7 Hal Yang Perlu Kau Ketahui Sebelum Berpetualang Di Geopark Ciletuh

7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh – Nama Geopark Ciletuh mungkin masih aneh terdengar di pendengaran beberapa orang Indonesia, namun perlu kau ketahui bahwa Geopark Ciletuh ini sedang menjalani proses evaluasi oleh asesor UNESCO.


Bila geopark nasional pujian Indonesia ini lulus seleksi maka Geopark Ciletuh akan resmi menjadi global geopark sekaligus menjadi situs warisan alam dunia yang dilindungi dan pastinya nama Indonesia akan semakin dikenal di dunia Internasioal atas keindahan dan kekayaan alamnya 😀


Baca Juga: Mengunjungi Geopark Ciletuh, Kandidat Global Geopark dari UNESCO


Geopark Ciletuh berada di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Kamu sanggup menjangkau geopark ini melalui beberapa cara menyerupai melalui Jakarta dan Bandung.


Hal yang menimbulkan geopark ini Istimewa yaitu paket keindahan alamnya yang komplit mulai dari curug-curug, pantai-pantai, pulau-pulau, bukit-bukit, lembah-lembah, dan pematang sawah nan menyegarkan mata.


Nah, niscaya kau ingin tau bagaimana sanggup mencapai kawasan ini dan apa saja yang perlu dipersiapkan. Untuk itulah, simak terus uraian berikut ini.


7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh


 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh
Lelahnya usaha ke Curug Cikanteh kesudahannya terbayar

Berangkat Melalui Jakarta 


Bila kamu memulai perjalanan dari Jakarta maka pastikan kau berangkat subuh atau malam sekalian.


Saat saya dan teman-temanku menuju Geopark Ciletuh, terlebih dahulu kami menginap di Desa Cisaat dan pada ketika subuh kami melanjutkan perjalanan ke Sukabumi dan sekitar siang hari datang di Geopark Ciletuh.


Total perjalanan dari Jakarta – Geopark Ciletuh jikalau dilakukan non stop akan memakan waktu sekitar 7 – 8 jam.


Gunakan Mobil 4WD, Hindari Mobil Jenis Avanza/Xenia


Ini hal yang penting! Kamu sebaiknya memakai kendaraan beroda empat dengan mesin 4WD menyerupai Land Rover alasannya yaitu jalanan dari Sukabumi ke Geopark Ciletuh masih jauh dari kata mulus. Jalanan sungguh jelek, sempit, dan hancur.


Pembangunan infrastruktur juga masih belum memadai oleh alasannya yaitu itu sangat penting menumpangi kendaraan beroda empat dengan kondisi “tahan banting” ketika memasuki wilayah dengan kondisi jalan yang rusak parah menyerupai ini.


Baca Juga: 10 Tips Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran ke Nusa Penida


Selain itu, terdapat beberapa objek alam yang hanya sanggup diakses dengan kendaraan beroda empat 4WD saja. Dibandingkan kau harus membuang waktumu dan menguras energimu untuk menjangkau lokasi dengan berjalan kaki alasannya yaitu kesalahan dalam menentukan kendaraan maka lebih baik menyimpan energimu untuk objek alam yang lain bukan 😀


Oh ya, kini sudah ada ojek lokal yang siap mengantarkanmu ke objek-objek tertentu. Misalnya dari persimpangan Puncak Darma ke Puncak Darma itu sendiri dikenai biaya Rp 60.000 pulang dan pergi per orangnya.


 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh
Lompatan kebahagiaan

Gunakan Jasa Tour Guide yang Menawarkan Paket Perjalanan Komplit


Informasi soal Geopark Ciletuh masih sangat minim dan objek-objek alamnya juga masih sulit dijangkau ditambah lagi signal telekomunikasi di sana yang masih kurang baik.


Oleh alasannya yaitu itu kau perlu memakai jasa tour guide yang sanggup membawa dan menemanimu mengelilingi Geopark Ciletuh tanpa harus nyasar.


Selain itu, waktumu akan teralokasi dengan optimal dan efisien sesuai dengan acara perjalanan yang kau inginkan.


