahan yang akan ditanami. Selanjutnya kemudian buat lubang tanaman  sedalam 10-15 cm, jikalau memungkinkan taburi menggunakan pupuk sangkar namun jikalau tidak di lakukanpun juga tak masalah.


Selanjutnya kemudian tanamkan stek batang kedalam setiap lubang tanam yang telah ada. Jangan hingga terbalik anda sanggup membedakannya dengan melihat mata tunas yang sudah mulai tumbuh.


Tanam dengan  posisi tegak lurus kemudian kemudian timbun kembali hingga padat dan biarkan selama satu ahad maka stek tadi akan mengeluarkan daun. Jika ada stek yang mati maka sanggup dilakukan penyulaman semoga nantinya tumbuhan sanggup tumbuh seragam sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.








Tips Pemeliharaan Tanaman Rumput Gajah


 akan menjadi topik yang akan kita bahas dalam kesempatan ini Cara Menanam Rumput Gajah dengan Stek Beserta PerawatannyaPada dasarnya tidak terdapat sebuah keharusan untuk melaksanakan perawatan pada rumput gajah ini, alasannya yaitu di habitat aslinya rumput gajah ini sanggup tumbuh subur tanpa dilakukan perawatan.


Namun, pastinya untuk mendapat tumbuhan yang berkualitas maka tentu ada beberapa hal yang perlu dilakukan diantaranya yaitu :



  • Pemupukan


Agar mendapat pertumbuhan tumbuhan yang optimal maka anda sanggup melaksanakan pemupukan, sanggup menggunakan pupuk organik berupa kotoran binatang ternak atau kompos atau juga mengkombinasikannya dengan menggunakan pupuk kimia ibarat pupuk NPK. Aplikasikan pupuk setiap minimal satu bulan sekali dengan cara ditaburkan pada bab dasar bersahabat perakaran tanaman.



  • Pemangkasan


Rumput gajah sanggup tumbuh dengan tidak terkendali, sehingga semoga tumbuhan ini tidak mengganggu tumbuhan lainnya maka sangat perlu dilakukan pemangkasan atau penjarangan.

Dapat dilakukan dengan cara mengurangi beberapa batang tumbuhan dalam satu rumpunnya. Lakukan secara rutin semoga tumbuhan sanggup tumbuh dan mempunyai bentuk yang sesuai dengan cita-cita dan estetika anda sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.


Nah, itulah tadi 3 Cara menanam rumput gajah dengan stek beserta tips pemeliharaannya. Semoga sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Stek Beserta Perawatannya"

Posting Komentar