Akibat Melepas Snmptn, Blacklist Atau Tidak?

Fenomena yang umum terjadi sehabis pengumuman SNMPTN salah satunya yakni banyaknya peserta yang diterima SNMPTN namun mengundurkan diri/tidak melaksanakan daftar ulang.


Alasannya macem-macem, tapi yang paling umum yakni mereka (yang ngelepas/ga daftar ulang di SNMPTN) ngerasa nggak cocok dengan jurusan yang mereka pilih sendiri.


Nah pertanyaannya adalah, boleh ga tuh melepas atau ga daftar ulang jalur SNMPTN?


Seorang peserta SNMPTN yang lulus seleksi harus melaksanakan registrasi ulang (ke Perguruan Tinggi Negeri tempat ia diterima) yang dilaksanakan pada hari yang sama dengan pelaksanaan ujian SBMPTN. Kaprikornus jadwal daftar ulang bagi yang diterima SNMPTN dan Jadwal tes SBMPTN dilakukan bersamaan, dan daftar ulang nggak boleh diwakilkan. Oleh alasannya yakni itu, jikalau tetap ingin mengikuti Jalur Ujian Tertulis SBMPTN, lo mesti melepaskan status penerimaan di Jalur SNMPTN.


Di samping itu, perlu dipahami juga bahwa mungkin ada hukum pemanis yang diterapkan di Perguruan Tinggi Negeri tempat lo diterima, yang sanggup merugikan lo sebagai individu atau sekolah lo. Misalnya pengurangan indeks sekolah lo di Perguruan Tinggi Negeri yang lo tinggal. Atau lo nggak sanggup daftar di Perguruan Tinggi Negeri tersebut lagi di jalur lain.


Fenomena yang umum terjadi sehabis pengumuman SNMPTN salah satunya yakni banyaknya pesert Akibat Melepas SNMPTN, Blacklist atau Tidak?


Tapi yang terperinci apabila lo melepas SNMPTN sekolah lo nggak akan di blacklist. Blacklist cuma akan diberikan panitia SNMPTN buat sekolah yang curang (udah masuk ranah crime). Adapun apabila ngelepas atau nggak daftar ulang, kesudahannya menyerupai yg telah gue jelasin diatas, yaitu MUNGKIN adik kelas lo semakin sulit diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang lo lepas tersebut dan MUNGKIN lo juga ga sanggup daftar di Perguruan Tinggi Negeri tersebut di jalur mandiri. (kebijakan ini tergantung masing-masing PTNnya)


Jadi misal si Melody dari Sekolah Menengan Atas 48 Jakarta diterima SNMPTN di ITS trus dilepas, maka sanggup jadi/kemungkinan adik kelasnya di Sekolah Menengan Atas 48 Jakarta nanti akan lebih susah diterima di ITS saja (bukan di semua PTN), sebagai akhir dari nilai indeks sekolah dikurangi. Bisa jadi/kemungkinan disini berarti nggak pasti. Karena indeks sekolah yakni konsumsi intern bab penerimaan kampus.


Bukan berarti misal tahun kemudian abang kelas lo ada yang melepas SNMPTN trus indeks sekolah eksklusif turun. Indeks sekolah sendiri terdiri dari banyak unsur, ga cuma track record, tapi ada Akreditasi, Jenis kelas, IPK dan prestasi alumni di Perguruan Tinggi Negeri yang dituju, Nilai SBMPTN tahun sebelumnya di Perguruan Tinggi Negeri yang bersangkutan, Banyak diterima di SNMPTN tahun sebelumnya, Prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat daerah/nasional/internasional, dll. Lebih lanjut sanggup dibaca disini ihwal Indikator Penilaian SNMPTN.


Terlepas dari itu semua penting bagi lo buat nentuin jurusan yang benar-benar lo pengen, atau jurusan yang niscaya lo ambil apabila diterima. Jangan asal-asalan milih jurusan, sesuaikan dengan passion dan hati nurani.



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Akibat Melepas Snmptn, Blacklist Atau Tidak?"

Posting Komentar