Demi terhindar dari kebingungan akan dilema penginapan dan logistik, carilah tur yang menyediakan servis yang lengkap mulai dari kendaraan, kawasan menginap, masakan 3 kali sehari, minuman botol selama perjalanan, dan jasa tour guide itu sendiri sekaligus merangkap jasa fotografi. Makara kau tinggal terima beres semuanya deh hehe.


Bawa Perlengkapan Seperlunya


Mengunjungi Geopark Ciletuh berarti kau mengunjungi alam. Pastikan kau membawa baju secukupnya dan obat-obatan langsung alasannya yaitu di sana hampir tidak ditemukan supermarket. Bila ada, lokasinya akan sangat jauh.


Kamu juga harus memakai pakaian yang sesuai kondisi alasannya yaitu kegiatan di sini menuntut fisik yang prima sehingga penting memakai pakaian yang nyaman dan tidak salah kostum.


Bawa juga sendal gunung, kacamata, topi, jaket, sunblock, dan kamera untuk mengabadikan momen-momen berhargamu selama di sana.


 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh
Aku berpose di depan Curug Sodong Kembar

Buat Agenda Perjalanan yang Jelas


Geopark Ciletuh ini begitu luas sehingga kau perlu mempunyai tujuan perjalanan yang terang yang telah diubahsuaikan dengan lamanya kau menginap.


Jumlah curug saja hampir ada 10 dan tersebar di penjuru geopark dengan kondisi jalan dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.


Belum lagi pantai-pantai, pulau-pulau, dan puncak-puncak yang menyuguhkan pemandangan geopark yang menakjubkan dari ketinggian.


Bawa Uang Tunai Secukupnya


Mesin ATM hampir tidak ada di sini oleh alasannya yaitu itu kau perlu membawa uang tunai secukupnya bilamana kau ingin jajan air kelapa murni hehe 😀


Kondisi Fisik yang Prima


Mengingat perjalanan untuk sanggup datang di Geopark Ciletuh ini saja membutuhkan usaha jawaban jalanan yang buruk maka tidak heran kekuatan fisik kau akan semakin dituntut untuk menjelajahi objek-objek alam yang ada di dalamnya.


Pastikan kau dalam kondisi fisik yang sehat dan prima sebelum memulai perjalanan ini.


 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh
Curug Awang dari kejauhan



Penutup


Nah, sekian tips yang sanggup saya bagikan kepada teman-teman yang mempunyai rencana atau akan mengunjungi Geopark Ciletuh.


Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa jaga terus kebersihan lingkungan selama kau berpetualangan di sana ya 😀




Baca Catatan Perjalanan Lainnya:



  1. Tips Mendaki Gunung Untuk Siapapun

  2. Pendakian Gunung Sindoro 3.153 Mdpl via Jalur Kledung, Jawa Tengah

  3. Menanjaki Gunung Ciremai, Jawa Barat

  4. Pendakian ke Gunung Cikuray, Jawa Barat

  5. Pendakian ke Gunung Merbabu, Jawa Tengah

  6. Catatan Pendakian ke Gunung Semeru, Jawa Timur

  7. Pendakian ke Gunung Sumbing, Jawa Tengah

  8. Pendakian ke Gunung Slamet, Jawa Tengah

  9. Gunung Papandayan: Sebuah Pendakian yang Cocok Menjadi Weekend Getaway

  10. 8 Foto Pemandangan Sunrise dan Sunset Indah di Gunung

  11. 7 Rekomendasi Gunung Terbaik Favorit Pendaki di Pulau Jawa

  12. Wisata Singkat ke Stone Garden, Padalarang, Bandung

  13. Wisata ke Tebing Keraton Bandung

  14. Menjelajahi Dataran Tinggi Dieng Plateau, Jawa Tengah

  15. Pantai Ladeha, Surga Tersembunyi di Pesisir Selatan Pulau Nias



Sumber https://ladypinem.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "7 Hal Yang Perlu Kau Ketahui Sebelum Berpetualang Di Geopark Ciletuh"

Posting Komentar