√ Algoritma Dan Pemrograman – Pengertian Dan Teladan Soal Lengkap

Algoritma dan pemrograman merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dipelajari para mahasiswa yang berguru di jurusan informatika, teknik komputer maupun teknik elektro. Algoritma dan pemrograman yaitu salah satu bahan kuliah yang banyak ditakuti mahasiswa yang katanya cukup susah. Selain pelajar atau mahasiswa seorang programmer sangat membutuhkan sistem ini sebagi sistem dasar dari apa yang mereka kerjakan.


Pengertian Algoritma :


Apa itu algoritma ? Di ilmu matematika dan ilmu komputer Algoritma adalah mekanisme langkah untuk penghitungan. Secara umum pengertian algoritma yaitu cara efektif yang dilakukan untuk rangkaian terbatas dari isyarat yang di definisikan dengan baik untuk menghitung fungsi. Dari klarifikasi diatas definisi algoritma secara singkat yaitu sebagai langkah sistematis untuk penyelesaian masalah. Biasanya algoritma disajikan dalam bentuk diagram, flowchart dan lain sebagainya.


 merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dipelajari para mahasiswa yang berguru  √ Algoritma dan Pemrograman – Pengertian dan Contoh Soal Lengkap


Sejarah Algoritma :


Sejarah algoritma, pada jaman peradaban islam 780-850 masehi terdapat seorang ilmuwan yang berjulukan Abu ja’far Muhammad ibnu musa al-khwarizmi ia yang menemukan algoritma. Algoritma sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu algoritm yang artinya perhitungan dalam angka arab. Alogortma pemrograman dibutuhkan ketika beberapa pihak resah bagaimana sebuah komputer sanggup memproses sesuatu yang diharapkan. Akrinya algoritma sanggup membantu bagi programmer yang akan menuangkan mekanisme ke komputernya untuk mendapat output yang diinginkan. Itulah sejarah algoritma yang tak sedikit di ulas. Ada beberapa jenis algoritma pemrograman yaitu.


Jenis Jenis Algoritma Pemrograman :


1. Divide and conquer

Membantu untuk membagi permasalahan besar menjadi permasalahan kecil.


2. Dynamic Programming

Membantu pemograman dinamik yang mengandung sub-strukturyang optimal dengan beberapa dilema yang tumpang tindih.


3. Metode srakah

Tanpa mengetahui sub dilema di setiap tahap dan memakai pilihan serakah.


4. Sistem flowchart

Diagram alir menggambarkan sistem peralatan komputer biasanya digunakan untuk proses pengolahan data. Biasanya digunakan untk pembuatan mekanisme dalam sisitem.


5. Pseudo code (kode semu)

Bertujuan untuk menggambarkan tahap penyelesaian dilema dengan kata kata. Kelemahan dari metode ini yaitu kurang dimengertinya sususan kata dan hanya beberapa orang saja yang mengerti.


Selesai memahami apa itu algoritma kini saatnya membahas algoritma pemrograman. Secara singkat algoritma pemrograman yaitu langkah-langkah untuk menuntaskan dilema pemrogram komputer. Berikut yaitu pola algoritma dan pemrograman.


Contoh Algoritma Pemrograman :


1. Contoh soal algoritma dalam matematika

Algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 2x + 8 algoritmanya yaitu :

a. Mulai

b. Tentukan nilai x

c. Hitung nilai y = 2x + 8

d. Cetak nilai x dan y

e. Selesai


2. Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari

Membuat kopi algoritmanya yaitu :

a. Siapkan 1 bungkus kopi, gula pasir, 1 gelas air, panci, dan sendok

b. Masukan 1 gelas air ke panic

c. Masak air

d. Tunggu sampai mendidih

e. Masukan 1 bungkus kopi dan gula sesuai selera, masukan air panas ke gelas

f. Aduk hinggga rata

g. Sajikan


3. Contoh algoritma dalam pemrograman

Algoritmanya yaitu Pseudocode yaitu kode yang menyerupai dengan kode pemrograman menyerupai pascal, atau C sehingga sanggup digunakan dalam algoritma pemrograman yang akan di komunikasikan kepada komputer. Selain itu sanggup berupa gambar menyerupai flowchart untuk alat bantu komunikasi.


Baca juga : Siklus Akuntansi


Agar memahami lebih dalam dan lebih terang perihal algoritma dan pemrograman, Sekarang sudah banyak buku yang menyediakan aneka macam penyelesaian dari sistem yang diinginkan. Bahkan mulai dari pengertian, sejarah, pola dan banyak lagi. Demikian makalah ini dibentuk agar memudahkan dalam mempelajarinya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Algoritma Dan Pemrograman – Pengertian Dan Teladan Soal Lengkap"

Posting Komentar