Cara Menanam Money Plant

Money plant merupakan tumbuhan yang gampang tumbuh dan kerap dijadikan sebagai water plant. Perawatannya gampang dan sanggup tumbuh sepanjang tahun.

Money plant (Epipremnum aureum) populer sebagai tumbuhan rumahan yang ditanam di dalam rumah, terutama dalam air. Banyak orang mempercayai bahwa menanam money plant sanggup mendatangkan rezeki, keberuntungan, kesehatan, dan kebahagiaan. Money plant dikenal juga dalam banyak nama menyerupai hunter’s robe, ivy arum, golden pothos, silver vine, Solomon Islands ivy, devil’s vine, devil’s ivy, dan taro vine.


Money plant (pothos) yakni tumbuhan memanjat yang selalu tumbuh sepanjang tahun. Tingginya sanggup mencapai 20 meter. Mereka sanggup tumbuh dengan sangat gampang di tanah maupun di air dalam botol, atau wadah lain. Merawat money plant sangat gampang dan tidak memerlukan keahlian.


Money plant tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Tanaman ini dibudidayakan dengan cara distek. Sangat sulit untuk ‘membunuh’ tumbuhan ini, itulah mengapa tumbuhan ini disebut sebagai tumbuhan iblis (devil’s vine or ivy). Money plant sangat sanggup ditanam di dalam pot di dalam rumah.


Anda yang ingin menanam money plant sanggup menanam kapan pun sepanjang tahun. Money plant sanggup hidup pada daerah yang terkena sinar matahari langsung, sanggup juga pada daerah yang tidak terkena sinar matahari langsung, menyerupai di dalam rumah. Namun, jikalau banyak terkena sinar matahari langsung, daun-daun money plant sanggup menguning bahkan terbakar.


Cara Menanam Money Plant


Berikut cara-cara menanam money plant baik di air maupun ditanam eksklusif di tanah:


Menanam money plant di dalam air



  1. Gunting money plant sepanjang 30 cm.

  2. Gunting bab atas batang sebesar 45 derajat. Guntinglah di atas ruas atau mata tunas. Sebaiknya ada sekitar dua hingga tiga mata tunas per batang.
    Ilustrasi menggunting tangkai money plant sepanjang 30 cm. Tangkai tersebut siap dimasukkan dalam botol kaca.

  3. Masukkan ke dalam wadah (pot, botol, toples) berisi air bersih.

  4. Pastikan ada satu mata tunas yang berada di dalam air.

  5. Tempatkan botol di akrab sinar matahari.

  6. Akar gres akan tumbuh dalam beberapa minggu.

  7. Gantilah air secara terpola setiap air menjadi keruh. Biasanya seminggu sekali.

  8. Tidak membutuhkan pupuk.
    Mengganti air yang telah keruh seminggu sekali. Selain menciptakan tumbuhan lebih sehat, juga memberi tampilan yang bersih.


Menanam money plant di tanah


Cara 1



  1. Tanam money plant yang sudah berakar di dalam botol air ke dalam pot.

  2. Berhati-hatilah ketika memindahkan tumbuhan dari botol ke pot.


Money plant yang sudah berakar di dalam air siap dipindahkan ke dalam pot yang berisi tanah.

Cara 2



  1. Pilih pot berukuran sedang

  2. Isi dengan media tanam yang berdrainase baik

  3. Lubangi media tanam, masukkan batang money plant yang sudah digunting menyerupai cara menanam di dalam air. Lalu tutup kembali.

  4. Sirami dengan baik ketika akar mulai tumbuh biar sanggup tumbuh dengan cepat. Biarkan tanah menjadi kering sebelum disiram, sekitar seminggu.

  5. Kelebihan air akan menciptakan akar busuk, daun kuning dan melengkung.


Money plant merupakan tumbuhan yang gampang tumbuh dan kerap dijadikan sebagai  Cara Menanam Money Plant
Tahap menanam money plant dengan menggunting tangkai kemudian ditanam pada media tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

Secara normal, tumbuhan ini tidak membutuhkan pupuk. Namun, jikalau Anda ingin memberinya pupuk, berilah pupuk berbahan dasar cairan nitrat sesekali.


Jika Anda tidak memangkas money plant Anda, tumbuhan ini sanggup tumbuh dengan sangat panjang. Untuk mengatur tinggi money plant Anda, potonglah bagian-bagian yang sudah terlalu tinggi sesuai impian Anda.


Buang daun kering atau daun kuning dari tumbuhan Anda. Begitu pula dengan ranting yang mati untuk menjaga tumbuhan Anda tetap sehat.


Itulah cara menanam money plant dengan mudah. Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk menanam tumbuhan ini. Mari yuk, klik disini untuk menemukan jenis tumbuhan daun lainnya.


Semoga infromasi ini bermanfaat bagi Anda. Happy gardening 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Money Plant"

Posting Komentar